Belajar Coding Anak di Hacktiv8

Konten [Tampil]
"De, Yuk ikutan, seru nih!"

Si adek menghampiri laptop yang mulai menyala sejak 30 menit yang lalu. Acara Zoom yang kami ikuti tentang Bagaimana Membuat game untuk Melatih Motorik Anak bersama Hacktiv8 sangat menarik perhatiannya. Apalagi teman-teman yang ada di zoom rata-rata sama usianya 9-13 tahun. Seru sekali. Mereka mengikuti Zoom dengan riang gembira. Kadang berebut menjawab pertanyaan kakak tutor. Membuat game dengan belajar coding memang membutuhkan kesabaran apalagi anak-anak memiliki kreativitas yang luar biasa. Aku perhatikan antusiasme anak-anak di zoom sangat tinggi. Arahan dari tutor sangat cepat mereka mengerti. 

Belajar Coding Untuk Anak

Manfaat belajar coding untuk anak



Durasi Zoom belajar coding untuk anak yang diadakan Hacktiv8 ini terasa sangat singkat dengan aktivitas ilmu yang demikian bergizi ini. Waktu satu jam tidak terasa dan tau-tau sudah selesai aja. Anak-anak yang mengikuti zoom sangat aktif padahal masih sangat antusias untuk belajar coding untuk anak.

Kursus Coding untuk Anak


Kursus Coding untuk anak sangat baik untuk anak-anak yang memiliki ketertarikan dengan dunia digital. Terutama game. Namun bukan berarti anak-anak yang tidak menyukai game tidak tertarik dengan kursus coding loh, Bunda. Bisa saja ada anak yang tidak tertarik memainkan game namun dia sangat tertarik untuk menjadi pembuat game, terutama belajar coding. Anak-anak yang memiliki kecenderungan mengutak-atik sesuatu, bongkar pasang, dan membuat sesuatu yang baru tentu lebih tertarik untuk belajar coding. 

Ghaisan (9) anakku memang baru mengenal dunia coding. Namun ketertarikannya dengan aktivitas membuat game ini memuatku berfikir untuk memfasilitasinya belajar coding dengan mengikuti kursus coding untuk anak. Apalagi anak-anak sekarang sangat haus dengan sesuatu yang baru. 


Belajar Coding untuk Anak SD-SMP


Usia SD-SMP adalah masa yang tepat bagi anak-anak untuk belajar coding karena usia mereka sedang dalam tahap keingintahuan dan eksplore lebih dalam tentang sesuatu yang baru. Sehingga ide-ide baru secara cepat muncul dan membuat kita tercengang dengan kreativitas yang mereka ciptakan. Belajar coding untuk anak SD-SMP dimulai dari usia 9-15 tahun membutuhkan tutor yang dapat mengarahkan mereka sehingga menjadi lebih baik proses membuat karya game-nya. 

Les coding anak



Belajar coding untuk anak SD-SMP memiliki tujuan yang sangat baik untuk perkembangan kompetensi dan softskill mereka. Apalagi saat ini softskill game developer, desain 3D sangat dibutuhkan di dunia kerja. Sehingga kelak jika mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi maupun dunia kerja tinggal mengasah kompetensi yang telah mereka miliki.  

Les Coding Anak


Jika anak memiliki ketertarikan yang sangat tinggi untuk belajar coding memang memfasilitasi keinginan anak adalah tugas orang tua agar minatnya tersalurkan dengan baik. Les coding anak adalah pilihan yang tepat. Anak dapat menyalurkan minat dan bakatnya dengan mengikuti belajar coding bersama teman-teman seusianya. 

Belajar coding untuk anak SD-SMP



Les Coding Anak juga memiliki manfaat mengisi waktu luang anak dengan kegiatan yang bermanfaat Apalagi sekarang anak-anak memiliki waktu yang cukup luang di rumah akibat pembelajaran yang belum sepenuhnya fullday. Anak-anak akan memiliki waktu yang banyak berinteraksi dengan gadget secara bebas terutama bagi orang tua yang bekerja, sehingga memiliki waktu yang singkat di rumah. Memang mengalihkan perhatian anak ke coding adalah salah satu solusi untuk mencegah anak mengakses konten negatif di gadget.

Sekolah Coding Anak


Cara lain untuk belajar coding adalah dengan memasukkan ke sekolah coding anak. Sekolah coding anak dapat diikuti diluar jam pelajaran disekolah namun dengan program yang lebih terarah. Sekolah coding anak menjadi pilihan orang tua yang menginginkan putra-putrinya secara intens mendalami sofstkill coding. Sekolah coding memiliki kurikulum yang dapat membimbing anak mendapatkan kompetensi coding dengan baik. 

Diantara sekolah coding yang terbaik yang dapat menjadi rujukan orang tua untuk memfasilitasi minat anak terhadap coding antara lain HacktivKidz yang memiliki visi mendukung imajinasi anak untuk berkreasi membuat program dengan karakter dan imajinasi.

Mengapa Belajar Coding?


Coding sangat dibutuhkan untuk masa depan diantaranya adalah sebagai berikut: 

Bahasa Pokok Masa Depan


Di masa depan coding adalah bahasa pemograman yang dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas manusia. Sehingga belajar coding menjadi penting untuk dikuasai anak. 

Menumbuhkan kreativitas anak


Dengan belajar koding anak akan berkreasi sesuai dengan apa yang ada dalam imajinasinya. Koding dapat menumbuhkan kreativitas anak, mereka bebas untuk mengeksplore imajinasinya dan mewujudkan dalam bentuk permainan yang mengasyikkan. 

Skill Jangka Panjang


Belajar coding anak merupakan skill jangka panjang yang diperlukan oleh masa depan. Kemampuan menguasai bahasa pemograman koding adalah skill yang sangat diperlukan jangka panjang. 

Membantu Anak Berinovasi


Belajar Koding akan membantu anak berinovasi dan terus mengembangkan imajinasi mereka. Anak-anak sendiri memiliki daya imajinasi yang banyak sehingga perlu tempat untuk menyalurkan daya imajinasinya dengan coding. 

Mampu Berpikir Logika


Coding akan merangsang logika anak terus berkembang sehingga anak akan terbiasa mengasah logika. Logika akan sangat dibutuhkan di masa depan mereka dalam banyak bidang, termasuk mengambil keputusan, dan kepemimpinan. 

Menjadikan Anak Problem Solver


Coding dapat menjadikan anak problem Solver karena tujuan dari koding sendiri adalam membantu menyelesaikan masalah yang sering dihadapi di kehidupan sehari-hari. 


Manfaat Belajar Coding untuk Anak


Manfaat belajar coding untuk anak sangat besar untuk masa depan mereka. Apalagi di masa depan skill coding termasuk salah satu skill yang paling di cari oleh banyak perusahaan IT maupun perusahaan multimedia. 

selain itu manfaat belajar coding untuk anak dapat melatih kesabaran, ketelitian dan kreativitas anak sehingga akan terus menjadi skill yang menjadi kebanggaannya. 


Tentang  HACKTIVKIDZ

Salah satu tempat belajar coding anak adalah Hacktivkidz. Anak-anak dapat mengikuti berbagai kelas coding sesuai dengan minat mereka. Kelas koding anak di Hacktivkidz akan menjadi pilihan orang tua masa depan dalam mengasah kemampuan koding anak yang sangat berguna untuk masa depan mer

Cara mengikuti Belajar Coding Anak

Kursus coding untuk anak


Cara mengikuti Belajar coding anak di Hacktivkidz dengan mengikuti kelas trial gratis Pendaftaran kelas Trial gratis ini dibuka tanggal 18 Desember 2021. Segera daftarkan putra-putri Anda ya Moms, jangan sampai ketinggalan. 

Belajar Coding di Hacktivkidz

sekolah coding anak



Pilihan belajar coding di Hacktivkidz sangat tepat. Hacktivkidz merupakan website yang membantu anak-anak untuk menguasai coding, belajar bersama tutor yang menyenangkan. Materi yang diberikan juga seusia dengan tahapan usia anak dan kemampuan berpikir mereka yang masih dalam tahap perkembangan. 

Project Anak HACKTIVKIDZ


Beberapa project anak di Hacktivkidz antara lain Finding Nemi, Math Game dan City Walk. Permainan Finding Nemi tentu sangat mengasyikkan untuk anak. Animasi ikan yang biasa mereka tonton di televisi dapat dibuat melalui belajar coding anak di Hacktivkidz. Anak akan diarahkan bagaimana memulai membuat karya berupa animasi game Finding Nemi

Project anak lainnya adalah Math Game. Merupakan sebuah game yang dapat mengasah kemampuan berhitung sambil bermain dengan menjawab pertanyaan yang diberikan karakter landak. Anak-anak suka dengan permainan sederhana Math Game. 

City Walk adalah project anak berupa game yang dapat menggerakkan karakter manusia untuk berkeliling kota dan bertemu dengan teman-temannya. Anak diajak untuk membuat animasi manusia yang dapat digerakkan berkeliling kota. 

review HACKTIVKIDZ



Hacktivkidz adalah sekolah  belajar coding untuk anak yang dapat diikuti oleh anak usia SD-SMP. Usia SD dan SMP merupakan masa-masa perkembangan otak dan menemukan hal-hal baru yang dapat menumbuhkan kreativitas mereka. 

Menumbuhkan kreativitas berpikir anak lewat coding memang membutuhkan dukungan penuh dari orang tua. Belajar coding sendiri membutuhkan fasilitas memadai seperti laptop atau pc yang dapat suport program coding serta jaringan internet yang stabil untuk memudahkan aktivitas dornload dan upload baik gambar maupun video yang nantinya dibutuhkan. 

Review Hacktivkidz


Sebagai orang tua yang memiliki anak usia SD, aku sendiri merasa terbantu dengan pembelajaran coding di Hacktivkidz. Review Hacktivkidz pada artikel ini menggambarkan bagaimana kurikulum di Hacktivkidz memiliki banyak program untuk membantu anak belajar coding. Dengan bantuan kurikulum Hacktivkidz anak-anak yang belajar coding akan diajak berkreasi membuat game menarik. 

Selain itu tutor di Hacktivkidz yang merupakan ahli IT menyajikan pembelajaran yang menarik sesuai dengan minat anak usia SD-SMP. Banyak testimoni dari orang tua alumni Hacktivkidz yang memuaskan mengenai review Hacktivkidz yang dapat dijadikan rujukan.

Kurikulum Hacktivkidz


Di Hacktivkidz akan diajarkan tentang beberapa hal yaitu Animation, Art dan Games. 

Animation


Kurikulum yang pertama yang diajarkan di Hacktivkidz adalah Animation. Di sini akan dipelari tentang:

  • Belajar block coding dengan animasi.
  • Pengenalan dasar coding.
  • Membuat animasi dengan aplikasi Pictoblox.
  • Memberikan efek suara pada animasi.
  • Membuat program animasi dengan storytelling.

Art


Selanjutnya Hacktivkidz juga melatih anak dengan Art. Dengan kurikulum yang akan diajarkan adalah sebagai berikut:

  • Belajar menggambar dengan coding
  • Memainkan efek suara pada animasi
  • Menggambar animasi dengan aplikasi Pictoblox
  • Memberikan latar dengan animasi.

Games


Kurikulum yang diajarkan lainnya adalah membuat games. Yang akan diajarkan adalah:

  • Belajar logika programing
  • Mengenalkam konsep komputer untuk membuat game
  • Praktik coding dasar untuk membuat game
  • Membuat game sederhana dengan aplikasi Pictoblox
  • Membuat beragam game dengan storytelling.

Hacktiv8 terdaftar di CIRR


Hacktiv8 terdaftar di Counsul in Integrity in results and Reporting(CIRR). CIRR sendiri adalah standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada siswa.  

Perjalanan Karir Lulusan Hacktiv8


Anak-anak yang telah mengikuti belajar coding di Hacktiv8 memiliki jenjang karir yang terarah. Ada beberapa bidang yang membutuhkan mereka antara lain ada 22,1% mendalami bidang Front-End Engineer, 19,1% Full-Stack Engineer, 16,2% dibidang Software Engineer, dan 12,3% membidangi Back-End Engineer, sebesar 7,8% menggeluti bidang Instructor. 

Selain itu banyak perusahaan-perusahaan yang merekrut lulusan Hacktiv8 seperti Xendit, qlue, Hijup, cekaja, dll. 

First Impression Belajar coding


Pertama kali belajar coding bersama tutor Hacktivkidz, Ghaisan cukup antusias karena dia memang sangat tertarik dengan game di smartphone. Game sederhana yang dikenalkan pada zoom adalah tentang virus corona. Ia tertawa senang saat virus nya kekiri ke kanan ke atas dan kebawah lalu menghilang saat disentuh jarum suntik. 

Langkah Pertama Membuat Game Virus Corona


  1. Buka aplikasi Scratch.mit.edu
  2. Klik Buat untuk memulai membuat game animasi
  3. Selanjutnya Anda bisa melihat video tutorial yang ada di layar aplikasi.
  4. Pada tampilan layar akan ada animasi yang dapat Anda pilih. Pertama gerakkan kursor berwarna biru dengan ikon move. Tarik ke tengah layar (pada bagian putih). download dulu gambar animasi yang diinginkan. 
  5. Selanjutnya cari ikon berwarna ungu untuk memasukkan sound atau suara. Seret ke tengah layar satukan dengan ikon yang pertama tadi.
  6. Lalu Cari ikon warna kuning "when" kemudian satukan dengan memblok ikon yang telah diambil sebelumnya. 
  7. Kita bisa mengembangkan berbagai jenis game dengan banyak kreativitas. 

Nah, mudah sekali bukan, Anak-anak pasti senang belajar coding jika lebih intens nantinya mereka menjadi lebih pintar dan punya skill yang mumpuni di bidang coding. 

52 comments

  1. yes setuju banget kalo usia SD-SMP adalah masa yang tepat bagi anak-anak untuk belajar coding karena usia mereka sedang dalam tahap keingintahuan dan eksplore lebih dalam tentang sesuatu yang baru.

    ReplyDelete
  2. Kelas trial gratisnya untuk berapa kali kelas mbak? Ini kelas privat atau banyak temennya? Pengen banget nih ngajakin anakku untuk belajar coding. Kelihatannya asyik ya, dan bisa menambah softskill juga

    ReplyDelete
  3. Nah ini nih sekolah coding untuk anak recommended. Pas banget baca ini akunya juga abis baca grup komplek ada ibu2 yang cari kelas coding buat anaknya. Peminatnya ternyata banyak juga ya, dan memang ada banyak juga yang punya minat bikin game walau tak gemar bermain game.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tren nya sekarang gitu ya. Beda zaman kita dulu mak mak pada cari anak ke lapangan bola haha

      Delete
  4. Coding ternyata semenarik itu ya... kalau ngga cuma angka sih anak bakal sneneg. kurikulum hacktiv8 juga oke ya, ramah anak. apalagi udah terdaftar di CIRR. mantab

    ReplyDelete
  5. Waktu yang singkat ini Cocok ya mbak untuk anak-anak yang mudah bosan, apalagi ikutan webinar. Sepertinya kemampuan ngoding ini nantinya bakal jadi tren baru di dunia digital mbak, kayak mempersiapkan anak-anak untuk bisa beradaptasi dengan era digitalisasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banhet nih mak, mumpung musim liburan nih

      Delete
  6. Skill coding menurutku memang penting sih di era digital teknologi seperti saat ini. Makanya kemarin anakku juga ikut trial dari Hacktiv8 lho. Dan pada semangat gitu.

    ReplyDelete
  7. Memang bagus sih belajar coding apalagi sekarang era digital, semenjak pandemi pekerjaan di bidang IT sangat di butuhkan

    ReplyDelete
  8. Nah iya nih, ternyata coding berkaitan dengan logika ya. Jadi harus kuat-kuatan logika gitu. Mumpung masih anak-anak, akhirnya terbiasa nih untuk merangsang dan mengasah logika anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logika anak masih bisa diasah dengan cara yang benar dan terstruktur

      Delete
  9. Belajar coding jadi semangat menyenangkan ya mba. Anak juga suka pastinya :)

    ReplyDelete
  10. Ponakan ku gemar sekali main game mba, pernah ditawari suami ikutan kelas coding untuk bikin game langsung semangat karena saking penasaran nya. Keren ya Hacktiv8, ikut coding disini ada jenjang karir juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya anak sudah paham yanh mereka inginkan

      Delete
  11. Buat orang tua yang ingin anaknya belajar coding, bisa banget nih masuk ke kelasnya Hacktivkidz. Udah gitu, memiliki 3 kurikulum keren pula, Animation, Art dan Games.

    Bagus nih, biar anak makin banyak kreatif dan mengembangkan ide-idenya.

    ReplyDelete
  12. Mungkin karena anak-anak ini gak membayangkan kesulitan coding yaa..
    Jadi terlihat bahagia dan jadi mudah Melatih Motorik Anak bersama Hacktiv8.

    Aku salut dengan projectnya. Ini menandakan anak kreatif dan imajinatif lalu paham materi dan diwujudkan dalam bentuk project.
    Kereen~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mereka cepet banget pahamnya, emaknya masih nge lag aja

      Delete
  13. wah seru juga ya mbak, bisa belajar coding di HacktivKidz ini
    emang anak anak sekarang tu hobinya ngecoding

    ReplyDelete
  14. senangnya ada kurikulumnya ya mba jadi anak-anak bisa ada gambaran nanti bikin codingnya seperti apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener nih kita bisa mengarahkan anak juga

      Delete
  15. Mantap ini ikutan kelas coding, semangat ya juga bisa sekalian belajar bahasa Inggris yah kan, nanti bisa bikin banyak projek dan mengasah imajinasi

    ReplyDelete
  16. asyik nih ada trial class coding gratisnya, bulan depan ada gak ya mba? ingin ikutan kelas trialnya untuk anak saya

    ReplyDelete
  17. Belajar coding memang melatih anak selain berpikir kreatif juga mengembangkan logikanya ya mbak?
    Bagus juga nih kyknya kursusan codingnya, sampai ada jenjang karirnya gtu, berarti gak cuma buat anak kecil utk yang agak besaran usia2 SMA kuliahan jg ada ya kelasnya?

    ReplyDelete
  18. Seru banget nih belajar coding di Hactiv buat anak, pengen deh anakku bdlajar di sini juga kalau dah cukup umurnya

    ReplyDelete
  19. Iya seru banget ikutan kelas coding di Hacktiv8 ya mbak, anakku juga suka banget dia. karena akhirnya bisa bikin game sendiri.

    ReplyDelete
  20. ga cuma main game sampai ibu teriak-teriak yaa. Di Hacktiv8 anak bisa belajar coding, buat game sendiri. Ah tentunya makin bangga dengan game buatan sendiri apalagi nantinya bisa dimainkan teman-temannya. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul nih, bisa buat game aja ibuk udah senang

      Delete
  21. Anakku tuh suka banget main game, aku kepikiran nyari tempat les coding gini. Tapi usainya baru 7 tahun, nunggu 2 tahun lagi nih bisa daftar ke Hacktiv8

    ReplyDelete
  22. oke juga ya mbak berarti. soalnya ada pilihan lain selain bikin games misalnya. jadi penasaran nih mbak sama biayanya untuk belajar coding di Hacktiv8. Boleh di share mbak?

    ReplyDelete
  23. Jaman canggih seperti sekarang menguasai ilmu coding memang bakal jadi keahlian sepanjang masa. Akan ada banyak pekerjaan yang membutuhkan ahli ilmu coding. Jadi kesempatan juga nih untuk anak-anak jaman sekarang supaya bisa menguasai ilmunya dari awal

    ReplyDelete
  24. Iri banget sama anak-anak jaman sekarang yang udah bisa terfasilitasi lebih mudah untuk belajar coding sejak dini. Keren banget sih kalau bisa ikutan programnya. InsyaAllah bakal kepake banget ilmu coding ini karena teknologi digital juga makin berkembang dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih jaman kita dulu cukup main tali ama congkak ye

      Delete
  25. Coding imenjadi ilmu terapan yang sangat bermanfaat bagi anak di masa kini dan masa depan. Mungkin mmalah jadi ilmu wajib jika bergerak di bidang pekerjaan yang berkaitan dengan digital

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.