Cara Menghilangkan Bau Kaki setelah Seharian Menggunakan Sepatu

Konten [Tampil]
Setelah beraktivitas seharian pernah tidak kita memperhatikan bagian kaki? Apa yang terjadi dengan kaki kita? Ya betul kaki agak sedikit berbau tidak sedap. Lebih parah lagi apabila kita memperhatikan cara merawat sepatu dengan baik tentu akan timbul baubyang tidak sedap pada kaki setelah memakai sepatu. Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara menghilangkan bau kaki setelah beraktivitas menggunakan sepatu.


Cara Menghilangkan Bau Kaki 

Kenali Jenis Sepatu


Sepatu memiliki jenis yang berbeda ada sepatu yang berbahan kulit, berbahan sintetis, kain, maupun plastik. Masing-masing jenis sepatu akan membutuhkan perawatan yang berbeda. Sepatu yang berbahan kulit membutuhkan perawatan yang lebih karena sifat kulit yang retan terhadap pertumbuhan jamur dan bakteri. Namun bukan berarti sepatu yang berbahan kain tidak perlu perawatan, hanya saja perbedaan cara merawat sepatu yang benar akan membuat sepatu Anda awet.

Rajin Membersihkan Kaki


Kaki adalah bagian tubuh yang sering diabaikan kebersihannya namun sangat retan terkena penyakit. Karena letak kaki di bawah dan ada bagian kuku yang menghadap keatas sehingga menjadi bagian yang rawan sebagai tempat berkumpulnya kuman penyakit. Terutama daerah kuku kaki. Hendaknya setiap kali mandi jangan pernah melupakan menggosok kuku kaki terutama bagian ibu jari dan sela-sela jari.

Rutin Mencuci Sepatu


Setelah beraktivitas jangan lupa mencuci sepatu terutama bagian dalam sepatu. Bagian dalam sepatu merupakan bagian yang sulit dibersihkan karena bentuknya menyempit dan tertutup. Karena itulah menjadi bagian yang paling nyaman ditumbuhi kateri dan jamur penyebab bau. Selain itu ada bagian sepatu yang berupa alas sepatu yang bersentuhan langsung dengan kaki bisa dilepas pasang. Anda bisa melepas lalu membersihkannya di luar dengan mudah. 

Cucilah sepatu setidaknya sepekan sekali terutama sepatu yang rutin dipakai saat beraktivitas. 

Mengganti Sepatu 


Apabila sepatu digunakan setelah seharian penuh sebaiknya tidak digunakan keesokan harinya. Ganti sepatu dihari berikutnya agar sepatu bisa dicuci dan dikeringkan dengan baik. Tidak perlu sepatu mahal jika memang kebutuhan Anda menggunakan sepatu tiap hari, yang penting bisa berganti dengan sepatu bersih.

Menggunakan Kaus Kaki


Gunakan kaus kaki yang bersih dan kering saat menggunakan sepatu penting karena menjaga kaki terhindar dari bakteri dan kuman yang dapat menimbulkan bau pada kaki. Selain itu kaos kaki juga dapat sering diganti dan dicuci saat telah digunakan. Penting juga mencari tau bahan kaus kaki yang baik untuk kulit menyerap keringat serta berbahan halus sehingga nyaman saat digunakan.

Menggunakan Antiseptik untuk Kaki dan Sepatu


Semprotkan antiseptik pada sepatu untuk menghambat perkembangbiakan bakteri pada area dalam sepatu. Bakteri penyebab bau kaki muncul karena kondisi sepatu maupun kaki dalam keadaan lembab dan kotor. Terutama pada musim hujan dimana sepatu paling retan terkena air hujan.

Nah, ingat selalu kebersihan badan kita terutama kaki dan sepatu. Selamat mencoba! Stay healthy!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.