10 Cara Menjaga Kesehatan Kewanitaan

Konten [Tampil]
Kesehatan kewanitaan memang harus diperhatikan oleh semua wanita. Hal ini berkaitan dengan organ reproduksi yang sangat penting untuk masa depan setiap wanita. Namun tidak semua wanita menyadari pentingnya kesehatan kewanitaan terutama bagaimana cara hidup yang sehat agar kesehatan kewanitaan tetap terjaga.



Pada Kamis, 27 Mei 2021 saya berkesempatan mengikuti acara webinar yang dilaksanakan oleh IIDN bekerjasama dengan Betadine tentang Kebersihan Area Kewanitaan. Acara ini terselenggara dalam rangka memperingati hari kebersihan menstruasi tanggal 27 Mei 2021. Kementerian Kesehatan dan Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) didukung oleh Mundhiparma Indonesia menyelenggarakan "Webinar Sehat dan Bersih saat Menstruasi" tujuan diadakan acara ini yakni untuk meningkatkan pemahaman perempuan Indonesia akan manajemen kebersihan menstruasi.

Manajemen Kebersihan Menstruasi


Pada kesempatan webinar tersebut pembicara pertama mengungkapkan tentang 3 manajemen kebersihan menstruasi yaitu:

Menggunakan pembalut yang bersih


Selama proses menstruasi hendaknya sering mengganti pembalut. Pembalut tidak lebih dari  jam pemakaian agar area kewanitaan tetap bersih.

Memiliki akses untuk pembuangannya


Saat menggunakan pembalut kit juga harus memikirkan akses pembuangan pembalut teraebut. Sangat tidak dianjurkan membuang pembalut bekas di toilet karena akan menyebabkan toilet tersumbat. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membungkus pembalut yang telah dibersihkan dari darah haid dengan kantong plastik lalu membuang ke tempat sampah. 

Mencuci Area Kewanitaan dengan Pembersih yang Tepat


Membersihkan area kewanitaan perlu perhatian bagi wanita. Area kewanitaan memiliki pH yang berbeda dengan bagian gubuh lainnya. Karena karakteristik inilah area kewanitaan retan terhadap bakteri dan virus. Pada saat menstruasi akan bertambah ekstra pembersihannya karena adanya darah menstruasi yang merupakan makanan bagi beragam jenis bakteri.

Perawatan Area Kewanitaan



Saat menstruasi kita harus menjaga area kewanitaan agat tetap bersih dan sehat. Hal ini agar area kewanitaan tidak menjadi sarang bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Cara yang dilakukan adalah dengan menjaga area kewanitaan dalam pH yang semestinya. pH normal area kewanitaan adalah kurang dari 4,5. Dalam pH tersebut area kewanitaan akan bersifat asam dan memungkinkan terdapat bakteri baik yang akan melindunginya dari bakteri jahat. 

Basuh Area Kewanitaan dengan Air Bersih


Perawatannya dapat dilakukan dengan menggunakan air bersih. Lakukan saat selesai buang air kecil dan air besar. Terlebih saat periode menstruasi. 

Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Area Kewanitaan


Bersihkan area kewanitaan dengan cairan antiseptik khusus pembersih area kewanitaan seperti Povidone-Iodin. Cairan ini membantu mengatasi penyebab iritasi area kewanitaan.

Ganti Pembalut secara Berkala Minimal 4 jam sekali


Saat periode menstruasi kita mesti sering menggangi pembalut. Karena darah haid merupakan makanan yang baik bagi bakteri sehingga jika dibiarkan lama akan menjafi sumber penyakit.

Memakai underware yang berbahan katun dan menyerap keringat.

Pakaian dalam yang berbahan katun akan membantu menyerap keringat sehingga tidak terasa gerah.

Membuang Pembalut pada Tempat nya 


Pembalut bekas pakai merupakan sumber kuman penyakit oleh karena itu kita wajib membersihkan darah menstruasi sebelum membuang pembalut bekas pakai ke tsmpat sampah. 

Program Kesehatan Reproduksi Remaja


Kementerian kesehatan bekerjasama dengan Kementerian pendidikan telah menginisiasi program kesehatan reprodukai remaja dengan melakukan berbagai kegiatan di sekolah seperti layanan UKS yang memungkinkan remaja dapat berkonsultasi tentang menstruasi dan kesehatan organ reproduksi mereka. 


Produk Betadine untuk menghindari Iritasi Area Kewanitaan

Betadine meluncurkan produk pembersih area kewanitaan untuk membantu wanita menjaga kesehatan area kewanitaan. Produk tersebut meliputi:


Betadine pembersih kewanitaan
Betadine Femine Wipes (Tisu basah antiseptic)
Betadine Femine wash foam (sabun pembersih kewanitaan)

Produk pembersih area kewanitaan ini akan membantu wanita menjaga area kewanitaan agar tetap bersih dan sehat terhindar dari Iritasi area kewanitaan. Produk-produk dari Betadine ini dapat Anda peroleh di toko-toko terdekat atau apotek yang bisa Anda jumpai di kota Anda. Pembelian secara online bisa dengan memesan produk tersebut di e-commerce  yang biasa Anda kunjungi. 

Produk pembersih untuk menghindarkan iritasi area kewanitaan ini dikemas dengan nuansa dan warna feminim yang sangat cantik.



21 comments

  1. naaah ini yang sering terleway ya mba.. kami di PBB sering bahas dan bicara mengenai kesehatan perempuan dan anak perempuan, and that includes menstrual hygiene

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting banget nih apalagi kalau ounya anak perempuan ya

      Delete
  2. Duh...edukasi tentang menstruasi memang sangat penting ya mbak apalagi untuk ibu-ibu yang memiliki anak remaja putri, harus tahu manajemen kebersihan menstruasi.

    ReplyDelete
  3. melakukan manajemen kebersihan menstruasi ini penting banget ya mbak
    selain membuat kita tetap nyaman beraktivitas meski sedang menstruasi, juga mempengaruhi kesehatan organ kewanitaan juga.
    beruntung ada Betadine yang punya banyak produk lengkap untuk membantu perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya

    ReplyDelete
  4. Manajemen kebersihan menstruasi ini emang sangat penting diketahui setiap wanita ya mbak, diajarkan pada anak-anak perempuan juga.

    betadine kini ada produk untuk membantu menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan ya, saya belum pernah pakai

    ReplyDelete
  5. area kewanitaan emang hal yang wajib banget dirawat ya.. ngga hanya kulit wajah saya yang terlihat tapi yang tidak terlihat harus banget di jaga dan dirawat.. buat keharmonisan keluarga juga dong pastinya hehe

    ReplyDelete
  6. Kadang terabaikan ya...area kewanitaan. Padahal kebersihannya penting diperhatikan agar tidak menjadi sarang bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Syukurnya sudah ada rangkaian pembersih kesehatan kewanitaan dari Betadine yang bisa membantu

    ReplyDelete
  7. Memang penting banget ya merawat area kewanitaan, supaya bersih sehat dan nyaman juga...

    ReplyDelete
  8. Area kewanitaan memang super sensitif dan harus dijaga kebersihannya secara khusus dan telaten. Krn jg ngaruh banget ke reproduksi wanita secara keseluruhan yaa

    ReplyDelete
  9. dulu hal-hal informatif seperti ini dianggap tabu ya mba, beruntung remaja sekarang bisa mengakses dengan mudah.

    ReplyDelete
  10. Program kesehatan reproduksi remaja bagus banget karena banyak remaja yg sudah haid belum paham bagaimana menjaga area kewanitaan

    ReplyDelete
  11. masalah menjaga kebersihan organ kewanitaan memang masih sering dianggap tabu ya mbak. terus jadinya banyak orang yang enggak tahu. apalagi kebersihan menstruasi. webinar MKM tempo hari memang sangat bermnafaat

    ReplyDelete
  12. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari webinar mengenai Kesehatan Menstruasi dari Betadine ini.
    Aku merasakan bahwa banyak hal yang aku percayai sebagai mitos dan sampai kini masih aku lakukan. Heuheuu~

    Anak sekarang kudu dapet info yang baik dan benar mengenai kesehatan saat menstruasi.

    ReplyDelete
  13. bagus nih mbak, jadi kita2 makin tahu ya cara menjaga kesehatan reproduksi yg benar bagaimana. biar remaja2 juga paham nih

    ReplyDelete
  14. Sejak dini saya sudah mengajarkan kepada anak-anak untuk membersihkan area kewanitaan dengan cara yang disebutkan mbak tersebut. Saya merasa tips dalam artikel ini penting sekali untuk diketahui anak-anak agar ketika mereka sudah sekolah nanti mereka bisa lebih hati-hati saat BAK di luar rumah.

    ReplyDelete
  15. makasih tips kerennya mbak, tips ini juga aku ajarin ke anak sulung ku. Walaupun dia belum haid, tapi menjaga kesehatan wanita ini tidak ada salahnya diajarkan sejak dini

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.