Tips Agar Badan Sehat dan Bugar ketika Berpuasa

Konten [Tampil]
Selama berpuasa tubuh harus beradaptasi dengan jadwal makan sahur dan berbuka. Jam makan yang berubah tentu juga akan menimbulkan efeknya bagi tubuh. Jika tubuh sudah menga Berpuasa bukan berarti menyiksa tubuh, justru dengan berpuasa tubuh akan menjadi lebih sehat. Puasa yang seperti apa sih yang membuat tubuh sehat. Berpuasa sebetulnya hanya memindahkan jam biologis tubuh saja. Jika di hari-hari bisa tubuh baru akan bekerja setelah jam bangun pagi kira-kira pukul 6-8.00 dengan adanya sarapan, maka ketika berpuasa tubuh akan melakukan jam biologis mundur 2-3 jam lebih awal.




Sama halnya ketika sarapan, tubuh kita terlebih dahulu akan diisi dengan makanan yang ringan-ringan saja, sebaiknya ketika berpuasa juga demikian. Agar siklus kerja tubuh tidak dipaksakan.

Awali sahur dengan makanan ringan dan segelas teh hangat

Ketika bangun sahur, sebaiknya tidak serta merta makan yang berat-berat dahulu, biarkan tubuh berelaksasi sekitar 30 menit setelah bangun tidur, Anda bisa mengisinya dengan the hangat dan cemilan ringan terlebih dahulu. Bisa juga diganti dengan buah-buahan segar seperti jus buah.

Makanlah secukupnya

Setelah tubuh bisa beradaptaasi biasanya sekitar 30 menit setelah bangun tidur segeralah makan makanan berat secukupnya. Karbohidrat dan protein penting sebagai cadangan energi ketika berpuasa.

Jangan makan terburu-buru

Makan terburu-buru akan menyebabkan banyak ruang udara terbentuk dalam perut, ruang udara ini akan mengakibatkan perut begah dan terasa mual dan kembung, untuk itu makanlah perlahan-lahan sambil mengunyah sesempurna mungkin agar makanan tercerna dengan baik.

Sayur dan buah jangan dilupakan

Menu karbhidrat memang mengenyangkan tapi jika semua makanan berlebihan unsur karbohidratnya maka akan menyebabkan terjadi penimbunan karbo yang akan diubah menjadi lemak, inilah yang menyebabkan berat badan bertambah meskipun dalam keadaan berpuasa. Untuk itu perbanyaklah makan makanan yang mengandung buah dan sayur tiap kali makan sahur.

Olahraga ringan

Berpuasa bukan berarti tidak boleh berolahraga, Berolahraga sekitar 10 menit dapat membantu tubuh bugar dan mengurangi kram, serta melancarkan peredaran darah. Olahraga yang paling baik untuk kondisi yang sedang berpuasa misalnya yoga, jalan santai kira-kira 10 menit setelah solat subuh dapat menurangi rasa mengantuk dan lelah.

artikel terkait : Hindari 7 hal yang Membatalkan Puasa

Istirahat yang cukup

Berpuasa akan menyebabkan tubuh menjadiletih oleh karena itu istirahat tidur membantu melepas lelah, tidurlah secukupnya di siang hari kira-kira 1- 2 jam dapat membantu menyegarkan badan.

Mandi

Mandi dapat membantu merelaksasi otot-otot sehingga menjadi segar kembali. Apabila tubuh terasa panas guyurlah air di atas kepala maka panas tubuh akibat berpuasa akan hilang.

Kurangi aktivitas fisik yang berat

Mengurangi aktivitas fisik yang berat ketika berpuasa dapat membantu memulihkan tenaga, karena energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas fisik yang berat dapat membuat badan menjadi lemas. Namun bukan berarti tidak bergerak sama sekali, selama berpuasa kita tetap harus bergerak.

Mengawali tidur

Setelah solat tarawih dan tadarus Al-Quran segeralah tidur, kurangi bergadang dengan kegiatan yang tidak bermanfaat agar terbangun lebih awal ketika sahur tiba.

Mengkonsumsi air putih 2 liter saat sahur dan berbuka puasa

Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa minumlah air putih minimal 2 liter sehari semalam. 2 gelas ketika berbuka puasa 2 gelas sehabis makan malam, 2 gelas setelah taraweh, 2 gelas saat sahur. Kombinasi ini bisa saja sesuai kebutuhan, misalnya apabila pada saat berbuka puasa sudah minum sirop lalu diisi dengan kolak, kemudian makan malam dengan sayur sop tentu bisa saja minumnya dapat dikurangi karena sirup, kolak dan sayur sop sudah mengandung air yang cukup banyak.

Inilah tips agar puasa sehat dan tubuh tetap bugar sepanjang Ramadhan. 

8 comments

  1. Terima kasih mbk informasinya...
    mau coba di praktek in dlu

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya ..
    Aku sering lupa makan sayur2an, senengnya keringan aja hehe..

    ReplyDelete
  3. Biar tetep fit dan sehat selama puasa, praktekin konsumsi 2 liter air saat sahur dan berbuka boleh juga niyy jalankan.

    ReplyDelete
  4. Olah raga yang masih beraat buatku, hehehe.

    ReplyDelete
  5. Berart bangun sahurnya minimal satu jam sebelum imsak ya..supaya waktunya cukup
    Selama bulan puasa ini, yang belum saya lakukan adalah olahraga. Hihihi

    ReplyDelete
  6. AKu juga suka minum teh anget kalau pas sahur maupun buka :D
    Thx tipsnya tapi soal tidur awal itu yg susah krn ngerjain kerjaan tetep pas anak2 bobo hehe :D

    ReplyDelete
  7. Thanks mba Yurma, karena kurang suka sama teh. Biasanya aku ganti dengan mineral sama susu :-D tapi mineralnya ini juga mash belum stabil mba :-D
    padahal cuman minum ya susyeh banget buat teladannya.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.