Donasi Mesin Apheresis untuk Anak Indonesia Sehat

[kesehatan]

Salah seorang teman memiliki anak yang divonis dokter menderita Thalesamia Mayor, setiap seminggu sekali dia harus transfusi darah untuk mengembalikan kondisi tubuh sehingga bisa beraktivitas normal. 



Apa yang dialami oleh anak teman saya itu adalah salah satu dari jutaan kasus kebutuhan darah oleh pasien tertentu. Setiap beberapa kali dalam satu bulan atau lebih singkat dari itu pasien  memerlukan darah agar bisa bertahan hidup. Betapa sangat pentingnya darah untuk mereka. 


Darah adalah komponen yang sangat penting dalam tubuh manusia. Namun ada suatu kondisi tertentu yang menyebabkan seseorang mengalami kelainan darah atau kekurangan salah satu komponen dalam darah sehingga menyebabkan terganggu kesehatan tubuhnya. Seperti pasien kanker darah, kelainan darah, ginjal yang setiap saat memerlukan darah untuk kelangsungan hidupnya. 

Untuk itu setetes darah sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Darah yang akan membawa semua sari makanan yang diperlukan bagi organ tubuh, darah juga yang menentukan kesehatan seseorang. Sirkulasi darah yang tidak baik dalam tubuh akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan bahkan kematian. 

Karena kebutuhan darah sangat penting, maka diperlukan  suatu terobosan di dunia kesehatan yang berkaitan dengan darah ini. 

Mesin Apheresis

Salah satu temuan dalam bidang kesehatan adalah mesin Apheresis yang  sangat berguna bagi manusia terutama mereka yang membutuhkan darah setiap saat. Dalam kegiatan pendonor darah biasanya seorang pendonor akan memberikan darahnya dalam jumlah tertentu untuk kebutuhan orang yang membutuhkan. 



Dalam penggunaannya, ternyata tidak semua komponen darah yang ada dalam setetes cairan darah diperlukan oleh penerima. Misalnya dalam kasus pasien yang kekurangan trombosit darah maka yang diperlukan pasien hanya trombosit saja. Sedangkan kompenen darah yang lain tidak diperlukan. 

Apheresis adalah Penerapan teknologi  medis berupa pengambilan salah satu komponen darah dari pendonor melalui mesih Apheresis.

Pada proses pengambilan darah melalui mesin Apheresis prosedurnya adalah darah yang diambil dari pendonor hanya komponen darah yang diperlukan saja sedangkan komponen darah yang tidak diperlukan dikembalikan ke dalam tubuh pendonor saat itu juga. 

Sangat penting sekali mesin Apheresis ini diterapkan pada aktivitas pendonor darah yang memerlukan kompenen tertentu dari darah tanpa harus mengambil komponen lainnya yang tidak diperlukan. 

Apheresis terdiri dari beberapa macam yaitu : 

  • Trombaferesis yaitu aktivitas apheresis untuk mengambil trombosit dalam darah
  • Eritraferesis yaitu aktivitas apheresis untuk mengambil sel darah merah
  • Leukaferesis yaitu aktivitas apheresis untuk mengambil sel darah putih dalam darah
  • Plasmaferesis yaitu aktivitas apheresis untuk mengambil plasma darah 


PT Prudential Life Assuransi dalam hal ini salah satu perusahaan Asuransi yang telah lama berkecimpung dalam membantu masyarakat menjaga kesehatan memiliki tanggung jawab sosial yaitu Memberikan mesin Apheresis ke Rumah Sakit Universitas Hasanudin Makassar tepatnya kepada Yayasan  Onkologi Anak Indonesia (YOAI).




Perusahaan yang telah bermitra dengan YOAI sejak tahun 2003 ini sebelumnya telah memberikan mesin Apheresis ke rumah sakit-rumah sakit lainnya seperti RSKD Dharmais Jakarta, RSUD DR. Soetomo Surabaya, RSUD Sanglahh Denpasar, RS Ciptomangunkusumo Jakarta, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dan RS Universitas Hasnuddin Makassar.

Hadirnya mesin Apheresis diharapkan dapat membantu pasien-pasien yang membutuhkan donor darah sehingga dapat berobat dengan nyaman. 


Tanggung Jawab Sosial 

Prudential sebagai perusahaan asuransi yang telah lama menjadi sahabat masyarakat memiliki tanggungjawab sosial yaitu : Kesehatan, Pendidikan, Kesiapan Penanggulangan Bencana. Tanggungjawab sosial ini tergambar dalam program-program yang telah digelontorkan oleh Prudential. 

Dalam hal kesehatan, pemberian mesin Apheresis adalah salah satu program yang telah berjalan dengan baik, Apalagi mesin ini merupakan terobosa di dunia kesehatan yang membawa pengaruh baik bagi semua lapisan masyarakat. Pemberian bantuan mesin Apheresis sendiri dimaksudkan untuk membantu pasien kanker anak yang secara rutin memerlukan bantuan donor darah bagi kelangsungan hidupnya. 

Menurut Jens Reich Direktur Prudential “ Di bidang kesehatan kami telah dapat membantu 1100 anak penderita kanker melalui kerjasama dengan YOAI sejak 14 tahun yang lalu.”



Sedangkan dalam bidang Pendidikan Prudential berkiprah dalam membantu orang tua untuk mewujudkan mimpi anak-anak mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai impian mereka.  


Dalam bidang kesiapan penanggulangan bencana Prudential berusaha untuk menjadi teman yang dibutuhkan misalnya bantuan asuransi kepada pelanggan yang mengalami bencana alam dan kecelakaan. 

Sejak didirikannya 21 tahun yang lalu Prudential Indonesia telah berhasil menyentuh hingga satu juta jiwa masyarakat dari berbagai lapisan serta meluncurkan produk asuransi jiwa pada tahun 1999 yang dikaitkan dengan asuransi unit link. Prudential Indonesia telah mampu menjadi  pemimpin pasar untuk produk tesebut di Indonesia. 

Semoga ke depannya semakin banyak anak-anak Indonesia yang terbantukan dengan adanya mesin Apheresis ini. Sehingga mereka dapat tumbuh normal menggapai cita-citanya setinggi mungkin. 


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.