Keluarga Jempolan Melek Teknologi

Konten [Tampil]
Roda zaman kian berputar kecanggihan teknologi semakin menampakkan taringnya. Tenaga kerja manusia hampir tidak berfungsi dikalahkan oleh mesin apalagi sekarang sejak ditemukannya Artificial Intelegensia (AI) semua lini kehidupan menjadi tergantung dengan mesin. Bisakah kita para orang tua berpacu dengan kemajuan teknologi yang kian berlari melesat jauh? Untuk itulah kita sebagai orang tua dituntut agar bisa menyelaraskan dengan arus perkembangan zaman. Kita tidak ketinggalan namun juga wajib mengedepankan akhlak, kita tidak kudet namun juga wajib menjaga adab. Sungguh menjadi Keluarga Jempolan inilah yang diharapkan.



Tantangan Orang Tua saat ini


Melek Teknologi


Membesarkan anak di zaman teknologi menuntut kita para orang tua wajib menguasai skill yang berkaitan dengan teknologi. Punya Smartphone yang mampu untuk menjadi fasilitas belajar anak, memiliki kemampuan komunikasi yang baik di media sosial, mesti melek segala aplikasi yang mendukung tugas belajar anak.

Jika kita santai tidak mengupgrade diri tentunya anak akan bertambah sulit belajar. Apalagi saat situasi Pandemi seperti ini anak belajar bersama kita di rumah. Saat anak ada tugas membuat video prakarya tentu kita harus mengajarinya bagaimana mengirimkan video tersebut kepada guru, mengedit serta menjadikan sebuah tugas yang sempurna seperti yang diinginkan anak dan sesuai dengan kompetensi yang diinginkan guru.

Tentulah tantangan terbesarnya adalah orang tua mesti mempelajari banyak hal dalam satu waktu dan sama sekali tidak pernah dipelajari sebelumnya. Tidak ada pelajaran tentang mengedit video yang dipelajari saat  kita sekolah bukan? Jadi kita mesti mengejar ketertinggalan itu, mempelajarinya secara mandiri agar bisa mengajarkannya kepada anak.

Membudayakan Santun


Tantangan kedua adalah bagaimana membudayakan santun di generasi Milenial. Bukanlah hal mudah jika kita tidak membudayakannya di rumah. Menjadikan perilaku sehari-hari. Karena yang dilihat, didengar dan ditonton oleh anak-anak generasi Milenial adalah video video yang tidak mendidik, konten prank yang sejatinya adalah pembohongan, gaya hidup hedonis pamer kekayaan, minim prestasi asal bisa bergoyang dan percaya diri saja di depan kamera. 

Anak-anak yang  mendapatkan tontonan seperti ini cenderung akan meniru dan melakukan hal serupa tanpa malu asal bisa viral dan terkenal. Orang yang marah-marah bisa viral dan mendapatkan pengakuan publik, tak ada budaya santun di kalangan generasi muda. Karena ketiadaan konten yang mengajarkan budaya santun.

Inilah tantangan terbesar orang tua membesarkan anak di masa Milenial. 

Kemandirian Finansial


Orang tua dituntut mengajarkan kemandirian finansial kepada anak-anak. Mengapa hal ini adalah tantangan? Karena di generasi Milenial mandiri secara finansial bisa dilakukan sedini mungkin. Profesi umum seperti polisi, dokter, guru bukan lagi cita-cita mereka yang dapat menghasilkan uang agar bisa hidup layak. Namun bagaimana menjadikan bakat, minat dan kecenderungan hobi sebagai sesuatu yang bernilai secara finansial. 

Orang tua harus merubah pandangan nya bahwa profesi itu bukan lagi hanya bisa di capai dengan pendidikan tinggi secara formalitas namun sebuah kreativitas dan ide-ide inovatif lah yang dapat menjadikan seseorang mandiri secara finansial.

Bagaimana Cara Mengatasinya

Sebagai orang tua kita mesti memikirkan bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut agar bisa mentransfer dengan anak-anak kita diantaranya adalah:

Mengikuti Komunitas 


Berkomunitas adalah salah satu wadah yang dapat mengupgrade pengetahuan kita. Komunitas apa yang sebaiknya diikuti oleh orang tua ? Yaitu komunitas yang mengajarkan kita bagaimana mengolah minat menjadi sebuah profesi yang berguna untuk kita. 

Saat ini banyak sekali komunitas yang dapat kita ikuti misalnya komunitas blogger yang merupakan wadah bagi pemilik minat menulis dengan platform blog. Tidak sedikit orang yang menjadikan blog adalah sebuah profesi dan mendapatkan jaminan secara finansial.

Upgrade Ilmu


Di komunitas biasanya akan dibahas tentang apa saja keahlian yang harus di miliki misalnya keahlian desain web, fotografi, ilmu bisnis online dsb. Ilmu yang diajarkan tentunya tidak jauh-jauh dari tuntutan keahlian yang menunjang komunitas tersebut. 

Komunitas Bloggercrony Indonesia


Komunitas Bloggercrony Indonesia adalah wadah bagi para blogger untuk berkumpul dan berjejaring dengan menggunakan platform blog sebagai tempat menulis aspirasi dan pemikiran tentang berbagai ide. Komunitas ini berawal dari grup Facebook yang memberikan keleluasaan bagi anggota grup untuk menyebarkan artikel blog mereka dan dikunjungi oleh anggota lainnya. 

Saat ini komunitas blogger  sudah banyak mengalami perubahan baik dalam hal kegiatan yang sudah semakin beragam. Mulai dari kegiatan online berupa pelatihan blog, webinar seminar kepenulisan, dll hingga program sosial penggalangan dana kemanusiaan dll.

Komunitas Bloggercrony Indonesia diketuai oleh Wardah Fajri berdiri sejak 24 February 2015 di Jakarta. Komunitas ini dibentuk sebagai respon dari dinamika perkembangan blogging dan pertumbuhan blogger yang kian pesat. Mengusung sebuah kolaborasi sebagai kunci kesuksesan dan kebersamaan. Komunitas ini juga membangun networking, capacity building antar anggota sebagai visinya bertumbuh. Serta sebagai fasilitator bagi blogger dalam menghasilkan konten berkualitas, dan meningkatkan kualitas diri blogger sebagai misinya.


Bloggercrony


Bloggercrony memiliki banyak program komunitas yang dilakukan baik secara online maupun offline diantaranya:

Blogger Hangout


Merupakan ajang kumpul kopdar santai berbobot  atas biaya sendiri di suatu tempat tertentu. Kegiatan ini membahas tentang isu seputar blogging, menulis serta sharing tentang kepenulisan blog.

Blogger Hangout dilaksanakan oleh Bloggercrony terbuka untuk anggota yang bisa menghadiri acara tersebut.

Blogger View


Merupakan bentuk kerjasama dengan pihak ketiga berupa sponsorship yang membutuhkan liputan, sementara blogger juga membutuhkan konten. Kerjasama mutualisme ini tentu sangat baik bagi kedua belah pihak.

Bloggercare


Merupakan bentuk dukungan moril dan sosial. Bloggercrony mengajak BCC Squad untuk secara nyata menyuarakan isu/topik kemanusiaan kepada pembaca untuk ikut serta dan peduli dalam aksi kemanusiaan berupa penggalangan dana dll. 

BloggerPreneur


Merupakan bentuk dukungan Bloggercrony kepada anggota yang memiliki bisnis atau usaha. BloggerPreneur difasilitasi dalam bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Bloggercrony serta mendapatkan kesempatan dipromosikan produknya oleh anggota lainnya. 


BCC Squad


BCC Squad adalah sebutan untuk anggota Bloggercrony. BCC Squad tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri dengan jaringan komunikasi melalui grup Facebook, IG serta grup WhatsApp. 

BCC Squad membuka peluang para anggota untuk berjejaring sosial saling blokwalking, menyampaikan aspirasi, pendapat dan saran tentang suatu tema tertentu yang dibahas oleh para anggota.

BloggerDay 2021


Di usia ke-6 tahun ini Bloggercrony mengadakan acara BloggerDay 2021 yakni rangkaian acara untuk memperingati HUT Bloggercrony.

Rangkaian acara BloggerDay 2021 tersebut meliputi:

Webinar 


Webinar diselenggarakan dengan mengundang pakar di bidangnya masing-masing. Diantara para pakar tersebut yakni: 

1. Maman Suherman seorang jurnalis senior yang telah malang melintang di dunia kepenulisan. Pengalamannya menjadi jurnalis di media besar menjadikan sesuatu yang sangat berharga yang wajib dimiliki oleh para blogger. Beliau berpesan agar sebagai penulis blog kita harus menjunjung tinggi kemandirian ide tanpa dipengaruhi oleh uang. 

2. Syafiq Pontoh adalah seorang konten kreator, penggiat media sosial beliau memiliki kiat agar blogger mampu bertahan di masa Pandemi ini yakni dengan profesional dan unik.

3. Ifa H.Misbach yakni seorang psikolog klinis seorang pakar parenting mengajak para orang tua untuk lebih memperhatikan kondisi psikis anak saat pembelajaran daring. 

4. Kania Safitri yakni seorang mom blogger yang menceritakan pengalaman mendampingi anak saat PJJ.

5. Idfi Pancani seorang tour guide yang mengajak peserta BloggerDay mengunjungi negara Amerika dengan berbagai ikon wisata yang mendunia.

6. Helen Sinarmata. Seorang praktisi komunikasi yang akan berbagi tips bagaimana membangun komunikasi yang baik. Helen Sinamarta yang juga berperan sebagai host ini banyak memotivasi peserta untuk terus mengupgrade diri sebagai konten kreator.

7. Gita Siwi. Seorang blogger yang juga host acara BloggerDay ini memiliki kemampuan menghidupkan suasana webinar semakin hidup dan interaktif.

Virtual Family Trip



Rangkaian acara yang tidak terlupakan adalah rangkaian Virtual Family Trip yang diadakan pada Sabtu, 24 Februari 2021 dengan tour guide kak Idfi. Para peserta diajak keliling Amerika mengunjungi Air terjun Niagara, Patung Liberty, Disneyland, Jurasic Park, 

Kak Idfi memandu kita seru sekali. Diawali dengan keberangkatan menggunakan Emirates Airlines menuju ke negara Amerika. Suasana sangat seru karena kita seperti mengalami secara langsung traveling ke negeri Paman Sam itu.

Seru sekali perjalanan virtualnya. Setelah melihat dari dekat white house kita diajak mengunjungi Disneyland dengan segala macam tokoh kartun yang lekat dalam ingatan.

Tak lupa lihat parade tokoh-tokoh kartun idola sepanjang masa seperti Bajak laut, Elsa, dll.

Keluarga Jempolan


Melalui rangkaian BloggerDay Bloggercrony mengajak para anggotanya untuk menjadi keluarga Jempolan yang dapat bertahan di masa Pandemi ini. Banyak cara yang dilakukan antara lain dengan meningkatkan profesionalitas sebagai blogger mengupgrade ilmu ilmu baik seputar profesi maupun ilmu parenting agar membimbing anak menjadi pribadi jempolan.

Keluarga Jempolan dapat mensinergikan segala aspek baik sikap, profesionalisme, pola pikir dan bakat keluarga sehingga mendapatkan jempol (sukses) di masa digital saat ini. 

Rangkaian acara BloggerDay ini juga dimeriahkan dengan berbagai doorprize dari awal sampai akhir. Bahkan semua peserta mendapatkan jatah hadiah dari panitia. Wow benar-benar luar biasa. Aku sendiri mendapatkan kesempatan pulsa GoPay dan souvenir dari sponsor acara BloggerDay.

Pendukung Acara

Melihat keriuhan acara BloggerDay ini pihak sponsor menjadi peran penting mensukseskan acara ini antara lain: 

Acara Bloggerday2021 ini semakin meriah dengan berbagai hadiah menarik seperti sambal dari Resep Dapur Ayah, ada hijab dari Henna collection, aksesoris unik dari Makarame, aneka kue yang lezat dari Anesacooking dan masih banyak lagi yang lain. 

Duoraji Store
Katalensaku.photoworks 
Ebigsoo Fashion
Anesa Cooking 
Gerai Aksesoris
Ayko Projects 
Makarame 
Resep Dapur Ayah 
Dapur Sesuka Hati 
Hennahijab Collection
Asiboostertea
Kita Tama
Sree Handmate
Photo Coffee

Sampai jumpa di BloggerDay tahun depan semoga dapat terpilih kembali menjadi peserta Amin. Sukses terus Bloggercrony!

Wah seminggu rasanya belum berakhir keseruan BloggerDay apalagi di Grup WhatsApp BloggerDay selalu ada kejutan dari panitia tentang para pemenang berbagai kategori seperti Doorprize, lomba foto IG, FB, belum lagi quis kahoot yang seru sekali. 

Semoga Bloggercrony semakin berjaya dan mampu menjadi pemersatu para blogger agar terus berkarya. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.