Menyusuri Keindahan Pantai Salido




Waktu menunjukkan pukul 14.53 Wib saat kami menjejakkan kaki di sini,  sebuah plang merek yang telah usang menjadi penanda bahwa kami telah sampai di Pantai Salido.


Palang merek berukuran jumbo telah mulai terlihat tidak terawat,  hal ini wajar saja menurutku kondisi alam pantai dengan suhu yang sedemikian ekstrem kadang panas kadang dingin,  angin badai belum lagi derajat keasaman yang cukup tinggi menyebabkan semua yang berbau besi akan mengalami korosi begitu juga dengan kondisi plang merek pantai Salido.



Di sana sini terlihat kucuran karat yang membutuhkan uluran tangan pengelola, mungkin saja memang sudah waktunya untuk di ganti atau setidaknya mengoleskan cat ulang pada bagian tubuh tulisan tulisan plang merek tersebut.

Bebatuan yang sengaja di susun di area pantai memungkinkan pengunjung untuk mencoba spot berfoto ya gak menantang.

Sesekali terkena percikan air laut adalah hal yang dirindukan dari alam pantai.


Spot berfoto yang unik lainnya di Pantai Salido adalah keberadaan karang-karang yang dangkal terhampar sedikit ke tengah,  karang karang tersebut kadang akan terlihat di permukaan jika air laut sedang surut namun tidak akan pernah Anda temukan apabila air laut pasang.

Sesekali Anda akan melihat hewan laut seperti kepiting,  udang,  ikan kecil berenang di sela-sela karang bersembunyi di tumpukan karang bolong dan menanti air pasang untuk kembali berenang dan hanyut ke lautan lepas.

artikel terkait : Menyusuri pantai Pulau Cingkuak nan alami dan memukau 

Ombak-ombak di Pantai Salido cukup bersahabat meskipun kewaspadaan tetap diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya badai.

Beberapa tumpukan batuan akan mempercantik suasana Pantai Salido terlihat seperti batuan putih bersih menyerupai gugus batuan di pantai Belitung yang sangat terkenal.  Bedanya di sini hanya batuan terhampar bukan batuan purba yang berukuran raksasa.  Meskipun sama-sama berukuran raksasa. 







Dari pinggir pantai Anda dapat menikmati pemandangan di seberang lautan yang merupakan daratan Painan Sumatera Barat. Ada juga beberapa pulau kecil nan elok molek muncul ditengah tengah laut lepas,

Itulah ciri khas dari lautan Sumatera Barat yang sangat kaya dengan pulau-pulau kecil nan cantik.

Aku pernah memandang lautan Sumber dari atas pesawat,  sungguh sebuah pemandangan yang tak terlukiskan,  maha karya Agung dari Sang Maha Pencipta.

Akses lokasi cukup mudah dijangkau.  Anda dapat menuju lokasi Pantai Carocok Painan dan menyewa kapal atau perahu menuju Pantai Salido.

Jika ingin menguji nyali dengan menyewa kapal baiknya Bekali dengan pengetahuan tentang keselamatan di laut untuk menghindari kemungkinan kecelakaan yang tidak diinginkan,  apabila membutuhkan pemandu akan mudah sekali menjumpai mereka di sekitar wisata ini.

Selamat menikmati alam pantai Salido


6 comments

  1. Aku dari kemarin ngidam ke pantai .. Bisa jadi salah satu pilihan nih

    ReplyDelete
  2. Kerennya Pantai Salido..bisa lihat gugusan kepulauan sejauh mata memandang..:)

    ReplyDelete
  3. Wah, a la Belitung ya mbak? Keren dong... Tinggal di cat tulisan pantai Salido nya :D

    ReplyDelete
  4. Wah Pantai Salido bagus banget pemandangannya ^^

    ReplyDelete
  5. Spot-spot fotonya bagus nih, cocok buat yang suka foto hihi

    ReplyDelete
  6. Pantai di sumbar itu bagus2 yaaa.. Ga kalah ama pantai2 di bali dan lombok. Malah aku lbh seneng pantai2 yg blm terlalu rame gini.. Ga terlalu crowded :)

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.