Menyusun Laporan Keuangan Bisnis Online

Konten [Tampil]
Memulai bisnis online mau tidak mau wajib mempelajari tentang Laporan Keuangan. Laporan keuangan akan sangat berguna bagi kemajuan sebuah bisnis.



Contoh Laporan keuangan dibuat dalam periode tertentu. Misalnya dalam satu bulan. Artinya semua transaksi keuangan dalam satu bulan akan dilaporkan dalam suatu laporan keuangan periode tertentu. Untuk menyusun laporan keuangan maka setiap pemilik usaha harus menyusun arsip-arsip transaksi yang ada di setiap usaha. 

Fungsi Laporan Keuangan


Laporan keuangan memiliki fungsi antara lain:

Langkah Mengambil Keputusan 


Menjalankan sebuah Bisnis artinya harus berani mengambil keputusan yang terkait dengan keberlangsungan bisnis tersebut. 

Bahan Evaluasi


Laporan keuangan juga berfungsi sebagai bahan evaluasi terhadap maju mundurnya perusahaan. Jika dalam laporan keuangan tersebut tergambar keuntungan atau rugi maka pemilik usaha dapat mengevaluasi penjualan di bulan berikutnya.
 

Bentuk Pertanggungjawaban


Laporan keuangan dibuat oleh seorang ahli keuangan yang ditunjuk oleh suatu perusahaan. Jika bisnis skala kecil seperti bisnis online rumahan maka laporan keuangan disusun oleh direktur pemilik usaha dengan melibatkan pihak-pihak terkait. 

Langkah-langkah Menyusun Laporan Keuangan


1. Mencatat semua transaksi ke dalam jurnal 


Semua transaksi yang ada setiap hari mesti di masukkan ke dalam jurnal. Baik transaksi masuk atau transaksi keluar.

Memasukkan Jurnal ke Buku Besar


Hasil dari penyusunan jurnal selanjutnya kita akan menyusun buku besar. Buku besar adalah dokumen yang berisi catatan perubahan yang terjadi dalam satu akun. Buku besar berfungsi meringkas semua jenis transaksi yang ada di jurnal sehingga dapat menjadi dasar untuk menyusun neraca keuangan.

Menyusun Laporan Laba-rugi


Laba rugi perusahaan sangat penting untuk pengambilan kebijakan sebuah usaha. Apabila dalam laporan keuangan terdapat selisih menghasilkan laba atau rugi maka CEO perusahaan atau bisnis dapat mengambil keputusan terkait dengan bisnis nya.

Laporan laba rugi sebuah perusahaan atau usaha Untuk mengetahui jumlah pajak yang ditanggung sebuah perusahaan.

Agar dapat melakukan evaluasi dari seluruh perolehan laba yang telah diperoleh suatu usaha. 

Bagi pemilik bisnis online membuat laporan keuangan memiliki keunikan tersendiri. Pihak yang terkait seperti admin, kasir, atau pemilik usaha mesti menyusun transaksi baik dalam bentuk online seperti transaksi bank, uang digital, maupun berbagai e-money yang dipakai dalam transaksi tersebut. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.