Jeruk Gerga Lebong dari Bengkulu yang Juara

Keunggulan Jeruk Gerga dari Bengkulu




Saat ini di Bengkulu sedang ada idola baru yang dapat kalian jadikan oleh-oleh yaitu Jeruk Gerga Lebong. Jeruk yang pertamakali dikenal lewat ajang kontes buah ini memenangkan kontes buah jeruk pada Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) tahun 2015 dan menjadi buah pilihan oleh Istana negara. 

Keunikan Jeruk Gerga Lebong dari Bengkulu yang juara antara lain

Rasa jeruk yang dominan segar

Jeruk Gerga Lebong memiliki rasa yang segar, manis dan asam dengan komposisi yang pas. Kesegaran Jeruk Gerga terasa di tenggorokan. Perpaduan 3 rasa jeruk unggul akan Anda rasakan ketika mengkonsumsi Jeruk Gerga Lebong. Bentuknya menyerupai Jeruk Keprok, ketika di buka aroma wangi dan segar dari Jeruk Bali akan mendominasi penciuman, Saat jeruk dimakan maka sensasi manis seperti jeruk Medan. Ketiga rasa dan aroma jeruk ini akan menyatu dalam satu wujud yakni Jeruk Gerga Lebong. 




Rasa jeruk sangat  melegakan  dahaga apalagi jika cuaca sedang panas  pelepas dahaga banget deh. Satu buah jeruk memilki ruang bulir sekitar 7-9 ruang dengan ukuran jumbo.

Ukuran jeruk besar 




Jeruk Gerga Lebong memiliki ukuran sekepalan orang dewasa. Ukuran jeruk yang besar ini hanya ada 4-5 buah jeruk dalam satu kilogramnya.

Bulir jeruk besar



Tekstur bulir Jeruk Gerga Lebong besar-besar menyesuaikan dengan ukuran jeruk.  Apabila selaput putihnya di lepas maka bulir jeruk dapat dilepas satu persatu 

Tidak ada rasa pahit atau getir

Jeruk Gerga Lebong memiliki rasa yang menyegarkan dan tidak menyisakan rasa getir di lidah. 



Kulit Jeruk mulus, agak tebal  

Jeruk Gerga Lebong memiliki ciri khas kulit buah yang tebal namun juga  tidak terlalu tipis. Untuk membuka Jeruk Gerga Lebong cukup tekan bagian tengah jeruk lalu dikuliti seperti biasanya. 

Di beberapa toko buah Jeruk Gerga Lebong sudah semakin banyak ditemukan, lihat saja di toko buah sepanjang Jalan Depati Payung Negara Pagar Dewa ini Jeruk Gerga Lebong adalah salah satu buah favorit yang banyak dibeli oleh pengunjung. 

Selain di toko buah, Jeruk Gerga Lebong di jual di banyak tempat yang khusus menjual Jeruk Gerga. Mereka mendapatkan Jeruk Gerga dari petani langsung, kadang kalau lagi beruntung pembeli bisa mendapatkan Jeruk Gerga segar yang masih memiliki tangkai dan daun Jeruk. Terlihat baru dipetik dari kebun. 

Lokasi perkebunana Jeruk Gerga sendiri di pusatkan di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, kira-kira 3 jam dari Kota Bengkulu. Daerah ini sangat kondusif untuk dijadikan perkebunan jeruk karena udara yang sejuk, dataran tinggi serta sinar matahari yang merata.

pohon Jeruk Gerga Lebong di perkebunan 

Pengunjung dapat memetik langsung Jeruk Gerga dari kebunnya serta membawa pulang hasil petiknya, tentunya setelah ditimbang terlebih dahulu. Pengunjung juga dapat memetik jeruk sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuannya maksudnya kemampuan keuangannya tentu saja hehe.

Harga

Harga Jeruk Gerga Lebong saat ini di Kota Bengkulu kisaran 15.000-25.000/kg. Jika Anda dari luar daerah Bengkulu tidak perlu khawatir karena Jeruk Gerga lebong telah dipasarkan secara nasional sehingga bisa Anda temui di toko-toko buah dan supermarket di Kota besar seperti Jakarta. 

Nah, jika Anda tertarik merasakan sensasi memetik jeruk silahkan mengunjungi lokasi petik jeruk dan membawa pulang sebagai oleh-oleh. 

Selamat berburu Jeruk Gerga Lebong!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.