Cara Merawat Lingkungan Agar Asri dan Sejuk

Konten [Tampil]
Iklim global sudah semakin memprihatinkan, di beberapa daerah terjadi bencana alam yang diakibatkam oleh aktivitas manusia yang tidak terkendali. Longsor, banjir, maupun kebakatan hutan yang sebetulnya dapat dihindari apabila semua turut menjaga alam ini. Akibatnya lingkungan yang asri berubah menjadi lingkungan yang menyeramkan dan menakjubkan untuk dihuni. Lalu bagaimana merawat lingkungan agar tetap asri dan sejuk sehingga nyaman ditunggali?

Untuk menciptakan suasana lingkungan yang asri dan nyaman maka beberapa hal berikjt wajib dilakukan oleh kita pribadi bersama sama keluarga dan warga yang mendiami suatu perumahan.

Cara Merawat Lingkungan agar asri dan sejuk


Cara Merawat Lingkungan Asri dan Sejuk

Menanam Pohon Pelindung 

Pohon pelindung sangat penting sebagai penangkal radikal bebas dan polusi udara. Pohon yang dapat ditanam di komplek perumahan seperti pohon buah dan pohon bunga dengan dahan dapat menjadi pilihan. 

Sisakan tanah di halaman depan atau belakang untuk hidup tanaman pelindung. Rawat dengan tidak membiatkan tanamam berdahan banyak yang dapat menghindari bahaya kabel listrik apabila terlalu besar dan tinggi. Dahan pohon pastikan tidak mengganggu kabel listrik atau menghalangi pengguna jalan.

Menanam Bunga dan Buah di Pekarangan Rumah

Tanamlah bungan dan buah di pekarangan, tanaman akan menjadikan rumah terasa asri dan menyerap polusi. Menamam di rumah bisa menggunakan pot maupun di tanam langsung merawat tanaman tidaklah sulit kita hanya rutin menyiram saja, jika memungkinkan memberikan pupuk setiap 3 atau 6 bulan sekali. 

Menanam Sayuran Hijau 

Untuk lahan terbatas bukanlah penghambat bagi kita untuk menanam sayuran. Kita dapat menggunakan ember bekas maupun polibek untuk menamam bawang hijau, tomat dan cabe, serta kangkung maupun selada. Bahan yang digunakan untuk menanam sayuran hijau cukup mudah bisa menggunakan sekam bakar atau tanah kompos/pupuk yang dapat diperoleh di toko tanaman. 

Menanam Pohon Kaya Manfaat

Pohon kaya manfaat adalah pohon yang dapat dimanfaatkan pada jangka waktu yang lama sepweti pohon kelapa, pohon nangka, sukun, bambu, yang dapat menghasilkan buah sepanjang tahun. Pohon bambu bahkan bisa dimanfaatkan beberpaa generasi jika tidak dirusak pertumbuhannya.

Penghijauan di Lahan-lahan Kritis

Coba lihat sekeliling kita masih banyak sekali tanah terlantar yang dapat ditanam pepohonan kaya manfaat sehingga dapat bermanfaat oleh beberapa generasi. Sebaiknya kita tidak membiarkan tanah tersebut terlantar dan menamamnya dengan berbagai tanaman. Selain itu pesisir pantai yang telihat gersang juga bisa ditanam dengan pohon kelapa maupun pohin cemara yang jyga bermanvaat untuk mencegah abrasi pantai saat pasang surut air laut.

Inilah cara merawat lingkungan asri dn sejuk yang dapat kita lakungan sebagai penghuni bumi. Semoga bumi yang kita tinggali ini dapat lebih lama bertahan sampai anak cucu nanti.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.