Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Harus Diketahui

Konten [Tampil]

Radang Tenggorokan bisa datang kapan saja dan dapat menyerang siapa saja. Oleh karenanya kamu harus mampu mengenal ciri ciri radang tenggorokan agar bisa ditangani dengan cepat dan tidak semakin memburuk.

Penyebab paling sering radang tenggorokan yaitu virus seperti pilek, beberapa penyebab lainnya seperti berteriak terlalu kencang, alergi terlalu banyak konsumsi alkohol, merokok, infeksi difteri, alergi, GERD, dan masih banyak lagi.



Umumnya radang tenggorokan akan mereda dengan sendirinya setelah berlangsung beberapa lama. Tapi apabila kamu mengabaikan ciri-ciri radang tenggorokan maka akan menyebabkan radang tenggorokan kamu memburuk.

Salah satu cirinya yang sering dirasakan banyak orang adalah kesulitan menelan, suara serak, serta rasa nyeri pada tenggorokan. Apabila kamu merasakan hal tersebut kamu perlu berkonsultasi kepada dokter.

Apabila kamu tidak memiliki banyak waktu luang untuk bepergian kamu bisa berkonsultasi ke dokter melalui aplikasi klikdokter kamu dapat download di sini. Dengan cara tersebut konsultasi mu menjadi lebih cepat, dan keluhan kamu akan terjawab.

Berikut dibawah ini adalah ciri-ciri radang tenggorokan yang wajib kamu ketahui. Silahkan disimak dengan baik!

  1. Ciri-ciri Radang Tenggorokan Pada Orang Dewasa

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya radang tenggorokan dapat menyerang siapa saja. Nah, dibawah ini adalah ciri radang tenggorokan yang akan dirasakan pada orang dewasa:

  1. Suara serak

  2. Suara hilang atau sulit berbicara

  3. Sakit dan nyeri pada tenggorokan

  4. Demam

  5. Batuk terus menerus

  6. Kering pada tenggorokan

Ciri-ciri radang tenggorokan ini merupakan gejala yang muncul tiba-tiba bahkan akan menjadi lebih parah setelah 2- 3 hari. Biasanya radang tenggorokan akan diikuti dengan penyakit lainnya yaitu pilek, sakit kepala, sakit ketika menelan, dan badan terasa lelah atau tidak enak badan.

Apabila ciri-ciri radang tenggorokan tersebut tidak juga hilang selama 7 hari. Kamu wajib untuk memeriksakan diri kamu ke dokter agar tidak semakin memburuk.

  1. Ciri-ciri Radang Tenggorokan Pada Anak

Radang tenggorokan yang menyerang anak-anak biasanya memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan orang dewasa. Kamu wajib mengetahui ciri-ciri radang tenggorokan pada anak, karena anak tidak bisa ngungkapin rasa sakitnya, berikut adalah ciri-cirinya:

  1. Suara serak

  2. Demam

  3. Batuk dengan suara kasar

Ciri-ciri radang tenggorokan diatas merupakan gejala awal yang muncul pada radang tenggorokan. Kamu harus segera membawa anak ke dokter untuk ditangani lebih lanjut apabila memiliki ciri-ciri radang tenggorokan seperti demam diatas 29 derajat celcius, napas bersuara nyaring, kondisi ini menunjukkan adanya peradangan pada jaringan trakea atau epiglotis.

 Epiglotis parahnya dapat mengancam jiwa anak kamu. Jadi kamu harus segera memberinya penanganan lebih lanjut.

  1. Ciri-ciri Radang Tenggorokan Umum

Radang Tenggorokan sering juga disebut kondisi faringitis yaitu ketika peradangan terjadi pada bagian belakang tenggorokan atau faring. Radang tenggorokan juga akan menyerang orang sekitarnya, dimana peradangan akan terjadi secara bersamaan.

Biasanya peradangan pada tenggorokan akan membaik sekitar 10 hari tanpa pengobatan. Ciri-ciri radang tenggorokan umum yang wajib kamu tahu agar segera menanganinya, yaitu:

  • Sulit menelan karena tenggorokan terasa sakit

  • Tenggorokan terasa kering

  • Demam ringan yang muncul tiba-tiba

  • Sakit saat berbicara

  • Ada batuk yang mengganggu

  • Di sekitar leher ada pembengkakan kelenjar getah bening

Apabila lebih dari 10 hari radang tenggorokan kamu semakin parah, kamu harus segera memeriksakan kondisi kamu ke dokter. Karena radang tenggorokan akan membuat kondisi parah lainnya seperti amandel bernanah, sulit membuka mulut, liur berdarah, nyeri telinga, bengkak pada wajah dan leher, dan demam tinggi.

  1. Penyebab Radang Tenggorokan

Agar kamu dapat terhindar dari radang tenggorokan. Kamu harus mengetahui penyebab apa saja yang menyebabkan radang tenggorokan, agar kamu lebih waspada dan dapat menghindarinya sebaik mungkin.

  1. Infeksi Bakteri

Bakteri yang biasanya memberi infeksi pada tenggorokan yaitu streptococcus. Infeksi bakteri merupakan penyebab 40% radang tenggorokan pada anak-anak.

  1. Alergi

Alergi yang diakibatkan karena bulu hewan, serbuk sari, rumput, akan membuat kekebalan tubuh bereaksi yang melepaskan bahan kimia kemudian menimbulkan gejala yang menyebabkan radang tenggorokan. Seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, mata berair, dan iritasi pada tenggorokan.

Lendir yang berlebihan pada hidung tersebut akan masuk ke tenggorokan, sehingga membuat tenggorokan teriritasi dan akhirnya menyebabkan radang tenggorokan.

  1. Udara Kering

Udara kering akan membuat kelembapan pada mulut berkurang yang akhirnya membuat tenggorokan menjadi gatal dan kering. 

  1. Cara Mencegah Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan memang sulit dihindari dan dapat menyerang siapa saja. Tapi, kamu tetap dapat melakukan pencegahan agar semakin meminimalisir resiko radang tenggorokan.

  1. Cuci Tangan

Cuci tangan merupakan cara yang sangat ampuh untuk mencegah radang tenggorokan. Karena biasanya virus dan bakteri akan menempel pada tangan, apabila kamu membersihkan atau mencuci tangan kamu sebelum makan dan beraktivitas lainnya maka akan meminimalisir virus dan bakteri masuk ke dalam tubuhmkamu. Kamu bisa menggunakan sabun cuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer.

  1. Saat Bersin Menutup Mulut

Cara pencegahan radang tenggorokan berikutnya dengan ketika bersin kamu menutup mulut. Cara ini sangat efektif karena air liur yang keluar dari bersin tersebut bisa saja terdapat bakteri dan virus yang menyebabkan radang tenggorokan.

Oleh karenanya kamu juga harus menjauhi orang yang sedang bersin-bersin. Jangan lupa ajari anak kamu untuk menutup mulut ketika bersin.

  1. Tidak Berbagi Barang Pribadi

Pencegahan radang tenggorokan berikutnya yaitu tidak berbagi barang pribadi seperti peralatan makan kepada orang yang sedang sakit. Kamu juga harus mencuci peralatan tersebut dengan sabun dan air panas apabila sudah terlanjur terkontaminasi.

Demikianlah informasi ciri-ciri radang tenggorokan yang harus kamu waspadai agar kamu dapat melakukan pencegahan dan menghindari penyebab radang tenggorokan.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.