Atasi Masalah Kulit Wajah dengan RDL Sabun Papaya

Konten [Tampil]
Memasuki usia 40-an, wanita memang harus mawas diri lebih banyak. Aku merasakan beberapa perubahan mendasar pada kulit di usia ini setidaknya mampu mengingatkan diri bahwa usia sudah tidak muda lagi. Kulit semakin banyak masalah, apalagi kalau tampil di depan publik semakin insecure dengan penampilan. Hal yang wajar jika hampir semua wanita menghawatirkan dirinya di usia ini.

Review RDL Sabun papaya


Masalah Pada Kulit Wajah Usia diatas 40 Tahunan

Beberapa masalah yang muncul saat memasuki usia 40 an antara lain; 

Kulit Cepat Menua

Menjadi tua pasti akan ditemui oleh semua orang, namun memiliki kulit sehat di usia yang tidak muda juga dapat menjadi pilihan bagi semua orang. Kulit sehat di usia tua memang tidak seperti kulit sehat di usia muda. Kesehatan kulit di usia tua lebih menitikberatkan pada fungsi kulit sendiri sebagai pelindung diri dan sebagai perisai penampilan diri. Namun di usia senja kulit cenderung lebih cepat terlihat menua dibanding dengan saat usia muda. 

Dehidrasi Pada Kulit

Kulit akan mudah dehidrasi yang akan berdampak pada pengeringan pada permukaan kulit sehingga menimbulkan rasa kasar, kusam dan mudah iritasi. Berkurangnya air kemampuan kulit untuk memproduksi lapisan minyak sebagai pelindung kulit sekaligus melembabkan permukaan kulit menjadikan kulit memerlukan asupan nutrisi dari luar seperti pelembab dan serum kulit yang akan membantu kulit terhindar dari dehidrasi kulit. Hal terburuk yang terjadi jika kulit mengalami dehidrasi adalah akan mudah pecah-pecah dan bersisik.

Berkurangnya Elastisitas Pada Kulit 

Mau tidak mau bertambah usia artinya bertambah pula usia kulit sehingga berkurang elastis. Kulit tidak kenyal sehingga akan mudah terlihat keriput. Dampak yang ditimbulkan akan muncul garis halus yang lama kelamaan akan terlihat jelas. Area ujung mata, sudut bibir, garis senyum dan leher adalah area yang paling mudah terlihat garis kerutan karena gerak berulang pada otot akibat aktifitas mata, bibir saat tertawa, marah maupun berekspresi.

Flek Hitam Mulai Terlihat

Lapisan kulit yang terpapar sinar matahari apalagi dalam jangka waktu yang lama maka akan memungkinkan munculnya flek pada wajah. Lingkaran berwarna kecoklatan hingga kecoklatan akan semakin terlihat seiring dengan bertambah usia. Terutama area wajah dan telapak tangan. Flek hitam ini bisa juga ditimbulkan akibat paparan polusi udara, kontaminasi kosmetik mapun radiasi sinar ultraviolet. 

Karena banyaknya masalah-masalah kulit diatas, maka perlu adanya perawatan pada kulit wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami baik sebagai pembersih atau cleansing maupun penutrisi atau nutrition. 

Kandungan alami dari bahan-bahan alam yang tumbuh di sekitar kita sangat baik untuk kesehatan kulit yakni kandungan yang berasal dari sayur dan buah Salah satunya yakni yang terkandung dalam buah Pepaya. 

Nutrisi Buah Pepaya untuk Kulit Sehat

Buah Pepaya (Carica papaya) berasal dari Meksiko bagian selatan dari Benua Amerika. Buah Pepaya tumbuh di daerah Tropis kaya akan nutrisi vitamin C. Memiliki karakteristik buah yang berbentuk lonjong, bulat, atau menyerupai tabung. Beberapa jenis pepaya memiliki bentuk panjang. Jika dibelah buah pepaya mempunyai banyak biji-biji kecil berwarna hitam, daging buah berwarna kuning atau orange serta memiliki kulit yang tipis. 

Buah pepaya antara lain memiliki kandungan vitamin C, Vitamin A, asam pantotenik, asam folat dan likopen, folat, beta karoten, niacin,  sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan kulit. Pepaya juga mengandung getah yang disebut papain. Getah ini memiliki manfaat untuk melembabkan dan melembutkan kulit. 

Banyaknya manfaat buat pepaya untuk kulit dapat dirasakan dalam bentuk produk kecantikan yang diperkenalkan oleh RDL. 

Mengenal RDL

RDL adalah brand asli yang berasal dari Filiphina melalui RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC yang telah berpengalaman memproduksi produk skincare dari personil care dengan kulaitas terbaik. RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC menunjuk PT.RDL DISTRIBUSI INDONESIA sebagai partner di Indonesia untuk mengembangkan produknya dan berperan dalam distribusi produk tersebut. 

Ada dua produk varian dari Sabun Papaya yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah yaitu RDL Papaya Brightening Soap dan RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract. Keduanya bermanfaat untuk kulit wajah yang berfungsi untuk membersihkan dan melembabkan.

RDL Papaya Brightening Soap

RDL Papaya Brightening Soap atau dikenal dengan Sabun Papaya merupakan ekstrak pepaya yang berfungsi mengangkat sel kulit mati, menagatasi kulit berminyak dan berjerawat, mencerahkan kulit wajah serta mengatasi penuaan dini.

RDL Sabun Papaya atau dikenal dengan RDL Papaya Brightening Soap mengandung: 
  • Vitamin A yang juga berfungsi mencegah munculnya jerawat sekaligus menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kerutan di wajah, serta mencegah penuaan dini.
  • Vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari sinar UV serta membantu mengurangi kerutan di wajah.
  • Vitamin E berguna untuk melembabkan kulit wajah, mengatasi hyperpigmentasi, membantu menyamarkan bekas jerawat serta membuat kulit menjadi lebih kenyal. 

Cara Penggunaan

Sabun papaya


Untuk menggunakan RDL Sabun Papaya  atau dikenal dengan RDL Papaya Brightening Soap yaitu dengan cara:
  • Basahi wajah dengan air
  • Usapkan RDL Papaya Brightening Soap ke wajah dan leher
  • Pijit-pijit kulit wajah dan bersihkan minyak dan kotoran yang menempel di wajah
  • bilas dengan air mengalir
  • lakukan setiap sebelum tidur, saat pagi hari sebelum menggunakan skincare.

Review RDL Sabun Papaya

RDL Sabun Papaya

Untuk penggunaan di wajahku yang memiliki jenis kulit normal sangat cocok di kulit. Aroma wangi papaya menimbulkan relaksasi pada wajah sehingga terasa sejuk dan tidak adem. Awal pemakaian di kulit tidak ada masalah yang muncul, kulit terasa segar, bersih dan lembut.

RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract

RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract merupakan cairan pembersih yang digunakan untuk menghilangkan minyak pada wajah, kotoran dan debu halus sisa make up, skincare yang dapat digunakan sehari-hari. Mengandung ekstrak pepaya yang dapat mengangkat sel kulit mati, dapat juga mengatasi kulit yang berjerawat, mencerahkan kulit wajah, serta mencegah penuaan dini. 

Cara Penggunaan
RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Ekstract


Untuk menggunakan RDL Babyface Facial Cleanser dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mencuci wajah dengan Brightening Soap atau cukup dengan RDL Babyface Cleanser saja. Cukup tuangkan 2-5 tetes ke kapas bersih lalu usapkan ke wajah. 

Cara mendapatkan Sabun Papaya

Untuk mendapatkan kulit wajah cerah bebas flek hitam Yuk beli Sabun Papaya di Shopee  kamu bisa mendapatkan dengan mudah dengan berbelanja online. 

Review RDL Sabun Papaya

Untuk penggunaan di wajahku yang memiliki jenis kulit normal sangat cocok di kulit. Aroma wangi papaya menimbulkan relaksasi pada wajah sehingga terasa sejuk dan tidak adem. Awal pemakaian di kulit tidak ada masalah yang muncul, kulit terasa segar, bersih dan lembut.

Review RDL Facial Cleanser

Untuk penggunaan di wajahku, RDL Facial Cleanser memiliki wangi yang khas, namun cukup menenangkan. Pada wajah ada sensasi dingin dan menimbulkan kesan bersih dan kenyal. 

Cara Mendapatkan Sabun Papaya 

Untuk mendapatkan kulit wajah cerah bebas flek hitam Yuk beli Sabun Papaya di Shopee. Hati-hati penipuan dan pastikan Anda memesan pada distributor resmi. Kamu bisa lho mendapatkan berbagai info terkait produk palsu, promo terbaru, atau jenis produk RDL lainnya dengan mengikuti akun Instagram resmi RDL di @rdlofficialstore atau follow akun TikTok RDL, yaitu @rdlofficialstore dan @official.rdl.


Untuk mendapatkan produk-produk RDL kamu bisa membeli secara online di marketplace langganan Anda. 


78 comments

  1. RDP sabun papaya dan Papaya cleanser menjadi pilihan buat perawatan kulit wajah

    ReplyDelete
  2. Banyak banget memang ya manfaat dari buah pepaya ini, bagus buat kulit juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pepaya selain untuk konsumsi langsung ternyata bermanfaat juga buat wajah

      Delete
  3. Saya juga sempat dulu menggunakan sabun itu, tapi sekarang sudah nggak hihi

    ReplyDelete
  4. Sabun ini memang sangat cocok buat perawatan kulit ya, terutama wajah

    ReplyDelete
  5. Banyak banget nih ya manfaat dari RDL brightening soap dan facial cleanser ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Facial cleanser nya membersihkan noda di wajah

      Delete
  6. Wah sudah ada di Shopee juga nih ya, Kak. Jadi pingin coba juga saya

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen pakai RDL Sabun Papaya lagi deh buat perawatan wajah.
    Dulu banget pernah pakai karena tanteku memang banyak yang pakai ini. Hasilnya beneran bikin wajah lebih cerah dan bersih nih.
    Lagi bermasalah banget sama flek hitam dan komedo soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. RDL sabun Pepaya yang bisa memberikan perawatan buat kulit wajah

      Delete
  8. Another review about RDL Papaya... Seriusan deh mba, aku jadi pengen beli lagi sabun legend ini. Memang bisa ngusir kusam sih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya baru tau kalau legend nih sabun RDL

      Delete
  9. Warna mirip pepaya benar, kalo lagi hangat cuaca. Cuci muka pake sabun ink keknya berasa segar yak.

    ReplyDelete
  10. Memasuki usia kepala 4 kulit wajah memang mulai ada tanda-tanda penuaan dini. Jadi harus rajin perawatannya ya, bisa juga nih dengan RDL Sabun Papaya

    ReplyDelete
  11. Saya juga pakai kedua produk RDL ini... Setuju, wanginya enak, rasanya juga sejuk dan segar di kulit wajah...

    ReplyDelete
  12. Usia 40 memang identik dengan beragam masalah pada kulit wajah, kebetulan nih aku juga pakai RDL Sabun Papaya sejak lama dan cocok aja tapi kalau facial cleanser baru pakai, jadinya kulit terasa lebih bersih lho

    ReplyDelete
  13. Selain makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan, memberi asupan vitamin dan nutrisi dari luar, juga bagian penting dari perawatan kulit ya Mbak. Emang sih beda antara kulit yang menua dengan kulit muda, tapi kedua jenis kulit ini tetap sama-sama membutuhkan perawatan dari luar dengan sempurna. Salah satunya menggunakan Sabun Papaya ya. Untuk membersihkan sekaligus memberi nutrisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, seperti halnya bagian tubuh kulit wajah kita juga membutuhkan nutrisi dari bahan bahan alami

      Delete
  14. Kemarin uda nyerah banget sama dark spot akibat zaman dulu gak pake sunscreen.
    Tapi harapan itu muncul kembali. Harapan miliki kulit cerah, sehat dan bebas jerawat dengan menggunakan RDL Papaya Brightening Soap. Reviewnya oke banget, kak.
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan mbak Len. Dark spot makin nambah umur, makin kelihatan yaa
      coba dulu deh pakai RDL brightening soap dan facial cleanser, siapa tahu jadi tersamarkan gitu.

      Delete
  15. Cara mendapatkan sabun ini juga tergolong mudah, karena sudah ada Official Store nya di
    Shopee. Yang perlu kita perhatikan adalah jangan sampai tergiur dengan harga yang kian miring tapi takutnya merk bukan yang asli.

    ReplyDelete
  16. Aku sih penasaran ini sama wanginya ya, jadi solusi banget ini untuk perawatan kulit ya mbak. Apalagi mudah juga untuk mendapatkannya.

    ReplyDelete
  17. Dulu saya suka make sabun ini mbak, waktu masih kerja buat bersihin muka, emang bisa bersih bangettt... Sekarang saya makin jarang cuci muka, masak tunggu umur 40 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bisa pake sabun ini, mari kita coba sensasi cuci mukanya, mana tahun jadi semangat nantinya , iyah kan

      Delete
  18. Pepaya tuh emang banyak manfaatnya. Cuma kalau makan langsung, sekarang aku kurang suka. Kalau jadi bahan kecantikan kaya gini, mau coba. Yang sabun RDL, dulu zaman remaja pernah pakai juga

    ReplyDelete
  19. Pepaya tuh emang banyak manfaatnya. Cuma kalau makan langsung, sekarang aku kurang suka. Kalau jadi bahan kecantikan kaya gini, mau coba. Yang sabun RDL, dulu zaman remaja pernah pakai juga

    ReplyDelete
  20. RDL salah satu produk yang sangat legend yaa, tetapi memang sebagus itu khasiatnya, dengan harga yang tergolong terjangkau bisa memberikan khasiat yang sangat bagus untuk kulit.

    ReplyDelete
  21. sabun Papaya ini sedari dulu jadi pilihan mamahku buat merawat kulit wajahnya

    ReplyDelete
  22. Khasiat pepaya untuk kulit sudah lama diketahui, kalau kandungan pepaya ini diaplikasikan ke sabun, pastinya lebih praktis sih. Tidak perlu lagi kupas2in pepaya, balur ke kulit dsb, Cukup pakai produk sabun pepaya maka khasiat pepaya bisa dimanfaatkan. Praktis kan yah.

    ReplyDelete
  23. Dua produk andalan dari RDL papaya ini emang bagus
    Aku sudah membuktikannya sendiri
    Wajah jaso cerah

    ReplyDelete
  24. Akuu sudah 40 plus plus maak jadi kulit wajah perlu banget perawatan yaa...nah yang utama kebersihan wajah harus diperhatikan.
    RDL papaya bagus buat membersihkan kulit wajah dari debu mana harganya sesuai kanting pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih sama saat usia udah 40 tahun, kondisi kulit makin kering dan butuh banget yang namanya double cleansing yang ngak hanya bikin kulit lebih bersih tapi juga terasa lebih lembab.

      Delete
  25. Enak banget nih pakai Sabun RDL. Bikin wajah lembut dan buat aku yang bermasalah dengan jerawat sabunnya cocok gak bikin kering atau malah makin berjerawat. Pokonya RDL Sabun Papaya itu the best.

    ReplyDelete
  26. RDL sabun papaya ini legend banget. Ibuku sampai sekarang pakai ini. Dan baru tau ada cleanser-nya juga sekarang, dipakai barengan buat double cleansing makin kinclong deh kulitnya. Buat harga masih tetep affordable.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, aku kenal RDL Sabun Papaya dari mama aku dan lanjut aku pake sampai sekarang tapi kalau Cleanser-nya baru tahu dan baru pakai, ternyata double cleansing itu bikin wajah jadi lebih bersih dan sehat ya.

      Delete
    2. Bener, ini produk legend. Dulu sering lihat sabunnya. Sekarang tambah clenser jadi maki oke buat bersih-bersih wajah. Harga sih jangan ditanya. Ramah kantong

      Delete
  27. Saya tau khasiat RDL ini sudah sejak lama mba. Cuma belum coba2, krn ragu bener ga khasiatnya manjur. Ternyata setelah baca beberapa review temen jadi bener2 pengen coba deh.

    ReplyDelete
  28. aku cocok pake RDL sabun papaya ini. mencerahkan dan membantu menjaga kulit tetap terawat. apalagi kalau rutin digunakan setiap hari dan ditambah pelembab

    ReplyDelete
  29. Sabun pepaya ini bisa digunakan dari usia berapa mba? Apa anak dan remaja boleh pakai juga? Sepertinya aman yaa

    ReplyDelete
  30. wah baru tahu saya mbak ternyata ada cleanser berbasis buah pepaya yaa. cara menggunakannya juga mudah banget yaa dan hasilnya juga bagus. makasih infonya ya mbak, mau coba juga ah

    ReplyDelete
  31. Abis baca postingan ini aku jadi inget minumku kurang banyak. Ya ga aneh kalau kulit jadi gampang dehidrasi termasuk muka. Ditambah faktor usia yang udah kepala 4 juga

    ReplyDelete
  32. Salah satu merk sabun yang legend banget. RDL sekarang sudah semakin berkembang dengan cleanser nya, sabun yang bagu sekali untuk merawat wajah, dengan harga yang terjangkau mendapatkan segudang manfaat.

    ReplyDelete
  33. Bagus deh sabun pepaya yang ini. Aku pernah nyoba. Wajahku yang kusam jadi bersih. Tapinya kulitku kering banget. Cocoknya di kulit wajah anak-anakku yang berminyak da berjerawat. Jadi bersih jerawat dan gak berminyak banget. Sampe sekarang mereka masih pake.

    ReplyDelete
  34. Semakin bertambah usia, elastisitas kulit memang menurun. Jadi lebih mudah dehidrasi dan cenderung kering. Itu sebabnya mesti pilih sabun pembersih muka yg tepat dan original, kalau sabun pepayanya aku pernah pakai tp kalau
    RDL Babyface Facial Cleansernya belum. Jadi cukup penasaran karena katanya ampuh mengangkat sel-sel kulit mati

    ReplyDelete
  35. Yang paling terlihat tuh selain dark spot juga kulit kering.
    Jadi mmang kudu banget gaya hidup sehat, minum yang cukup, olahraga dan membersihkan wajah dengan menggunakan RDL Papaya Brightening Soap yang deep cleansing.

    ReplyDelete
  36. Pepaya tuh baik banget untuk kulit ya mba. Banyak vit c nya. RDL ini praktis dan sekarang ada skincare lainnya, inovatif ya. Aku butuh ini nih menuju usia Ashar 😁 supaya kulit lembap juga

    ReplyDelete
  37. Sabun Papaya ini kayaknya udah legend banget yaa...aku tahu udah dari lama bgt dan masih eksis. eh sekarang malah ada yang dlam bentuk facial clenasernya yaa. Mrk berinovasi juga yaa.

    ReplyDelete
  38. facial wash RDL papaya bagus untuk merawat kulit wajah dan gak bikin kering ya

    ReplyDelete
  39. RDL sabun Papaya ini kenaln udah lama suka dipake sama mama dan tante aku, katanya enakeun, solusi buat perawatan wajah yaa, nah cuma baru ngeh ada cleansernyaa, jadi lebih komplet yaaa.

    ReplyDelete
  40. Aku juga pake sabun itu, jaman ibuku masih muda juga pake sabun papaya, enak banget lembut di kulit, baunya pun juga harum yang enak, banyak temen temen yang mengira aku perawatan kulit yang mahal, padahal cuma pake sabun papaya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk yang bisa dipakai turun temurun ya, hehehe. Legend banget emang sabun ini. Sampai sekarang pun masih banyak yang suka

      Delete
  41. Permasalahan kulit wajah bertambah seiring tambahnya usia. Kalau dibiarkan aja, makin rusak ya kulit kita.

    Perlu perawatan yang tepat tapi gak bikin ketergantungan. Untungnya ya, sekarang ada RDL Sabun Papaya dan RDL Faxial cleanser Papaya yang membuat kulit wajah cerah dan sehat. Sehingga kelembapannya terjaga.

    ReplyDelete
  42. Wua,ini sabun legend ya...aku dulu pernah pakai,tapi sudah ngga lagi. KIrain udah nggak ada lho, ternyata masih ada ya. Sekarang ada produk barunya juga ya,cleanser...next pingin nyobain lagi

    ReplyDelete
  43. Ternyata pepaya banyak juga manfaat nya buat kulit yaa 😍
    Kayanya seger banget pakai RDL papaya ini deh

    ReplyDelete
  44. saya pernah cobain juga RDL ini dan cocok, enakeun pisan ke kulit ya jadi lembut dan mencerahkan juga

    ReplyDelete
  45. RDL Sabun Pepaya sepertinya sedang happening ya, tergoda juga nih mau coba
    secara gitu kulitku sensitif, semoga dengan produk alami cucok

    ReplyDelete
  46. Benar banget deh, menjelang usia 40 permasalahan kulit wajah pasti ada saja ya. Ditambah sekarang ini polusinya lagi aduhay sekali, menjaga elastisitas kulit itu penting banget, ditambah dengan penggunaan sabun muka yang tepat.

    ReplyDelete
  47. Sabun Papaya ini legend banget lhoo, dari zaman aku masih unyu2 udah ada nih...udah gitu distribusinya sampai ke pasar2 tradisional lho, di toko2 kosmetik pasar tradisional pun ada. sekarang sudah berinovasi ya dengan versi cleansing foamnya

    ReplyDelete
  48. Seneng banget dapet rekomendasi sabun untuk wajah yang hemat tapi manfaatnya luar biasa untuk merawat kulit wajah. Dengan penggunaan RDL sabun papaya secara rutin, bisa memberikan efek yang baik, selain kulit cerah alami, juga sehat bebas jerawat dan flek hitam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah benar, apalagi kalo bisa ngilangin flek, rekomendasi banget yah, hehehe. warnanya juga bikin segar kayak pepaya

      Delete
  49. Mba Yurma, saya pun mulai menyadari kalau di wajah saya mulai muncul flek hitam juga. Duh sempat bingung dan minder
    Tapi coba pakai RDL Papaya dulu ya. Siapa tahu yang ini cocok

    ReplyDelete
  50. Perawatan wajah dua langkah memang penting sekali ini. Setelah dicuci menggunakan sabun Papaya, di bersihkan kembali denga facial washnya,jadi mkin bersih pastinya. Sabun Papaya ini MMG melembabkan kulit.

    ReplyDelete
  51. Saya suka pakai sabun RDL Papaya ini mbak, walau harganya lebih mahal, tapi tetap aja dibelain beli.
    Kalau yang RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract saya belum pernah pakai, belum pernah nemu di supermarket langganan. Oh bisa di beli di shopee ya

    ReplyDelete
  52. Sabun RDL Papaya dan Facial Cleanser Papaya ini paket komplit buat mencerahkan wajah.

    Sabunnya bikin kulit makin lembap dan lembut. Facial cleansernya efektif mengangkat kototan setelah seharian beraktivitas.

    ReplyDelete
  53. Sabun Papaya legendaris banget ya. Aku cocok sekali dan suka dengan aromany. Hanya facial clenasernya belum coba, penasaran

    ReplyDelete
  54. Wah inovasinya makin mantul nih udah ada cleanser nya jadi proses double cleansingnya optimal, karena produk legend taunya sabunnya aja hehe

    ReplyDelete
  55. Nemu banyak banget review sabun RDL Papaya ini sungguh bikin aku penisiriiinn... seefektif ini kah untuk membuat cerah dan lembab kulit? Padahal produknya udah lama banget ada kan, ya.. Ternyata ya memang sebagus itu makanya dia bisa bertahan sampai sekarang.

    ReplyDelete
  56. Cleanser-nya bikin saya repurchase lagi lho
    Saya senang karena tidak berbau juga
    Harga pun aman sentosa

    ReplyDelete
  57. RDL Sabun Papaya ini sabun jadul tapi khasiatnya membantu buat kulit jadi bersih dan bebas dari jerawat yaa...

    ReplyDelete
  58. Oooh ini sabun yang lagi viral nih, bisa mencerahkan juga kan ya mbaa. Pengen coba juga ah, siapa tahu cocok buatku

    ReplyDelete
  59. Aku dah mau 40 nih 7 tahun lagi haha, harus siap-siap dan emang wajib rajin skinkeran nih kayaknya.. Dulu pernah make Papaya ini, tapi emang langsung glow up, sekarang makin lengkap ya.. pengen cobain deh

    ReplyDelete
  60. Khasiat buah pepaya untuk kulit tidak diragukan lagi. Jadi kalau sabun papaya menggunakan buah pepaya sebagai bahan dasarnya, maka pantaslah disukai dan covok buat perawatan.kulit kita. Lagian nih produk sudah legenda di Indonesia.

    ReplyDelete
  61. Sabun pepaya ini seingetku booming sejak aku remaja deh, tapi aku belum pernah coba karena jenis kulitku agak sensitif. Ternyata aku baca reviewnya bagus ya mba

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.