Keripik Bawang

Keripik Bawang

Keripik bawang adalah salah satu kue lebaran yang unik. Renyah, gurih, dan kriuk-kriuk. Suami dan anak-anak suka sekali dengan keripik bawang ini katanya renyah dan tidak keras. Kalau aku perhatikan setiap keripik bawang berbeda-beda baik rasa, tekstur maupun bentuknya. Nah kata suamiku keripik bawang buatanku enaak pake banget.



Baiklah, karena pujian itu udah dari hati aku akan berbagi resepnya deh.

Sebenarnya ada beberapa modifikasi bahan yang biasa dipakai untuk membuat keripik bawang yang renyah, di desaku dulu pas aku masih kecil aku lihat bibi ku membuat keripik bawangnya dengan bahan utama berupa santan kelapa kental yang dicampur dengan bumbu bumbu bawang bawangan serta rempah rempah seperti kencur.

Namun menurutku resep itu hasilnya akan menjadikan keripik bawangnya eneg karena santan kelapa.
Adalagi resep keripik bawang lainnya pake campuran air panas mendidih, menurutku hasilnya tidak serenyah kue bawang buatanku huhuy..

Baca juga Makanan Khas Bengkulu

Nah, daripada kepanjangan jadi siput muji Bu****t baiklah simak ye, Resep kue bawang versi ku.

1 kg Terigu
1 kg Tapioka (tepung sagu)
Air es ( secukupnya) -- ini lho rahasianya aku pakai air es. 
1 ons Bawang goreng (aku pake banyak-banyak biar rasanya kerasa gurih gurih bawang karena aku suka banget ngemil bawang goreng hehe..)
1/4 kg Bawang putih, bawang merah digiling halus.
1 ikat Daun seledri Iris halus.
3 butir Telur.
Masako/Royko 2 bks


Nah, cara membuatnya campurkan semua bahan bahan diatas lalu tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk dan tidak lengket. Oya tips dariku untuk sagunya jangan dicampur semuanya, tinggalkan sedikit sekitar satu gelas untuk oles oles adonan supaya tidak lengket.

Baca Juga Resep Singkong hitam manis

bagi adonan kira-kira sekepalan lalu masukkan ke mesin penggiling mie, potong potong sesuai selera deh. Jangan lupa digoreng ya..lha kalau lupa bukan keripik bawang jadinya tapi tepung rasa bawang haha..

Selamat mencoba ya..

Nanti kalau udah digoreng dapatnya satu toples besar tupp*****r. Karena untuk mengisi toples lebaran maka pas udah digoreng sengaja ga dimasukin semuanya ke toples kalau ketahuan yayang pasti langsung habis dehh.

Selamat menikmati !

semua bumbu dicampur rata, aduk

bawang goreng, aku goreng sendiri nih..
tepung terigu dan tepung sagu dicampur rata
air es 
1 ikat daun seledri


4 comments

  1. Huwaaaa bagiii mb witttaaa
    Aku suka yang gegurihan cem ini

    Seledri makin banyak makin gurih ya berarti ^____________^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...sinihh..kirim lamatnye nduk tak paketin. Seriusss

      Delete
  2. saya baru tahu kalau makanan tersebut namanya keripik bawang, kalau disini sering menyebutnya dengan sebutan "uceung" dalam bahasa sunda :)

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.