Memilih Hotel untuk Resepsi Pernikahan

Konten [Tampil]
Semakin besar jumlah penduduk maka semakin sedikit lokasi tanah yang bisa ditemukan. Saat ini area tanah sudah berganti menjadi perumahan dan gedung gedung tinggi. Tentu hal ini berdampak pula terhadap ketersediaan tanah pekarangan yang dapat digunakan untuk resepsi pernikahan. Jika dahulu pernikahan bisa dilakukan di pekarangan rumah maka saat ini sudah tidak bisa dilakukan karena akses perumahan yang juga semakin menyempit. Ruang publik juga semakin mengecil. Maka alternatif nya adalah mengadakan resepsi pernikahan di gedung pertemuan yang disewakan atau di hotel-hotel yang memiliki tempat khusus untuk acara dengan tamu banyak.



Namun tidak semua hotel dapat mengakomodir kebutuhan acara resepsi pernikahan sesuai harapan. Pos kali ini kita akan membahas tentang tips memilih hotel untuk resepsi pernikahan.

Tips Memilih Hotel untuk Resepsi


Kapasitas Ruangan


Pertama kali memilih hotel sebagai tempat resepsi harus lihat kapasitas ruangan yang disediakan oleh hotel tersebut. Sesuaikan dengan berapa banyak tamu yang akan diundang. Jangan lupa untuk memastikan bahwa undangan tersebut bisa saja akan bertambah karena kemungkinan membawa serta anak, istri/suami. Sehingga perhitungan nya bisa dua kali lipat dari jumlah undangan yang disebar. 

Kapasitas Parkir


Yang kedua kita mesti memperhatikan kapasitas parkir yang disediakan oleh pihak hotel serta kemungkinan tempat parkir cadangan jika tamu diperkirakan melebihi tempat parkir yang telah tersedia. Ketersediaan tempat parkir ini sangat penting agar tidak mengganggu pengguna jalan raya yang merupakan pengggunan utama jalan. Sering ditemukan tempat resepsi yang tidak memperhatikan parkir akibatnya kendaraan sembarang parkir sehingga sangat mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Hal ini bisa saja akan menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan seperti keributan antara petugas/panitia dengan pengguna jalan atau tamu undangan. Kita tentu tidak menginginkan hal hal yang seharusnya bisa dihindari menjadi kenangan buruk bagi tamu di acara resepsi.

Fasilitas yang Tersedia


Menentukan hotel sebagai tempat resepsi harus memperhatikan fasilitas apa saja yang tersedia. Fasilitas wajib seperti toilet yang nyaman, kursi undangan dan meja tamu, sound system, listrik, dan AC harus dalam keadaan siap pakai dan nyaman digunakan.

Tanyalah sedetail mungkin fasilitas tersebut kepada pihak hotel sehingga saat acara berlangsung resepsi dapat berjalan lancar serta meninggalkan kesan baik di hati para undangan.

Selain itu kita juga harus memastikan apakah pihak hotel menyediakan wedding organizer (WO) atau petugas acara meliputi host, organ, dll.

Catering 


Beberapa hotel sering menyediakan fasilitas catering secara terpisah dengan sewa ruangan. Kita sebagai orang yang memiliki acara resepsi harus memastikannya. Jika catering dan ruang resepsi di pisah artinya harus memastikan apa saja yang disediakan oleh pihak hotel terkait dengan ketersediaan meja catering, ruangan bersih bersih maupun petugas kebersihan catering. Hal seperti ini jangan dianggap sepele karena akan mengganggu kenyamanan jalannya resepsi.

Budget


Budget adalah yang paling menentukan saat memilih hotel mana yang akan kita pilih sebagai tempat resepsi. Pertimbangkan budget yang dimiliki saat memilih hotel yang akan menjadi tempat resepsi. Perhitungan budget harus mempertimbangkan pula biaya catering, dekorasi ruangan dan biaya WO. 

Jarak Tempat Tinggal 


Memilih hotel tempat resepsi juga harus mempertimbangkan jarak tempat tinggal karena meskipun saat ini sudah ada kendaraan sebagai transportasi jarak dekat juga dapat meminimalisir resiko di perjalanan seperti kemacetan. Jika Anda berlokasi di Bekasi barat sebaiknya juga mempertimbangkan memilih hotel di Bekasi barat sebagai tempat resepsi. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.