5 alasan Kenapa Memilih Kredivo untuk Pinjaman Cepat Tunai



Cari pinjaman cepat tunai yang pengajuannya online? Kalo saya jelas ngerekomendasiin Kredivo buat kamu coba. Sebagai informasi awal, Kredivo adalah fintech lending berbasis peer-to-peer landing yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan kata lain, Kredivo ini termasuk fintech kredibel dan legal untuk digunakan jasanya. 


Alasan saya rekomendasiin Kredivo nggak cuma karena Kredivo kredibel dan termasuk fintech legal aja. Tapi dari pengalaman pribadi belanja cicilan dan mengajukan pinjaman cepat lewat Kredivo, ada lima kelebihan Kredivo yang bener-bener bisa bantu mempermudah kebutuhan hidup.

Syarat pengajuan gampang: KTP, bukti tempat tinggal, dan bukti penghasilan. 

Bukan fintech namanya kalo proses pendaftaran dan pengajuannya nggak gampang. Buat saya pribadi, daftar Kredivo nggak cuma gampang, tapi persyaratannya juga sedikit, instruksi di aplikasi jelas, dan yang paling penting waktu approvalnya kurang dari sehari. 

Dokumen persyaratan yang dibutuhin untuk daftar itu:


  • KTP, 
  • bukti penghasilan (slip gaji dan rekening koran), dan 
  • bukti tempat tinggal (Kartu Keluarga dan STNK Motor/Mobil). 


Dokumen-dokumen ini cukup kita foto satu persatu pake hp, terus upload ke aplikasi Kredivo sesuai instruksi pendaftaran. 

Tapi, sebelumnya, ada juga syarat dasar yang perlu dipenuhin: pendaftar wajib berumur minimal 18 tahun, udah punya penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta, dan tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Kalo syarat dasar ini udah dipenuhin, langkah selanjutnya, tinggal download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, terus daftar deh. 

Buka aplikasi, klik “Apply for Kredivo”, pilih metode “Bayar dalam 30 Hari” atau “Cicilan”, isi form data diri dan submit. Kalo udah submit, selanjutnya, upload dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhin tadi. Buat metode “Bayar dalam 30 Hari” cukup upload KTP, sementara buat “Cicilan”, upload juga dokumen bukti penghasilan dan bukti tempat tinggal. 

Kalo udah semua, yaudah deh tinggal tunggu proses approval pengajuan. Kredivo sendiri punya jaminan proses approval dalam waktu 1 x 24 jam, sementara pengalaman saya waktu itu baru 5 jam udah langsung diapproved. 

Fasilitasnya persis kartu kredit: bisa cicilan barang & bisa pinjam cepat tunai 

Buat kamu yang sampe sekarang masih berjuang supaya pengajuan kartu kredit disetujuin sama bank, mending coba beralih pake Kredivo aja. Karena aplikasi fintech ini nggak cuma bisa buat pinjaman cepat, tapi punya dua fungsi: belanja cicilan di merchant online dan pinjaman tunai online. 

Saat daftar, kamu juga bakal dikasih opsi “Bayar dalam 30 Hari” dan “Cicilan”. Apa bedanya? Nah, kalo yang “Bayar dalam 30 Hari” ini tanpa bunga sama sekali alias 0%. Jadi, dari limit yang kita punya di akun Kredivo, kita bebas belanja apa aja di merchant online rekanan Kredivo dan bayarnya nanti 30 hari kemudian. Metode ini berlaku kalo total belanjaan kamu di bawah Rp 1 juta. 

Sedangkan metode “Cicilan” ini adalah metode yang bisa kita pilih kalo mau nyicil barang di merchant online. Suku bunga buat cicilannya cuma 2,95% per bulan sementara opsi tenornya mulai dari 3, 6, sampe 12 bulan. Supaya bisa Cicilan pake Kredivo, kita cuma perlu belanja minimal Rp 1 juta di merchant online rekanan Kredivo (Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.id, dan ada 200 lebih merchant lainnya). Barang yang dibeli juga bebas bisa apa aja, yang penting dalam satu keranjang belanja semua totalnya jadi Rp 1 juta ke atas. Nggak cuma barang, lewat aplikasi Kredivo bahkan kita juga bisa pesen tiket pesawat langsung, beli pulsa atau paket data, token listrik, sampe bayar BPJS, PDAM, dan telepon pascabayar. 

Kalo kamu niat daftar Kredivo, sebaiknya langsung daftar akun Cicilan, karena kamu bisa sekaligus dapetin layanan di akun “Bayar dalam 30 Hari”. Selain itu, buat dua metode sekaligus: “Bayar dalam 30 Hari” dan “Cicilan”. Karena, Kredivo punya fitur “Pinjaman Tunai” yang cuma diperuntukkan buat pengguna yang udah terdaftar sebagai pengguna cicilan. Jadi, limit kredit yang kamu punya di akun Kredivo bisa kamu cairin jadi pinjaman cepat atau uang tunai dengan cara mengandalkan fasilitas yang sau ini. 

Gimana, persis fasilitas kartu kredit, kan?

Mirip KTA, limit pinjamannya bisa sampai puluhan juta

Kalo fintech lain cuma bisa kasih pinjaman cepat online yang kisarannya Rp 1 juta sampe Rp 3 juta, di Kredivo, jumlah maksimal pinjaman yang bisa kita ajuin bisa sampe puluhan juta sesuai dengan limit yang kita dapat. Saat pengajuan kita diapproved Kredivo, saat itu juga kita udah dapat sejumlah limit kredit nontunai yang bisa dicek langsung di aplikasi Kredivo. 

Maksimal limit kredit nontunai yang bisa dikasih Kredivo s.d Rp 30 juta. Saya sendiri waktu daftar bisa dapat limit kredit dua digit meskipun nggak sampe Rp 30 juta. Wajar, karena limit ini pasti disesuaiin dengan jumlah penghasilan kita dari dokumen yang disubmit pas pendaftaran. Kalo udah diapproved dan dapat limit, limit ini bisa langsung kita pake buat belanja cicilan ataupun diubah jadi uang tunai dengan cara ajuin pinjaman lewat fitur yang tersedia di aplikasi Kredivo. Bebas pilih sesuai kebutuhan. 

Khusus buat pinjaman cepat tunai, maksimal pinjaman tunai yang bisa kita ajuin adalah sesuai dengan limit kredit buat tenor maksimal 6 bulan. Jadi, kalo di akun Kredivo-mu limit 6 bulan tersedia Rp 10 juta, maka kamu bisa ajuin pinjaman maksimal sampe Rp 10 juta. Mirip KTA, tapi dengan proses yang jauh lebih cepat dan persyaratan yang sedikit. 

Proses cair pinjaman cepat: dalam hitungan menit

Kalo butuh pinjaman tunai, tinggal masuk ke menu “Layanan” di aplikasi Kredivo, dan pilih fitur “Pinjaman Tunai”. Selanjutnya, isi form yang tersedia mulai dari tujuan pinjaman, jumlah pinjaman dan tenor, sampai pengisian nomor rekening bank atas nama pribadi. Menurut info di aplikasi Kredivo, proses pencairan pinjaman atau transfer dana ke rekening apabila diapproved memakan waktu 1 hari kerja. Tapi, pengalaman saya pake fitur ini, nggak sampe 10 menit, pinjaman bisa langsung cair ke rekening pribadi saya. 

Ada dua fitur pinjaman tunai yang bisa dipilih: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Bedanya, kalo yang mini, jumlah pinjamannya minimal Rp 500 ribu dan waktu pengembaliannya maksimal 30 hari. Kalo yang jumbo, jumlah pinjaman maksimalnya Rp 1 juta dengan pilihan tenor pengembalian 3 bulan dan 6 bulan. Nggak usah khawatir perkara suku bunga, baik untuk belanja cicilan ataupun pinjaman tunai, suku bunga Kredivo cuma 2,95% per bulan. 

Bunga paling rendah & masuk akal dibanding fintech lain

Dibanding fintech lainnya yang sejenis, suku bunga yang dipunya Kredivo sebagai fintech lendingpeer-to-peer landing bisa dijamin adalah yang paling rendah dan masuk akal. Nggak cuma itu, suku bunga ini juga sesuai dengan kebijakan Bbank Indonesia yang menerapkan aturan suku bunga mulai 3% sampai 6% per bulan. Kalo udah mikir buat pinjam dana ke fintech, pastinya kita udah butuh mendesak dan darurat, kan. Nah, supaya nggak nambah beban keuangan, buat saya pribadi, suku bunga adalah hal penting yang perlu kita tau dari fintech. Supaya nggak kesulitan bayar angsuran pinjaman di bulan depan, selagi masih bisa pilih fintech dengan bunga rendah kayak Kredivo, sebaiknya jangan ambil risiko pilih fintech jenis payday loan yang suku bunganya bisa 1% per hari atau 30% per bulan. 


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.