Jenius App Kemudahan Pembayaran berbagai Jenis Tagihan tanpa Harus Meninggalkan Tempat Kerja




Sebagai Aparatur  Sipil Negara (ASN), saya agak kesulitan saat melakukan beberapa aktifitas terkait dengan pengelolaan keuangan pribadi. Khususnya menyesuaikan jadwal pembayaran berbagai tagihan rumah tangga dengan waktu kerja. 


Kami terikat dengan aturan waktu kerja yang tidak fleksibel. Dalam satu hari  aku harus berada di tempat kerja selama kurang lebih 8 jam. Mulai dari pukul 6.30 hingga pukul 16.00 secara fisik kami harus berada di tempat kerja. Belum lagi jadwal absensi yang mengharuskan kita absen pagi, siang dan sore dan tak boleh lewat dari waktu yang telah ditentukan. 

Kendala yang ditemui dengan jam kerja seperti ini adalah kita tidak bisa seenaknya izin pada jam dinas dan meninggalkan tugas. Akibatnya aktivitas  di luar selain urusan pekerjaan tak bisa dilakukan dengan maskimal. 

Yang paling sering aku temui adalah urusan pembayaran tagihan bulanan, apalagi beberapa sistem pembayaran yang manual dan masih harus pergi ke kantor tertentu. Misalnya pembayaran telpon, listrik, tagihan kredit hingga bayar-bayar biaya sekolah anak. 

Jika aku pergi ke kantor tempat pembayaran tersebut pada jam kantor, maka akan mendapatkan teguran dari atasan, apalagi jika pekerjaan sedang banyak namun jika keluar saat jam istirahat siang, ya sama saja kantor tempat kita membayar juga akan istirahat saat itu. Kalau pagi hari tentu saja kantor akan tutup apabila sore hari saat jam pulang kantor juga tutup dan tak menerima layanan pelanggan lagi. Yah, jadi serba salah deh. 

Itu untuk satu tagihan saja, bagaimana dengan seluruh tagihan? Setidaknya ada beberapa tagihan dalam rumah tangga : Listrik, air PDAM, home internet, tagihan peralatan rumah tangga, SPP anak-anak. 

Seandainya kita membayar satu tagihan butuh izin satu kali, bagaimana dengan beberapa tagihan tentu perlu bebeberapa waktu dan itu menyita waktu kerja kita bukan? 


Solusi :

Tak sengaja aku browshing tentang cara mengelola keuangan pribadi di Search Engine. Ada sebuah artikel yang menceritakan tentang cara praktis mengelola keuangan pribadi kita, tanpa perlu ribet dan tak harus pergi ke kantor nya.  Yaitu www.cocreate.id : 




Nah, setelah aku mengunjungi artikel tersebut, ada Person Experience yang cukup menggelitikku diantaranya :


"Aplikasi Jenius terasa ringan saat digunakan, antarmuka simpel sehingga terkesan mudah namun tetap informatif sehingga memberi kesan bahwa jenius "easy use" Pengaman berupa sidik jari"

"Salah satu bentuk apresiasi dan pengharagaan adalah jika sebuah brand mau mendengarkan keluahan dari pelangganya, sehingga ikut membangun bersama sebuah produk"

"Ini bisa menggantikan fungsi kartu kredit"


Wah ternyata Jenius App adalah aplikasi pengelolaan keuangan pribadi yang oke punya nih. Yuk kita ulas beberapa fitur-fitur Jenius ini.

Fitur Jenius

Beberapa fitur Jenius yang memudahkan kita untuk bertransaksi adalah:

1. Send It

Send It adalah fitur Jenius yang memudahkan Anda mengirim uang ke perorangan/grup, membayar tagihan listrik, air internet dan telepon dengan pilihan menu penjadwalan atau pembayaran berulang. 

keuntungan menggunakan fitur Send It adalah sbb:


  • Tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transaksi 
  • mudah kirim uang tanpa banyak waktu terbuang 
  • Selain nomor rekening nasabah juga mendapatkan #Cashtag sebagai identitas alternatif untuk memudahkan mengirim/menerima uang. 
  • Bayar tagihan semudah mengirimkan uang
  • Tambahkan pesan animasi melalui moneymoji




2. Pay Me

Fitur Pay Me adalah cara mudah menagih uang, beberapa keuntungan antara lain: Tidak perlu ketemuan buat menagih uang, mengirim permintaan uang bisa dilakukan dengan smartphone.

Banyak jalan agar uang kembali, salah satu fiturnya yang mengirimkan pemberitahuan melalui hanphone, email untuk menagih uang sehingga kita bisa melacak apakah uang sudah dikirim atau belum.

Langkah-langkah :

  • Buka fitur Pay Me, pilih nama yang ingin kamu kirim notifikasi permintaan uang dari daftar kontak
  • Lengkapi detail permntaan seperti nominal uang yang ingin ditagih
  • Klik Kirim permintaan

3. Split Bill

Split Bill adalah fitur yang memudahkan kita membagi Bill secara adil. Dengan fitur Split Bill kamu bisa membagi tagihan makan atau bagi uang patungan ke sesama nasabah Jenius dengan $Cashtag atau dengan nomor handphone/email ke sesama yang belum memiliki Jenius. 

Langkah-langkah :

  • Buka fitur Split Bill, lalu pilih nama-nama dari daftar kontak. Kamu juga bisa memasukkan nama dan informasi rekening, boleh juga tekan tambah manual
  • Masukkan jumlah tagihan yang ingin dibagi, boleh juga kita mengatur jumlah tagihan sesuai dengan yang ingin dibagi, 
  • Tekan kirim permintaan

4. Jenius Pay

Fitur ini memugkinkan Anda bertransaksi Online dengan aman. Cara yang dilakukan adalah tanpa menggunakan kartu kredit/debit, cukup dengan fitur jenius Pay kita dapat melakukan transaksi. Caranya cukup menggunakan $Cashtag sebagai pengganti identitas diri. Langkahnya cukup mudah yakni : Request (mengirim permintaan) dan Pay (membayar permintaan uang).

Jangan khawatir soal keamanan karena Jenius Pay dilengkapi dengan 3 parameter kemananan untuk menghindari kemungkinan $Cashtag akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Langkah-langkah :

  • Pada halaman situs e-commerce pilih penbayaran dengan jenius Pay, lalu masukkan $Cashtag yang kamu miliki selanjutnya situs akan mengirimkan permintaan uang ke Jenius app kita.
  • Buka 'notification centre' pilih menu permintaan cek permintaan uang yang masuk, pilih tampilkan
  • pastikan kembali pengirim sesuai dengan e-commerce tempat kamu berbelanja serta nominalnya
  • Kirim uang.

5. E-wallet Centre

Fitur E-wallet Centre memungkinkan kamu untuk mengatur top up saldo dengan nominal yang fleksibel dan menambah/mengatur hingga 10 e-wallet tanpa perlu ribet. 

Langkah-langkah :

  • Masuk ke dashboard Jenius App pilih Mulai Top Up
  • pilih e-wallet yang ingin di Top Up
  • masukkan nomor handphone dan Username yang telah didaftarkan di e-wallet
  • klik simpat e-wallet
  • Buat nama e-wallet untuk memudahkan transaksi berikutnya
  • masukkan jumlah uang yang ingin di top Up

Nah, mudah bukan mengelola keuangan pribadi melalui Jenius App. Jadi aku tidak perlu meninggalkan tempat kerja jika mau membayar tagihan ini itu. Bertransaksi aman sekaligus menabung dan mengelola keuangan dengan benar.




No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.