Resep Kue Kering Lembut Lumer - Yurmawita's Blog Resep Kue Kering Lembut Lumer | Yurmawita's Blog
Friday, June 23, 2017

Resep Kue Kering Lembut Lumer



Kue kering adalah kue lebaran yang wajib ada di meja tamu ketika lebaran Idul Fitri tiba. Kue berbahan mentega ini memiliki rasa yang khas dan enak. Tak heran jika toples yang berisi kue kering selalu  habis dibanding toples lainnya. Kue lainnya yang selalu menjadiincaran annggota keluarga aku adalah kue bawang. Kedua kue ini primadona ketika lebaran tiba.


Membuat kue kering cukup mudah asal tau triknya agar menghasilkan kue enak dan lumer. Salah satu tipsnya adalah tidak terlalu lama mengadon adonan  di tangan. Terlalu lama mengadon dengan tangan akan menyebabkan kue  menjadi keras. Karena panas tubuh menyebabkan mentega mencair dan merusak adonan.

Dalam membuat kue kering bahan utamanya adalah mentega. Mentega yang ada di pasaran banyak jenisnya, ada yang berupa butter, mentega, maupun mentega putih. Masing masing memiliki kekhasan tersendiri serta menghasilkan cita rasa yang khas. 

kali ini aku akan berbagi resep tentang kue kering yang biasaya selalu menjadi hidangan ketika berlebaran di rumah. yaitu kue kering yang berbahan dasar mentega kuning. 

Bahan utama

Mentega 4 bungkus (aku pakai merek Palmia) 
Telur 8 buah ( ambil kuningnya saja)
Gula halus 1 bungkus 250 kg
Tepung maizena 2 sdm
Terigu (kira-kira 1 kg)


Cara membuat

Kocok mentega dan gula halus menggunakan mixer hingga halus dan terasa ringan, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus diaduk. Setelah adonan menyatu hentikan kocokan. Ambil spatula masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lengket di tangan.

Ambil cetakan kue kering lalu cetak dadonan diatas nampan sambil di giling rata dengan ketebalan kira kita 2 cm. Susun di loyang atur jarak jangan terlalu berdekatan agar kue bisa matang sempurna. 

Panggang di oven 180 derajat celsius selama kurang lebih 15-20 menit hingga adonan matang. Aku pakai oven listrik sehingga bisa mengatur timernya denan pas ketika dipanggang. 

Susun di dalam toples

Bahan adonan ini bisa saja Anda kreasikan dengan berbagai macam bahan pelengkap misalnya coklat Choco, wafer, kacang, kismis atau keju sesuai selera Anda.

Tips membuat kue kering

Untuk mendapatkan kue kering yang renyah hindari mengocok kue terlalu lama dengan mixer. Kocokan yang teralu lama akan menyebabkan kue mengembang sehingga bentuknya tidak cantik. 

Hindari menguleni adonan dengan tangan karena panas tubuh akan membuat mentega mencair sehingga adonan akan menjadi keras. 

Proses pemnggangan juga harus diperhatikan karena di sinilah letak kematangan kue. Kue yang tidak matang akan menyebabkan warna pucat, sedangkan kematangan akan menyebabkan kue gosong atau terasa keras. 

Gunakan telur yang bagus, baru dan hangat. Apabila telur diambil dari lemari es, diamkan sejenak hingga berada di dalam suhu ruangan. 

Selamat mencoba

2 comments:

  1. Wahhh jadi mantep nih, kue kering buat lebaran besok, makasih atas informasinya mbak, salam kenal dari #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  2. Baru tau kalo ngulenin terlalu lama baik pake mixer ato tangan, bakal ngaruh ke kuenya jg :). Aku prnh sih mixerin agak lbh lama dr waktu yg diminta.. Wktu itu mikirny biar mantep tercampur merata hihihi :p

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.