Menu Makanan 4 Sehat Lima Sempurna

Konten [Tampil]
Siapa yang ingin sehat? Tentu kita semua ingin sehat. Salah satu ikhtiar sehat yaitu dengan memperhatikan menu makanan 4 sehat 5 sempurna sebagai asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sehari-hari. 


Kandungan Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Energi adalah modal manusia beraktivitas, bergerak dan berfikir. Sel-sel membutuhkan karbohidrat untuk tetap bertahan dan melakukan semua aktifitas terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan.

Karbohidrat akan menjadi sumber energi yang banyak kandungannya pada bahan makanan seperti beras, jagung, umbi-umbian, roti, dan sagu. Olahan sumber makanan yang mengandung karbohidrat dapat berupa tepung, mie, sereal, serta berbagai macam pasta.

Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat lebih banyak untuk aktivitas oleh karena itu kebutuhan kita makan makanan yang sunber utama karbohidrat harus dalam porsi yang cukup. 
Kekurangan karbohidrat akan menyebabkan tubuh lemas tidak bertenaga, daya ingat menurun serta mudah mengalami kelelahan.

Protein

Protein adalah sumber utama membangun sel tubuh terutama untuk daya tahan tubuh agar terhindar dari virus dan bakteri. Kekurangan protein akan berdampak pada tubuh yang mudah terserang berbagai penyakit. Protein bersumber dari bahan makanan seperti ikan, kerang, tempe, tahu, udahng, kepiting, daging dan ayam.

Protein sebagai bahan utama pembentukan sel dan regenerasi sel, oleh karena itu protein sangat penting bagi aktivitas sehari-hari. Tubuh yang kurang asupan protein ditandai dengan sering sekali terjangkit penyakit serta kemampuan daya ingat menurun.

Vitamin

Vitamin merupakan asupan penting tubuh untuk melindungi dari penyakit, serta sebagai bahan utama kesehatan kulit, mata, serta organ tubuh. 

Vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Kelebihan vitamin akan mengakibatkan Avitaminosis. Sedangkan kekurangan vitamin akan menyebabkan berbagai penyakit seperti mata, kulit kering, lemahnya imunitas tubuh, dll. Sumber Vitamin ada pada makanan seperti buah-buahan, sayutan hijau, serta kacang-kacangan.

Mineral

Mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup, kandungan mineral seperti Zing, Kalsium, zat besi, Iodium, Selenium, Magnesium, Klorida dibutuhkan untuk berbagai aktivitas sel dan organ.
Mineral akan selalu dibutuhkan oleh tubuh kita meskipun porsinya tidak banyak.

Sumber mineral antara lain berasal dari makanan antara  lain:
  • Ikan salmon yang banyak kandungan kalsium, magnesium, selenium, dan fosfor.
  • Bayam yang banyak kandungan zat besi dan vitamin B. Kacang Hijau banyak kandungan vitamin B
  • Rumput laut banyak kandungan magnesium, copper, zinc, riboflavin, vitamin A, B12, B6 dan C.
  • Kale terdapat banyak sekali kandungan mineral kalium, kalsium, mangan.
  • Kerang-kerangan seperti kerang tiram dan kerang hijau memiliki kandungan tembaga, zat besi, selenium, fosfor, dll.
Susu mengandung banyak nutrisi yang menyempurnakan kebutuhan zat yang dibutuhkan tubuh. Kandungan dalam susu antara lain: Kalsium, natrium, protein, vitamin B6, vitamin D dan zaat besi.  Susu merupakan sumber utama vitamin dan kalsium yang sangat berguna untuk tulang, gigi dan pertumbuhan otak. Selain itu juga susu dapat menjaga kesehatan tubuh serta daya tahan tubuh agar terhindar dari virus. 

Inilah menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang dapat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Menu makanan yang lengkap akan menjadikan tubuh kita sehat bugar dan terhindar dari penyakit. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.