Makanan khas Bengkulu

Jika berkunjung ke Bengkulu jangan lupa sempatkan memburu oleh-oleh panganan ringan berikut ini ya, ceritanya aku lagi laperr nih, nostalgia dengan kue kue ini dulu ye..

Cucur Pandan




Cucur atau kue cucur adalah kue tradisional berbahan dasar tepung beras dan gula merah. Kekhasan cucur Bengkulu terletak pada bentuknya yang menyerupai roda dengan lubang di tengahnya. Kue ini terasa amat manis dan empuk. Dahulu kue ini sering ditemukan pada upacara adat pernikahan. Kue cucur adalah pendamping ketika prosesi adat lamaran bersama 7 jenis kue yang lainnya. Saat ini kue cucur banyak ditemui di toko toko penjual oleh oleh atau di warung-warung kecil.


Purut Punai

Sesuai dengan namanya kue purut Punai menyerupai perut burung Punai. Bentuknya kecil menyerupai lingkaran obat nyamuk. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang digoreng hingga kecoklatan lalu di lumuri gula merah yang dicairkan hingga berbentuk karamel. Anda dapat menjumpai kue purut Punai ketika musim lebaran idul Fitri tiba. Namun tak perlu khawatir saat ini sudah banyak toko oleh-oleh yang menjualnya.

Kue Tat

Kue Tat atau dikenal dengan Juada, Joda Tat adalah kue khas Bengkulu merupakan kue tua. Yaitu kue yang harua ada di setiap hari raya idul Fitri. Terutama orang orang yang dahulu mereka selalu membuat kue ini. Aslinya kue Tat bentuknya persegi dan lebarnya seukuran buku tulis. Namun dalam perjalanannya kue ini dimodifikasi dengan berbagai bentuk bentuk yang unik sehingga dapat dikemas menjadi oleh oleh. Kue Tat termasuk kue sakral dalam prosesi adat di Bengkulu, berbagai prosesi adat seperti pernikahan, lamaran, selalu menyertakan kue ini sebagai salah satu syarat. Bahan utamanya adalah tepung terigu dan gula pasir, telur dan mentega. Untuk isinya dilengkapi dengan selai nanas, selau pepaya, maupun kelapa.

Kue Satu

Kue satu merupakan kue yang sering ditemukan ketika hari raya idul Fitri. Nama kue satu berasal dari bahan utamanya yaitu tepung sagu atau tepung tapioka yang dicampurkan dengan gula. Oleh karena tidak ada bahan lainnya maka disebut kue satu. Cara membuatnya cukup dicetak dengan cetakan kayu lalu dipanggang di oven.

Kembang Goyang

Kembang goyang adalah panganan yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa yang di goreng dengan batuan alat yang terbuat dari besi. Bentuk alat ini seperti pancing Dengan ujungnya berupa cetakan berbentuk bunga teratai. Sebelumnya cetakan besi dicelupkan kedalam adonan laku digoyang goyangkan diatas minyak panas. Rasanya gurih, namun bisa juga divariasikan sehingga rasanya bisa jadi manis dan berwarna warni tergantung selera.

Lemang Tapai

Lemang adalah panganan dari ketan putih yang dimasak di dalam bambu. Cara memasaknya cukup unik yaitu dengan membakar bambu yang telah diisi dengan ketan dan santan. Setelah masak diberi pelengkap yaitu berupa Tapai ketan hitam. Rasanya lemang gurih dan pulen. Lemang tapai ini disajikan ketika Ramadan saat berbuka puasa. Selain itu dalam prosesi adat lemang tapai merupakan menu utama ketika prosesi lamaran.

Sagon

Sagon terbuat dari tepung beras yang disangrai bersama gula pasir dan kelapa parut. Rasanya manis dan gurih. Bentuknya seperti serbuk. Cara memakannya cukup unik yaitu dengan bantuan sendok yang terbuat dari daun pisang. Hati hati ketika makan sagon tidak diperkenankan tertawa atau berbicara bisa-bisa sagon akan muncrat keluar dari mulut Anda haha..

Cendol

Cendol khas Bengkulu berwarna putih, terbuat dari tepung beras yang di cetak dengan saringan khusus sehingga menyerupai tetes air. Cendol biasanya disajikan bersama air gula merah yang dicampur santan kelapa. Pada zaman dahulu cendol ini dijadikan panganan musim menanam padi. Proses penyajiannya tidak dengan es batu tapi hangat. Karena kuah cendol dimasak di atas api hingga mendidih, lalu disajikan bersama cendol.

Lempuk

Lempuk adalah sejenis dodol yang berbahan dasar durian. Di Bengkulu memang terkenal dengan durian. Hampir di semua daerah memiliki durian. Jika sedang musim durian harganya murah sekali. Nah, untuk menyiasati agar durian tidak terbuang saja jika sedang tiba musimnya maka dilakukan pengolahan daging buah durian agar  bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Lempuk durian tidak memiliki bahan campuran lain semua bahannya murni dari daging durian. Rasa manis dari lempuk juga berasal dari durian namun oleh pembuatnya bisa saja dikreasikan menurut selera pasar. Saat ini anda bisa mencicipi lempuk durian kapan saja meskipun tidak hanya pada musim durian. Sudah banyak toko oleh-oleh menjual lempuk durian untuk dijadikan oleh oleh jika berkunjung ke Bengkulu.

Lepek



Lepek atau lepet adalah kue tradisional khas Bengkulu yang terbuat dari tepung ketan putih diisi dengan kelapa parut yang telah dimasak bersama  gula merah. Adonan lepek dibungkus daun pisang dan dikukus bersama santan encer. Rasanya gurih dan manis. Saat ini Kue lepek masih banyak dijumpai di pasar tradisional atau di acara-acara acara hajatan.


Gelang gelang

Gelang-gelang adalah kue yang berbahan dasar beras ketan hitam yang ditumbuk. Tepung yang dihasilkan dari ketan hitam akan di bentuk menyerupai gelang lalu di goreng. Setelah digoreng baru di lumuri gula karamel. Hmm yummy rasa gurih ketan dan karamel yang menghasilkan rasa manis terasa sangat nikmat dimakan sembari menyeruput teh manis. Apalagi menyantapnya di temani kekasih tersayang. Bersamaan rintik hujan romantiseee..

Hayoo.. kalau berkunjung ke Bengkulu cari kue-kue itu ya...dijamin enak enyak enyaaak banget..

31 comments

  1. Waduh ternyata ada juga makanan kesukaan saya yaitu kue cucur saya sukan sekali nih dengan makanan ini .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya..sama aku juga suka dengan kue cucur..enak manis sekali. kalau di Bengkulu kue ini adalah kue adat

      Delete
  2. Makan kue cucur obat sariawan katanya y mba?hehhe...TFS mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa iya? obat sariawan #jadi pengen neliti eh#

      Delete
  3. kue cucuuuurrr, itu enak XD
    ternyata makanan khas bengkulu ya?
    kembang goyang juga :D
    aku pikir dari jawa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. sama kue cucur aku suka bangettt.. manis

      Delete
  4. kue cucur sama kembang goyang ternyata dari bengkulu?:O
    kirain dari jawa, 2 kue itu aku sukaa bangeet XD

    tapi yang laennya belom pernah nyobain :(

    ReplyDelete
  5. kue cucur sama kembang goyang ternyata dari bengkulu?:O
    kirain dari jawa, 2 kue itu aku sukaa bangeet XD

    tapi yang laennya belom pernah nyobain :(

    ReplyDelete
  6. cucurnya bentuknya sedikit beda ya, kalau di bekasi bentuknya bulat penuh. Dan cucur kegemaran saya banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, cucur yang ga ada bolongnya berasal dari jawa ya aslinya...bahannya sama cuma agak encer jadi gak bisa dibentuk bolong-bolong

      Delete
  7. Aku paling suka lemang tapai

    Tapai ketan itemnya muanis tapi bikin nagih mb wita, duhhh kapan ya bisa mampir padang lagi nyicip lemang dari asalnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, padang sama Bengkulu sama-sama punya lemang tapai...enak bangettss

      Delete
  8. Lemang tape tuh mantab kang.! Hehehe itu vaforit saya banget... Wah uenak makannya pas hujan grimis sambil pakai sarung temenya kopi susu minumnya di pos ronda wuh jan hrm....

    ReplyDelete
  9. Mbak. Kue tat dan kue satu bentuknya kayak gimana ya? Gak kebayang XD

    Kalau saya paling suka kue cucur. Soalnya mama dan alm.nenek suka bikin. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh belum lihat ya? ntar kalau dapet fotonya ak tunjukin deh..

      Delete
  10. aih ..enak2..lamang tapai kue cucur.kembang goyang, sagon...udah pernah yang lainnya belum pernah cobain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. enyaak banget mba... kriuk kriuk gimana gitu??? kalau kue kembang goyanh

      Delete
  11. lepek saya sering makan mbak, rasanya memang enak banget :D

    ReplyDelete
  12. Ohh jadi kue cucur asal nya dari bengkulu ya, saya baru tahu nih padahal sering makan tuh kue yang rasanya manis itu. knpa engga pake gambar semuanya ? biar saya tahu yang lainnya

    ReplyDelete
  13. Hmm.. cucur pandang asli bengkulu ya kak, trus ada juga lemang tapai.
    Kalau di Sumatera Barat juga ada lemang tapai kak, mak nyus... :D

    Izin blogwalking ya kak :)
    http://www.ivandi.id/hidup-di-tanggal-tua/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,lemang tapai ada di Bengkulu dan ada juga di Padang tapi mana yg duluan ga tau hehe kayaknya khas di dua daerah ya hehe

      Delete
  14. ADuh jadi penasaran rasanya :D

    ReplyDelete
  15. Temen aku ada yang orang Bengkulu dan waktu itu pernah di beri oleh2 namanya pendap, itu makanan khas Bengkulu juga ya ? hehehe

    Download/Watch Eye in the Sky (2016)
    Watch movie HD

    ReplyDelete
  16. Whoaaaaa.. favorit semua mba!
    Apalagi kue cucur, bisa habis sepiring sekali makan *lah situ doyan apa rakus Ntan? wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diyan dan rakus itu 10 11 keknya ntan hehe..

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.