Cara Menulis Artikel Ilmiah untuk Lomba

Konten [Tampil]
Menulis artikel untuk lomba memerlukan pengetahuan yang cukup baik tentang penulisan artikel ilmiah. Artikel ilmiah yang dilombakan biasanya akan mendapatkan banyak sorotan dari dewan juri untuk mendapatkan tampilan artikel yang sempurna tanpa kekurangan apapun. 

Jasa artikel



Kaidah Penulisan Artikel Ilmiah untuk Lomba 

Kesesuaian dengan Tema

Kesesuaian dengan tema adalah hal penting yang wajib diperhatikan karena tujuan penyelenggara mengadakan lomba  tentu untuk mengangkat suatu tema atau isu tertentu sehingga penting sekali mencari judul yang sesuai dengan tema yang diberikan oleh penyelenggara

Memiliki struktur penulisan karya ilmiah yang sesuai dengan ketentuan penyelenggara lomba
Struktur kepenulisan karya ilmiah biasanya akan ditetapkan oleh penyelenggara lomba dan harus ditaati oleh peserta.

Stuktur Penulisan Karya Ilmiah

Secara umum struktur penulisan karya ilmiah adalah: Pendahuluan, Isi dan Penutup

Pendahuluan

Pendahuluan dalam penulisan artikel ilmiah meliputi latar belakang, tinjauan pustaka, penelitian yang relevan serta tujuan penulisanartikel ilmiah. 

Isi

Isi dari penulisan artikel ilmiah meliputi metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan artikel ilmiah. 

Penutup

penutup dari penulisan artikel ilmiah berupa simpulan dan rekomendasi yang disarankan untuk penelitian kedepan. 

Memiliki Unsur Karya Ilmiah

Dalam penulisan karya ilmiah wajib memiliki unsur unsur karya ilmiah yang meliputi:

Gagasan Ilmiah, 

Dalam penulisan karya ilmiah wajib memiliki gagasan ilmiah yang disajikan dalam bentuk bahasan yang runut, sistematik dan terbaru. Juri akan menyukai gagasan ilmiah yang sangat relevan dengan tema serta hasil penelitian terbaru sehingga perlu diperhatikan dengan baik gagasan-gagasan ilmiah apa saja yang dicantumkan dalam artikel ilmiah yang disusun tersebut. 

Fakta

Dalam penulisan artikel ilmiah perlu mencantumkan fakta-fakta yang berkaitan dengan tema dan artikel ilmiah yang ditulis. Fakta tersebut dapat berasal dari hasil penelitian terbaru, data di lapangan, dokumentasi maupun video yang didukung oleh bukti yang valid.

Pendapat para ahli

Cantumkan berbagai pendapat-pendapat para ahli yang mendukung penelitian tersebut untuk memperkuat argumen dan artikel ilmiah tersebut, semakin erat kaitannya pendapat ahli dengan penelitian yang dibuat maka akan semakin memperkuat 

Teori-teori yang relevan

Dalam penulisan artikel ilmiah wajib mencantumkan teori-teori yang relevan dengan aritkel ilmiah yang dibuat. Teori-teori ini berhubungan dengan tema apa yang diangkat.

Penalaran

Penalaran dalam penulisan artikel ilmiah dapat membangun artikel tersebut sehingga menjadi logis dan sistematik. Tulisan yang sistematik akan nyaman di baca dewan juri dan memiliki daya tarik sendiri sehingga dapat menghasilkan simpulan yang logis dan dapat dipercaya.  

Bahasa

Gunakan bahasa yang baku saat penulisan artikel ilmiah. Bahasa yang baku akan membuuat penulisan artikel ilmiah menjadi terstruktur nyaman dibaca dan terlihat resmi. 

Menggunakan Jasa Artikel

Untuk penulisan artikel sebaiknya menulis sendiri karena hal itu terkait dengan karya pribadi.Namun untuk beberapa kebutuhan tertentu Anda bisa saja menggunakan jasa penulisan artikel yang menawarkan jasa penulisan artikel untuk berbagai kebutuhan artikel baik artikel untuk kebutuhan penerbitan maupun artikel untuk kebutuhan website. Keuntungan menggunakan Jasa Artikel adalah anda bisa fokus untuk membangun website Anda tanpa harus pusing memikirkan penulisan artikel, memikirkan tema dan bahan utnuk penulisan. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.