Cara melihat Titik Koordinat menggunakan Kompas

Konten [Tampil]

Siapa yang suka mendaki? Suka berpetualang ke alam bebas. Bagi orang yang suka berpetualang dan mendaki gunung tentu menjadi tantangan tersendiri berada di tempat asing yang sebelumnya tidak pernah dikunjungi. Kita harus membaca peta dan menterjemahkan sendiri apa saja informasi yang ada di daerah tersebut. Agar bisa menggunakan kompas untuk melihat keberadaan kita di suatu tempat asing maka carayang dapat dilakukan akan kita bahas pada postingan berikut ini. 



Kegunaan Kompas

Kompas berguna sebagai penunjuk arah digunakan untuk menentukan arah mata angin yang berupa anak panah penunjuk magnetis yang akan membantu navigasi di suatu tempat agar pengguna mendapatkan informasi tentang posisi dan arah mata angin sekaligus koordinat pengguna. 

Kompas banyak digunakan dalam navigasi, penjelajah alam, pendaki gunung, tim SAR, penyelam, anggota Pramuka, traveler, maupun umat muslim untuk menentukan arah kiblat saat solat. 

Kompas juga dapat menjadi penyelamat bagi orang yang tersesat. Dengan kompas kita bisa tau posisi dimana keberadaan dan titik koordinat sehingga dapat diselamatkan oleh pihak pihak yang berwenang. 

Cara Melihat Titik Koordinat

cara melihat titik koordinat dengan menggunakan kompas dapat dilakukan dengan cara meletakkan kompas pada bidang datar lalu melihat arah jarum pada kompas. Jarum akan menunjukkan arah sesuai arah mata angin yang terdiri dari Utara, Selatan, Barat, Timur. 

Cara menggunakan kompas yaitu dengan meletakkan ke depan tubuh kita secara mendatar, lalu lihat arah jarum yang menunjukkan kode U yaitu utara, S adalah selatan, B adalah Barat, dan T adalah Timur. 

Gunakan kompas eiger untuk petunjuk yang lebih akurat sebagai penunjuk arah utara, ) 

Apa yang harus dilakukan jika tidak membawa kompas jika bepergian di suatu tempat yang tidak kita kenal sebelumnya? 

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Meminta Bantuan dari Warga Sekitar

Mencari jejak atau bekas kebun warga sekitar biasanya ada petunjuk jalan karena daerah yang digarap warga akan ada jalan penghubung di sekitarnya. 

Meminta bantuan petugas hutan atau kepolisian/babinsa terdekat

Setiap desa ada perangkat desa yang akan membantu untuk menghubungi pihak kecamatan. Selanjutnya pihak kecamatan memiliki pos Babinsa yang bisa dimintakan pertolongan jika mengalami sesat. 

Mintalah bantuan dengan warga sekitar dan ceritakan kronologis serta tujuan  perjalanan Anda. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.