Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca

Konten [Tampil]
Bumi sudah semakin memprihatinkan. Beberapa dampak yang terjadi antara lain Suhu bumi meningkat secara signifikan di beberapa kurun waktu terakhir, iklim di beberapa bagian bumi terjadi perubahan yang cukup ekstrem. serta gejala alam yang tiba-tiba muncul akibat faktor perubahan iklim dan suhu bumi. Terjadinya Efek rumah kaca juga sangat berdampak bagi bentuk permukaan bumi. Dimana-mana terjadi longsor, gempa dan gunung meletus yang mengakibatkan terjadi perubahan bentuk permukaan bumi. 



Terjadinya efek rumah kaca diakibatkan beberapa faktor antara lain, Penggunaan Pupuk Kimia Berlebihan, Penggunaan Bahan Bakar Minyak Fosil, Penggunaan Bahan Bakar Batubara, Emisi Kendaraan Bermotor, Penggunaan Plastik.

Efek Rumah Kaca akan menyebabkan bumi semakin memprihatinkan dan keberadaan makhluk hidup di bumi akan menjadi terancam. 

Penyebab Efek Rumah Kaca


Terjadinya Efek Rumah Kaca Disebabkan Oleh Beberapa Hal: 

Penggunaan Pupuk Kimia Berlebihan


Penggunaan Pupuk Kimia Berlebihan akan menyebabkan konsentrasi zat kimia yang dilepaskan dari unsur Nitrogen. Nitrogen akan berikatan dengan Oksigen membentuk DiNitrogen Oksida. Nitrogen Oksida adalah gas rumah kaca yang akan meningkatkan suhu bumi.

Penggunaan Bahan Bakar Minyak Fosil


Bahan bakar yang berasal dari fosil berupa minyak  akan mengakibatkan pelepasan zat-zat hasil pembakaran berupa Karbondioksida (CO2) yang dapat menyebabkan suhu bumi meningkat. CO2 akan mengakibatkan terakumulasi diatmosfir menimbulkan efek rumah kaca.

Penggunaan Bahan Bakar Batubara


Bahan bakar baturbara yang digunakan untuk keperluan produksi, pabrik maupun pembangkit listrik akan bereaksi dan melepaskan Karbondioksida (CO2) yang dapat menyebabkan suhu bumi meningkat. CO2 akan mengakibatkan terakumulasi diamosfir menimbulkan efek rumah kaca. 

Emisi Kendaraan Bermotor


Pengguanaan kendaraan bermotor akan menghasilkan zat pembuangan berupa karbondioksida yang terkaumulasi di udara yang akan menaikkan suhu bumi. Kendaraan bermotor baik dari roda dua, roda empat maupun kendaraan barang dan angkutan umum akan semakin banyak melepas gas emisi berbahaya di atmosfir. 

Penggunaan Plastik


Plastik adalah salah satu benda yang sangat banyak kita temukan di kehdupan sehari-hari. Hampir di setiap bidang kehidupan membutuhkan plastik sebagai alat untuk membantu dan memudahkan pengorganisasian berbagai keperluan sehari-hari. Dalam proses pembuatannya plastik membutuhkan banyak sekali bahan bakar yang menghasilkan gas emisi yang dilepas di udara yang akan akan terperangkap dan meningkatkan suhu bumi. Mulai dari pembuatan plastik, pembuangan hingga tahap pengelolaan sampah plastik gas yang dilepas semakin menumpuk di atmosfir. 

Penggunaan Listrik yang Meningkat 


Listrik dihasilkan dari pembangkit listrik dengan berbagai sumber tenaga yang digunakan. Seperti Pembangkit listrik tenaga diesel yang banyak menggunakan bahan bakar batu bara dan minyak bumi. Gas buang yang dihasilkan berupa karbondioksida yang akan dilepas di udara dan mengakibatkan efek rumah kaca. 


Dampak yang akan ditimbulkan dari Efek Rumah Kaca yaitu Meningkatnya suhu bumi, dengan meningkatnya suhu bumi maka efek yang terjadi adalah banyaknya pepohonan yang mati dengan adanya efek panas yang kian meningkat. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.