Kandungan dan Manfaat Tepung Jagung Maizenaku

Konten [Tampil]
Jagung adalah salah satu makanan pokok sebagian penduduk Indonesia khususnya mereka yang mendiami daerah timur Indonesia. Mereka yang mendiami sebagian wilayah timur Indonesia memilih mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokoknya sehari-hari disebabkan oleh beberapa faktor yakni:

Topografi wilayah tempat tinggal mereka yang memungkinkan untuk ditumbuhi tanaman jagung. Selain itu jagung mengandung karbohidrat yang bisa menahan rasa lapar lebih lama. 


Asal Usul Jagung


Nama latin Jagung zea mays ssp. mays
Kingdom : plantae
Genus : zea
Ordo : poales
Subfamily : Poaceae
Spesies : Zea mays

Jagung telah ditemukan sejak 7000 tahun lalu melalui sisa sisa jagung primitif yang ditemukan para arkeolog di Mexico. Pertengahan abad ke-15 pedagang Eropa membawa jagung ke seluruh wilayah jajahannya untuk diperkenalkan kepada pribumi dan mulai bercocok tanam di daerah dimana mereka menjajah. Saat itulah jagung mulai dikenal di pelbagai belahan dunia. 

Jagung mulai dikenal di Indonesia melalui penjajah Portugis pada abad ke-16 dan mulai bercampur dengan bahasa daerah di tanah air seperti di Aceh dikenal dengan nama Jagong, di Bima disebut Jago, sedangkan di Madura dikenal jaghung, rigi di Nias, eyako di Enggano, wakaru di Sumba dan sebagainya. Masing-masing daerah memiliki nama tersendiri untuk menyebut jagung. 

Manfaat Jagung

Jagung dimanfaatkan oleh banyak masyarakat baik konsumsi manusia maupun konsumsi hewan ternak. 

Beberapa manfaat jagung yakni:
  • Sebagai bahan makanan pokok
  • Sebagai pakan ternak
  • Sebagai campuran kue tradisional
  • Sebagai bahan pembuat tepung
  • Sebagai bahan pembuat mie
  • Bonggol jagung sebagai alas ternak
Daun jagung dimanfaatkan untuk pembungkus makanan serta serat untuk membuat perkakas rumah tangga seperti tampah, tikar, lintingan rokok. 

Tepung Jagung Maizena


Olahan jagung yang kian beragam dapat ditemui di masyarakat tradsional. Mereka mengolah jagung yang masih basahenjadi beberapa masakan yang lezat. Salah satunya dengan mengolah jagung menjadi tepung jagung 

Cara mengolah jagung menjadi tepung yakni dengan cara menggiling jagung basah di gilingan batu sehingga menjadi hancur dan lumat. Lalu dari hasil lumatam jagung ini akan menghasilkan  sari pati jagung yang diendapkan. 

Hasil endapan ini akan meninggalkan residu berupa tepung yang dapat di jemur dan menjadi tepung kering yang dikenal dengan tepung jagung Maizena. 

Selanjutnya tepung kering dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama untuk diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. 

Tepung jagung maizena memiliki permintaan yang cukup banyak di pasar karena manfaat tepung jagung sangat besar untuk pembuatan kue kering dan kue basah serta masakan nusantara. 

Tepung Maizena dari Egafood

Kehadiran tepung maizena yang merupakan olehan dari jagung tentu menjadi kebahagiaan tersendiri orang orang yang gemar memasak dan membuat kue karena tepung maizena memiliki fungsi untuk mengubah teksture kue lebih kenyal lembut dan kental. Pati jagung akan membuat cita rasa kue kian gurih, dan lezat. Tepung Maizena dari Egafood dihadirkan untuk memenuhi permintaan para pencinta kue demi mendapatkan cita rasa yang lezat. 

Camilan Enak dari Tepung Jagung

  • Beberapa camilan enak dari tepung Maizena Donat
  • Klepon
  • Kue kering semprit
  • Bolu maizena
  • Bakpau
  • Martabak
  • Nona manis
  • Pusing jagung
  • Lepet jagung
  • Putri salju
  • Kue ulat
  • Bolu gulung
  • Kue lapis

Hidangan Sehat dari Tepung Jagung


Beberapa hidangan sehat dapat dibuat dari tepung maizena antara lain:
  • Sup jagung ayam
  • Sup jagung jamur
  • Sup jagung sayuran
  • Sup telor
  • Sup kepiting jagung

Kandungan Gizi Maizena


Dari 100 gram tepung maizena terdapat kandungan 340 kcal kalori, serat 7 gram, protein 0.3 gram. Karbohidrat 85 gr, protein 0,30 gr,  kalsium 20 mg dan fosfor 30 mg. 

Nah, bagaimana banyak sekali bukan kandungan dari tepung Maizena? Selain sehat dan kaya nutrisi Maizena juga dapat menjadi sumber makanan organik yang sehat dan baik untuk tubuh. 

Mengapa Memakai Maizena

Karena banyak sekali manfaat maizena maka pastinya selalu stok Maizenaku di dapur. Selain bisa sewaktu-waktu membuat kue dan hidangan lezat tepung Maizenaku adalah salah satu kualitas terbaik dari tepung jagung sehingga masakan kita anti gagal. Yuk, pakai Maizenaku! 

27 comments

  1. Ternyata banyak banget nih ya kandungan yang ada pada tepung jagung maizena ini

    ReplyDelete
  2. Saya biasanya menggunakan tepung maizena ini untuk membuat kue, Kak hihi

    ReplyDelete
  3. Sudah tidak perlu diragukan lagi, Kak kalau tepung maizena memang yang terbaik

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata martabak juga menggunakan tepung maizena ya, jadi pingin coba bikin sendiri

    ReplyDelete
  5. Dengan membuat kue dari tepung maizena ini tentunya bisa menjadi lebih lezat nih ya, Kak

    ReplyDelete
  6. Aku pun pakai tepung maizena Egafood mba. Pengin deh bikin klepon tapi takut yg makan tuh aku bdua paksu doang 😂
    Oh ya maizena jg suka aku pakai untuk goreng2 gitu

    ReplyDelete
  7. aku selalu stok tepung maizena untuk bikin aneka saus mak, karena kalau bikin saus steak, saus keju, saus katsu, kayaknya ga afdol kalau ngga pakai tepung maizena, ternyata bisa dipakai buat banyak olahan makanan juga ya maizena ini

    ReplyDelete
  8. Papa mpo suka semur daging kental makanya pakai maizena . Makanan bisa mirip kaya restoran

    ReplyDelete
  9. aku selalu sedia tepung maizena di dapur. buat pengental kuah masakan yang ditumis. tampilannya jadi lebih menarik dan menggugah selera :)

    ReplyDelete
  10. Di rumah masih ada stok tepung jagung Maizenaku, sisa waktu buat kue kering.
    Selain untuk campuran di resep kue kering, tepung jagung ini enak juga dibuat sup jagung yaa...

    ReplyDelete
  11. Saya selalu nyetok nih tepung maizena. Pengen covain buat kue kering hanya bermodalkan tepung maizena sbg bahan utama. Tapi blm kesampaian buatnya.. Hiks

    ReplyDelete
  12. Waktu kecil saya hanya mengenal jagung rebus atau jagung untuk makanan ayam. Tak menyangka kalau Mazeina itu sebenarnya tepung jagung. Tahunya setelah SMA. Nah tepung mazeina ini ternyata banyak kegunaannya untuk bikin aneka camilan enak. Gak cuma untuk pengental sup atau masakan tumis-tumisan :)

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah ternyata banyaaakkk manfaatnya

    aku juga ada stok d dapur
    bisa bikin bikin nihhh utk kluarga

    ReplyDelete
  14. emang bisa enak gitu kok ya pakai tepung maizena. dan tenyata kandungan gizinya banyak

    ReplyDelete
  15. maizena ini paling sering jadi campuran kue kering dan pengental masakan gitu yaa makanya biasanya selalu ada di dapur

    ReplyDelete
  16. ih aku baru tau kalo martabak itu menggunakan tepung jagung maizena, pantesan enak rasanya

    ReplyDelete
  17. Telung Maizena ini selalu ada di dapurku
    Sebab, sering jadi bahan pelengkap memasak ataupun membuat kue

    ReplyDelete
  18. Di rumah aku juga suka menggunakan tepung maizena untuk beberapa masakan. Paling sering untuk sup jagung sih, karena mengikuti resep dari mamahku, selalu menambahkan tepung maizena.

    ReplyDelete
  19. Tepung jagung maizenaku selalu ada di dapur saya mbak, seringnya sih buat campuran masakan, baik untuk pengental (kuah) atau perenyah (gorengan). Masakan jadi lebih oke sih dg dikasih maizenaku. Btw, saya belum pernah lihat tuh jagung warna-warni seperti di foto pertama. Biasa lihat tuh selalu warna tunggal, kebanyakan warna kuning, lalu putih, dan sesekali hitam.

    ReplyDelete
  20. Saya belum pernah mengolah tepung maizena mbak, ternyata banyak juga kandungannya yang bermanfaat untuk tubuh kita ya

    ReplyDelete
  21. Tepung maizena suka aku pakai buat saos fuyunghai supaya kental. Enyaak pokoknyaa

    ReplyDelete
  22. ternyata banyak ya olahan yang dibuat dari tepung jagung maizena ya. Aku selama ini lebih sering pakai untuk mengentalkan kuah sayur / ikan asam manis

    ReplyDelete
  23. Samaan kak akupun selalu stok, Maizenaku di dapur biasanya aku buat capcay kan haris kental sedikit aku pakai maizenaku

    ReplyDelete
  24. Butuh berapa banyak jagung yaa.. untuk bikin tepung maizena?
    Rasanya jagung itu besar tengahnya, pas dipipil mah jadinya sedikiiittt.. Apalagi ditumbuk dan diambil sari pati jagung yang diendapkan.

    Hebat banget orang Indonesia mengolah berbagai jenis bahan makanan agar bisa bermanfaat untuk bahan makanan berikutnya.

    ReplyDelete
  25. Tahunya tepung maizena itu buat pengental ternyata bisa untuk bikin banyak jenis makanan yaa

    ReplyDelete
  26. tepung maizena wajib ada di rumah. Mau untuk kue, sup, capcay pakai maizena, kan. Banyak manfaatnya yah trus harganya juga terjangkau.

    ReplyDelete
  27. Wah, aku pakai tepung maizena seringnya untuk mengentalkan makanan gitu biar semek semek, ihihi. Bisa juga untuk campuran tepung terigu sih ya. Pernah lagi jadi eksperimen anak-anak. Mereka amazed karena kalau dikasih air, permukaannya bisa mengeras gitu xp

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.