Beriman Kepada Allah dan Malaikat

Konten [Tampil]
Beriman Kepada Allah dan Malaikat

Rukun iman merupakan pilar-pilar keimanan dalam agama Islam yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Rukun iman terdir dari 6 pilar, yakni beriman kepada Allah, beriman kepada malaikat, beriman kepada kitab-kitab allah, beriman kepada rasul, beriman kepada hari kiamat, beriman kepada qada dan qodar. 



Nah, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang beriman kepada Allah dan malaikat sebagai berikut.

Beriman Kepada Allah 

Iman kepada Allah Ta‘ala merupakan asas dan pokok akan adanya keimanan kepada kitab-Nya. Yaitu, keyakinan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Tuhan dan pemilik segala sesuatu. Untuk mengenal Allah, kita harus mengetahui sifat-sifat Allah. Berikut beberapa sifat Allah yang harus diketahui:

  1. Wujud (Ada)

Sifat wajib Allah pertama yang harus anda ketahui adalah wujud yang artinya ada. Wujud disini artinya Allah itu zat yang pasti ada. Dia berdiri sendiri, tidak diciptakan oleh siapapun dan tidak ada Tuhan selain Allah Ta’ala. 

Lalu apa buktinya kalau Allah itu ada? Adapun bukti adanya Allah adalah Allah menciptakan alam semesta ini dan semua makhluk hidup di muka bumi. Dalam hal ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surat As-Sajadah :

“Allah-lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya dalam enam masa, kemudian Ia bersemayam di atas ‘Arsy. Tidak ada bagi kamu selain daripada-Nya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa’at. Maka kamu tidak memperhatikan?” (QS. As-Sajadah : 4)

“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku,” (QS. Thaha : 14). 

  1. Qidam (Terdahulu/Awal)

Sifat wajib Allah selanjutnya adalah Qidam yang artinya terdahulu. Jadi, Allah adalah Sang pencipta yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Sebagai pencipta, tentunya Allah ada lebih dahulu daripada segala sesuatu yang diciptakan-Nya. Maka dari itu, tidak ada pendahulu atau yang mengawali selain Allah Subhana wa Ta’ala sendiri.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Dialah Yang Awal dan Akhir, Yang Zhahir dan Yang Bathin, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Hadid : 3). 

Beriman Kepada Malaikat 

Beriman kepada Malaikat artinya meyakini bahwa Allah telah menciptakan malaikat. Ada banyak malaikat yang diciptakan Allah, tapi hanya ada 10 saja yang wajib diimani oleh kita sebagai umat muslim. 

Nama Malaikat dan Tugasnya

  1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril memiki tugas utama untuk menyampaikan wahyu dari Allah Subhana wa Ta’ala kepada para Nabi dan Rasul. 

Setelah sudah tidak ada lagi Nabi dan Rasul, karena Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai Nabi dan Rasul terakhir sudah meninggal dunia berabad-abad yang lalu, maka tugas Malaikat Jibril sekarang ini adalah meniupkan ruh pada setiap janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, Malaikat Jibril juga bertugas sebagai pemimpin para malaikat lainnya.

  1. Malaikat Mikail

Tugas utama dari Malaikat Mikail adalah untuk mengatur hujan, angin, dan tanaman. Semua tugas tersebut dilakukan oleh Malaikat Mikail tentunya atas izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

  1. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas utama untuk meniupkan sangkakala (terompet) pada hari kiamat nanti. Dengan ditiupnya sangkakala tersebut atas perintah Allah Subhana wa Ta’ala maka saat itu juga akan terjadi kiamat yang membuat semua makhluk yang bernyawa akan mati dan alam semesta pun akan hancur lebur.  

Setelah alam semesta hancur dan semua makhluk mati, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memerintahkan kembali Malaikat Israfil untuk meniup terompet yang kedua kalinya. Tiupan terompet yang kedua ini akan membangkitkan semua makhluk hidup yang mati. Inilah yang disebut sebagai hari kebangkitan.

  1. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail ini memiliki tugas untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. 

  1. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar akan mendatangai orang yang durhaka, banyak dosa, dan orang-orang kafir.

  1. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir ini akan mendatangi orang yang banyak beramal soleh selama hidupnya. 

  1. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib ini memiliki tugas utama untuk mencatat amal baik yang dilakukan oleh manusia selama hidupnya.

  1. Malaikat Atid

Malaikat Atib ini memiliki tugas utama untuk mencatat amal buruk yang dilakukan oleh manusia selama hidupnya.

  1. Malaikat Malik

Malaikat Malik ini memiliki tugas utama untuk menjaga pintu neraka. 

  1. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan ini memiliki tugas utama untuk menjaga pintu surga. 


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.