10 Cara Menjaga Kesehatan Kewanitaan

Konten [Tampil]
Kesehatan kewanitaan memang harus diperhatikan oleh semua wanita. Hal ini berkaitan dengan organ reproduksi yang sangat penting untuk masa depan setiap wanita. Namun tidak semua wanita menyadari pentingnya kesehatan kewanitaan terutama bagaimana cara hidup yang sehat agar kesehatan kewanitaan tetap terjaga.



Pada Kamis, 27 Mei 2021 saya berkesempatan mengikuti acara webinar yang dilaksanakan oleh IIDN bekerjasama dengan Betadine tentang Kebersihan Area Kewanitaan. Acara ini terselenggara dalam rangka memperingati hari kebersihan menstruasi tanggal 27 Mei 2021. Kementerian Kesehatan dan Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) didukung oleh Mundhiparma Indonesia menyelenggarakan "Webinar Sehat dan Bersih saat Menstruasi" tujuan diadakan acara ini yakni untuk meningkatkan pemahaman perempuan Indonesia akan manajemen kebersihan menstruasi.

Manajemen Kebersihan Menstruasi


Pada kesempatan webinar tersebut pembicara pertama mengungkapkan tentang 3 manajemen kebersihan menstruasi yaitu:

Menggunakan pembalut yang bersih


Selama proses menstruasi hendaknya sering mengganti pembalut. Pembalut tidak lebih dari  jam pemakaian agar area kewanitaan tetap bersih.

Memiliki akses untuk pembuangannya


Saat menggunakan pembalut kit juga harus memikirkan akses pembuangan pembalut teraebut. Sangat tidak dianjurkan membuang pembalut bekas di toilet karena akan menyebabkan toilet tersumbat. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membungkus pembalut yang telah dibersihkan dari darah haid dengan kantong plastik lalu membuang ke tempat sampah. 

Mencuci Area Kewanitaan dengan Pembersih yang Tepat


Membersihkan area kewanitaan perlu perhatian bagi wanita. Area kewanitaan memiliki pH yang berbeda dengan bagian gubuh lainnya. Karena karakteristik inilah area kewanitaan retan terhadap bakteri dan virus. Pada saat menstruasi akan bertambah ekstra pembersihannya karena adanya darah menstruasi yang merupakan makanan bagi beragam jenis bakteri.

Perawatan Area Kewanitaan



Saat menstruasi kita harus menjaga area kewanitaan agat tetap bersih dan sehat. Hal ini agar area kewanitaan tidak menjadi sarang bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Cara yang dilakukan adalah dengan menjaga area kewanitaan dalam pH yang semestinya. pH normal area kewanitaan adalah kurang dari 4,5. Dalam pH tersebut area kewanitaan akan bersifat asam dan memungkinkan terdapat bakteri baik yang akan melindunginya dari bakteri jahat. 

Basuh Area Kewanitaan dengan Air Bersih


Perawatannya dapat dilakukan dengan menggunakan air bersih. Lakukan saat selesai buang air kecil dan air besar. Terlebih saat periode menstruasi. 

Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Area Kewanitaan


Bersihkan area kewanitaan dengan cairan antiseptik khusus pembersih area kewanitaan seperti Povidone-Iodin. Cairan ini membantu mengatasi penyebab iritasi area kewanitaan.

Ganti Pembalut secara Berkala Minimal 4 jam sekali


Saat periode menstruasi kita mesti sering menggangi pembalut. Karena darah haid merupakan makanan yang baik bagi bakteri sehingga jika dibiarkan lama akan menjafi sumber penyakit.

Memakai underware yang berbahan katun dan menyerap keringat.

Pakaian dalam yang berbahan katun akan membantu menyerap keringat sehingga tidak terasa gerah.

Membuang Pembalut pada Tempat nya 


Pembalut bekas pakai merupakan sumber kuman penyakit oleh karena itu kita wajib membersihkan darah menstruasi sebelum membuang pembalut bekas pakai ke tsmpat sampah. 

Program Kesehatan Reproduksi Remaja


Kementerian kesehatan bekerjasama dengan Kementerian pendidikan telah menginisiasi program kesehatan reprodukai remaja dengan melakukan berbagai kegiatan di sekolah seperti layanan UKS yang memungkinkan remaja dapat berkonsultasi tentang menstruasi dan kesehatan organ reproduksi mereka. 


Produk Betadine untuk menghindari Iritasi Area Kewanitaan

Betadine meluncurkan produk pembersih area kewanitaan untuk membantu wanita menjaga kesehatan area kewanitaan. Produk tersebut meliputi:


Betadine pembersih kewanitaan
Betadine Femine Wipes (Tisu basah antiseptic)
Betadine Femine wash foam (sabun pembersih kewanitaan)

Produk pembersih area kewanitaan ini akan membantu wanita menjaga area kewanitaan agar tetap bersih dan sehat terhindar dari Iritasi area kewanitaan. Produk-produk dari Betadine ini dapat Anda peroleh di toko-toko terdekat atau apotek yang bisa Anda jumpai di kota Anda. Pembelian secara online bisa dengan memesan produk tersebut di e-commerce  yang biasa Anda kunjungi. 

Produk pembersih untuk menghindarkan iritasi area kewanitaan ini dikemas dengan nuansa dan warna feminim yang sangat cantik.



No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.