Kenali Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

[parenting]



"Anakku kok kecil ya, tidak seperti anak Ibu Anu yang gendut."

"Wah, anaknya gendut, lucu dan sehat ya. Duh bahagianya"

Sering mendengar gurauan seperti itu tidak, Bunda? Mungkin bagi ibu-ibu yang baperan kalimat sederhana yang maksudnya gurauan tersebut bisa saja menjadi pemicu pertengkaran antara orang tua. Gara-gara hal sepele yakni tentang ukuran tubuh si anak. 

Padahal apa saja sih yang menandakan si anak sehat dan normal dalam pertumbuhannya? Tentu bukan hanya sebatas anak tumbuh besar dan gendut saja bukan? Nah, kali ini kita akan membahas tentang apa saja indikasi anak tumbuh sehat. 

Proses Mengamati dan Berfikir

Anak yang tubuh sehat ditandai dengan tidak terkendalanya proses mengamati dan berfikir anak. Proses ini melibatkan beberapa organ tubuh yakni mata dan otak. Anak yang matanya dapat berfungsi dengan baik maka dapat mengamati segala objek di sekelilingnya dengan baik. Selanjutnya anak akan menjadikan objek yang diamatinya sebagai langkah awal dalam berfikir, 

Misalnya ketika anak mengamati hewan, maka ia akan berfikir bahwa kucing juga membutuhkan makan selanjutnya otak anak akan berfikir bagaimana caranya berbagi makanan dengan seekor kucing. 

Tidak mengherankan jika anak yang proses berfikirnya baik akan cepat bertindak ketika ada hewan yang ada disekelilingnya terlihat kelaparan dan membutuhkan makanan. 


Tumbuh aktif

Anak dengan pertumbuhan baik akan tumbuh menjadi anak yang aktif, merespon setiap rangsangan yang datang padanya. Misalnya anak akan selalu terlihat aktif bergerak kesana kemari tanpa mau di suruh berdiam. Itu pertanda anak memiliki tubuh yang aktif dan sehat.

Tubuh aktif mengindikasikan tidak ada masalah dengan anak, baik itu pertumbuhan tulangnya, organ penting seperti otot, pernafasan, pencernaan, dan perasa. 

Tumbuh aktif juga ditandai dengan tidak ada masalah dengan gerakannya, motorik anak atau kemampuan berbicara anak. anak akan mudah meniru apa saja yang ada disekitarnya serta akan cepat menyesuaikan dengan lingkungan tempatnya berada.

hal ini dapat terlihat dengan kemampuan menyesuaikan diri anak di tempat yang baru, anak akan cepat berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya meskipun terkendala bahasa. 

Tubuh Kuat

Tubuh anak yang kuat ditandai dengan terhindarnya dari berbagai macam penyakit. Artinya anak memiliki sistem imunitas tubuh yang baik. Sistem imun ini akan bekerja melawan kuman penyakit sehingga anak memiliki tubuh yang kuat. 

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak yang sehat ada beberapa sumber nutrisi penting yang dibutuhkan oleh setiap anak yaitu : 

AA, DHA dan vitamin A

Kebutuhan nutrisi ini penting untuk otak dan mata yang akan mendukung pertumbuhan proses berfikir anak. Adapun sumber makanan yang memiliki kandungan AA, DHA dan vitamin A didapat dari berbagai macam makanan misalnya susu. Susu S26 tahap 1 memiliki banyak kandungan AA, DHA dan vitamin A yang penting untuk anak. 

Omega 3 dan Omega 6

Kedua nutrisi penting ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk membran sel otak.Kedua asam lemak ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga harus didapat dari nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. 

artikel terkait : Mengisi waktu bermain anak

Kolin dan zat besi

Kolin dan zat besi penting untuk mempertajam daya ingat anak serta perkembangan otak. Sehingga sangat dibutuhkan oleh anak yang dalam masa pertumbuhan.

Protein

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh, meregenerasi sel dalam tubuh. 

Alfa Laktabumin

Nutrisi Alfa Laktabumin penting untuk anak karena mudah diserap oleh tubuh. Nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh akan membantu anak dalam pertumbuhannya. 

Kalsium, Vitamin D

kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan untuk kepadatan tulang dan gigi. Anak yang sedang dalam pertumbuhan membutuhkan vitamin dan kalsium untuk tumbuh. 

Nukleotida, prebiotik

Nutrisi ini penting untuk mencegah anak diare. Diare yang menyerang anak akan menyebabkan anak kehilangan cairan tubuh, hal ini mengakibatkan anak akan kehilangan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. 

Vitamin C, B dan E

Vitamin C penting untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga anak tidak mudah terserang penyakit. Sedangakan vitamin E digunakan untuk membatasi produksi radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh, vitamin B digunakan untuk metabolisme energi dan pembentukan jaringan tubuh. 

Kebutuhan nutrsi ini penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak terutama anak dimasa pertumbuhan. Sehingga mereka akan tumbuh aktif dan kuat.

Jika 3 faktor pertumbuhan dan perkembangan anak sudah terpenuhi dengan baik mengapa kita harus pusing dengan celotehan orang lain tentang besar atau kecilnya anak kita. 

So, tetap berikan energi positif untuk anak agar tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. 

9 comments

  1. Anak aku termasuk yang super aktif banget. Kalau di sekolah kerjaannya lari-larian, emaknya yang teler, hahaha

    ReplyDelete
  2. Wah, saya kenyang dapat ungkapan2 serupa diatas kak. Saya kencengin doa biar penyerapan nutrisi anak saya baik, aja deh jadi pertumbuhannya tidak terhambat dan garis di KMS masih menanjak naik.

    ReplyDelete
  3. Hhaha pertengkaran sesama ibu.. gengges juga sih ta mba kaya ga ada topik lain.. aku ga pernah gitu yahh karena tau bakal bikin suasana ga enak, biasanya nyari topik lain lagi. Yang penting anak sehat dan tumbuh kembanh nya sesuai ^^

    ReplyDelete
  4. Tumbuh kembang anak yg baik harus memperhatikan asupan gizinya ya Mba.. Termasuk memberikan susu yg sesuai usia si anak..

    ReplyDelete
  5. Memang penting banget mba buat tahu pertumbuhan anak. Salah satunya ya berikan vitamin untuk tumbuh kembangya ya mba

    ReplyDelete
  6. Betul mbak. Yang penting stimulasi dan nutrisi supaya anak sehat

    ReplyDelete
  7. mom war selalu ada, padahal setiap ibu tidak ada yang dapat wisuda, semua ibu punya anak pasti akan belajar lagi tumbang anak, karena setiap anak istimewa

    ReplyDelete
  8. aku pernah baper, tapi dulu
    anakku kecil karena ortunya juga kecil sih, lagian anaknya aktif jadi mah sekarang kalo dibilang kecil atau apalah-apalah yang penting sehat

    ReplyDelete
  9. Aktif dan tubuh kuat ya mbak, jadi indikasi anak sehat. Noted mbak..

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.