Langkah Memulai Bisnis Loundry untuk Pemula dengan Modal Terbatas!

Mempunyai usaha sendiri hingga mendapatkan kehidupan yang cukup dari usaha tersebut adalah sebuah impian besar bagi banyak orang. Pada awal mendirikan usaha memang tidak semudah yang dipikirkan. Ada banyak tantangan yang akan menimbulkan keraguan dan ketakutan dalam melangkah. Umumnya yang menjadi tantang adalah modal. Dengan modal terbatas kerap membuat banyak orang mengundurkan niatnya untuk berbisnis. Namun, saat kamu terus berusaha. Niscaya akan ada peluang terbuka untuk menuju kesuksesan. Kalau kamu tertarik untuk memulai usaha sendiri, kamu bisa memilih jenis usaha yang membutuhkan modal terbatas.

Langkah Memulai Bisnis Loundry untuk Pemula dengan modal terbatas

sumber : pinterest



Salah satunya usaha laundry kiloan. Ada banyak tahapan awal yang perlu kamu pelajari agar bisa bertahan lama dan sukses dalam memulai usaha laundry berikut ini.

Pilih Lokasi yang Strategis

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memilih lokasi yang strategis dan tepat. Lihat juga gaya hidup masyarakat di lingkungan tersebut. Kamu bisa memastikan, apakah banyak di antara mereka anak kos, wanita karir dan keluarga muda? Dan apakah lingkungan tersebut dekat dengan area kos-kosan, pemukiman penduduk, perkantoran dan kampus? Semuanya perlu kamu pastikan dengan baik supaya usaha kamu berjalan lancar dan banyak pelanggan. 

Catat Perlengkapan dan Peralatan yang Diperlukan

bisnis loundry
sumber : pinterest


Kamu harus mencatat perlengkapan dan peralatan apa saja yang nantinya dibutuhkan untuk usaha laundry kamu sebagai modal awal. Misalnya saja, mesin cuci, setrika, mesin pengering pakaian, timbangan, rak, keranjang, gantungan pakaian, plastik pakaian, pewangi pakaian, deterjen dan lain sebagainya. Dengan mencatatnya secara rinci, kamu pun akan terhindar dari membeli perlengkapan dan peralatan yang tidak dibutuhkan hingga membuat kamu mengeluarkan banyak budget.

Buat Rincian Pengeluaran Secara Seksama

Ini waktunya kamu melakukan perincian dan penghitungan biaya pengeluaran secara seksama. Catat berapakah biaya listrik dan air yang perlu diperhitungkan dalam sebulan. Rinci juga berapa biaya yang kamu sediakan untuk promosi. Kamu juga perlu mempertimbangkan apakah kamu butuh merekrut karyawan atau tidak. Ini nantinya akan membantu kamu mengatur pengeluaran supaya tidak terjadi pemborosan yang percuma.


Pahami Teknik Mencuci dan Menyetrika yang Benar


sumber : pinterest


Pahami teknik mencuci dan juga menyetrika dengan baik. Walaupun kelihatannya mudah, tapi sebenarnya aktivitas mencuci pakaian lebih kompleks ketimbang itu. Kamu harus mengelompokkan semua jenis pakaian, pakaian yang gampang luntur, memisahkan pakaian warna putih, pakaian bahan khusus dan pakaian berwarna. Pilih juga pewangi dan deterjen yang bagus untuk pakaian. Salah mencuci dan menyetrika pakaian bisa berakibat fatal, karena dapat merusak pakaian tersebut. Kalau sudah seperti ini, nama usaha laundry kamu pun bisa tercoreng bahkan sampai kehilangan pelanggan. 

Bikin Nama Usaha Laundry dan Logo

sumber : pinterest


Dalam usaha tentunya memerlukan nama usaha dan logo agar dapat membedakannya dari usaha laundry lainnya. Nama usaha dan logo yang menarik bisa membuat para konsumen mudah mengenalinya. Ketika mereka memerlukan jasa laundry, maka usaha laundry kamu lah yang akan melekat di dalam pikirannya. 

artikel lainnya tentang Cara Memperkenalkan Bisnis Lewat Desain baca ini ya!

Pertimbangkan Jasa Pengantaran dan Pengambilan Pakaian

Setiap usaha laundry kiloan biasanya menyediakan orang dan kendaraan yang khusus untuk mengambil pakaian konsumen yang akan dicuci serta mengantar pakaian konsumen yang sudah dicuci. Kamu harus mengetahui jenis kendaraan seperti apa yang cocok untuk digunakan dan siapa orang yang bisa bertugas mengambil serta mengantar pakaian. 

artikel lainnya tentang Daftar Belanja Bulanan untuk Gaji Dua Jutaan baca ini ya!

Lakukan Promosi Laundry 

Hal yang tak kalah pentingnya untuk membuat usaha kamu berjalan lancar adalah dengan melakukan promosi. Buatlah brosur usaha laundry semenarik mungkin dengan promo harga yang begitu menggoda. Lalu sebarkan ke orang-orang di sekitar lokasi usaha kamu dan promosikan lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah salah satu cara membuat usaha berjalan lancar dan banyak pelanggan. Maka dari itu, pilihlah mesin laundry terbaik untuk memuaskan para pelanggan dengan pakaian yang bersih maksimal. Banyak merk mesin cuci yang bagus untuk usaha laundry, mulai dari mesin cuci Polytron, Samsung, Sharp, Akari, LG dan lainnya. Semua spesifikasi, kualitas dan harga setiap mesin cuci tentunya berbeda-beda. Tinggal kamu sesuaikan saja ingin mesin cuci seperti apa dan yang dibutuhkan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang berencana membuka usaha laundry. 

Demikian lah cara-cara yang dapat kamu lakukan saat akan memulai bisnis loundry, selamat berbisnis!



No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.