10 Cara Hidup Sehat bagi Penderita Diabetes

Konten [Tampil]
Sehat memang idaman setiap orang. Namun ada kondisi tertentu yang membuat kita tidak bisa memilih untuk selalu sehat. Kondisi ini membuat kita tetap harus optimis dan menjalani pola hidup sehat agar meminimalisir resiko sakit. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis jangka panjang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah.


Penderita Diabetes akan mengalami siklus hidup yang bagi sebagian orang cukup menyiksa dimana para penderita wajib menjauhi makanan dan minuman yang mengandung gula dan natrium tinggi.

Sebagai orang Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok tentu akan kesulitan mengalihkan kebiasaan mengkonsumsi makanan harian ini. 

Yuk, ikuti terus artikel ini tentang 10 kebiasaan hidup sehat bagi penderita diabetes

Mengurangi porsi Nasi

Nasi merupakan makanan pokok sebagian orang Indonesia. Menu nasi wajib ada saat sarapan, makan siang dan makan malam. Namun bagi penderita diabetes hendaknya mengurangi porsi nasi dalam menu makanan harian.

Banyak mengkonsumsi Buah

Buah-buahan bagi penderita diabetes merupakan sumber gula alami yang baik. Selain itu kandungan vitamin dan mineral dalam buah sangat dibutuhkan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. 

Mengurangi asupan natrium berlebih

Natrium dibutuhkan dalam tubuh dalam kondisi yang cukup jika berlebih maka nayrium akan berbahaya bagi tubuh. Khususnya penderita diabetes kebanyakan mengkonsumsi natrium akan menyebabkan indikasi penyakit lain seperti tekanan darah tinggi dan jantung. 

Minuman manis bersoda 

Dalam satu kaleng minuman manis bersoda memiliki kandungan karbohidrat sebesar 38,5 gr. Jika dikonsumsi oleh penderita diabetes maka akan menyebabkan masalah pada resistensi insulin khusus bagi penderita diabetes sangat tidak dianjurkan.

Minuman bersoda memiliki kadar fruktosa yang tinggi sehingga dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang meningkatkan kadar lemak perut.

Makanan  sumber lemak trans

Makanan yang bersumber dari lemak trans tidak baik bagi tubuh khususnya penderita diabetes. Lemak trans banyak ditemukan di margarin, krim, makanan beku, muffin, dll. Senyawa ini secara tidak langsung akan meningkatkan peradangan, resistensi insulin.

Hindari Berbagai jenis pasta, mie

Pasta merupakan olahan tepung terigu yang biasa digunakan sebagai pengganti nasi atau sumber karbohidrat. Saat diproses di dalam metabolisme tubuh pasta akan menjadi zat tepung yang akan berubah menjadi gula. 

Makanan jenis pasta ini memiliki serat dalam jumlah sedikit padahal serat dibutuhkan bagi penderita diabetes untuk mengurangi penyerapan gula dalam darah

Hindari Kopi instan


Minuman kopi instan baik dalam bentuk kemasan sachet maupun siap saji memiliki kandungan gula dan susu yang tinggi hal ini sangat tidak dianjutkan bagi penderita diabetes.

Hindari Sarapan Sereal


Sereal memiliki kandungan energi yang tinggi hal ini akan memungkinkan terjadi penumpukan gula dalam darah sehingga sebaiknya dihindari bagi penderita diabetes


Nah, inilah 10 makanan yang wajib dihindari bagi penderita diabetes. Sebagai bentuk pencegahan sekaligus pengobatan maka mengkonsumsi kolagit dapat merupakan solusi jitu bagi penderita diabetes. Testimoni Kolagit  dari para pelanggan yang telah membuktikan bahwa kolagit dipercaya dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Kolagit merupakan makana herbal alami yang berbahan dasar tebu yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.Telah terbukti secara klinis akan khasiatnya menetralisir diabetes. Kolagit aman bagi lambung jika dikonsumsi serta mempunyai khasiatvyang manjur.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.