Green Wisata Kebun Teh Kabawetan, Bengkulu

Konten [Tampil]
Travelling

Udara pagi menusuk tulang dan membuat geligi gemerutuk menahan hawa dingin pagi itu, Weekend ini kami berangkat menuju Green Wisata, Kebun Teh Kabawetan Kepahiang. Sengaja berangkat dari rumah pagi-pagi agar sesampai disana diperkirakan masih pagi dan seger. Ternyata prediksi ku sedikit keliru karena gerimis mengiringi perjalanan kami. Perjalanan menerobos gerimis perlu ekstra hati-hati apalagi beberapa kali berpapasan dengan truk besar di daerah pegunungan yang membatasi Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kepahiang membuat mobil yang membawa kami lebih berhati-hati saat melintas pegunungan.



Kali ini kita akan mengunjungi tempat wisata hijau yang ada di Provinsi Bengkulu, yaitu Green Wisata, Kebun Teh Kabawetan Kepahiang. Wisata Kebun Teh terletak di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Berjarak sekitar 82,5 km dari Kota Bengkulu. Wisata ini menawarkan Green Wisata, petik daun teh serta jelajah alam. 

Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bengkulu sampailah kami di Kabupaten Kepahiang. Deretan kios oleh-oleh menyambut perjalanan kami ketika melalui jalan menurun pegunungan. Tak lama kemudian kita akan memasuki daerah Bundaran yang merupakan pusat kota Kabupaten Kepahiang Bundaran yang sekaligus berfungsi sebagai terminal ini banyak dipadati oleh kendaraan baik yang sengaja berkunjung ke pasar maupun pengunjung yang berhenti mencari tempat beristirahat. 

Selanjutnya kita akan mengikuti marka jalan yang mengarahkan ke Objek wisata  Green Wisata Kebun Teh Kabawetan Bengkulu.
wisata kebun teh kabawetan kepahiang
Kebun Teh Kabawetan Kepahiang Bengkulu
Akses ke Kebun Teh ada dua yaitu dari Jalan Raya Kepahiang- Curup dan dari Terminal Simpang Bundaran. Jika Anda mengawali perjalanan dari Bundaran Anda dapat menuju lokasi yang berjarak sekitar 2 km ke lokasi Perkebunan Teh. Namun apabila dari arah Jalan raya Kepahiang Curup Anda harus melalui perkampungan dan areal persawahan penduduk yang berjarak sekitar 5 km.

artikel lainnya : Destinasi wisata liburan di Bali yang dapat Anda kunjungi

wisata kebun teh kabawetan kepahiang
View Kebun Teh dan pusat Kota Kepahiang
Sesampai di area Kebun Teh Kabawetan ada pintu masuk yang tepat berada di Depan Polres Kabupaten Kepahyang, Suasana asri dan sejuk langsung terasa saat memasuki areal perkebunan, Sejauh mata memandang terhampar perkebunan teh yang menyerupai bukit hijau bak lukisan alam yang amat indah. Jalan setapak yang biasa dilalui pemetik teh terlihat seperti garis-garis menyerupai alur-alur yang indah. Di pinggir-pinggir perkebunan teh terdapat pohon-pohon sengon lurus menjulang, ditanam persis menyerupai pagar. Pohon berwarna putih lurus itu seakan-akan menjadi tiang-tiang dari hamparan hijau pohon-pohon teh. Sistem ini sangat menguntungkan karena selain berfungsi sebagai tempat berteduh bagi para pemetik teh, pohon-pohon ini juga dapat menjadi komoditas sampingan selain daun teh.

artikel terkait : Objek Wisata Terpopuler di Bengkulu


wisata kebun teh kabawetan kepahiang
Pengunjung Kebun Teh Kabawetan di hari libur
Pengunjung memanfaatkan view perkebunan teh dengan latar Bukit Kaba untuk berfoto dan mengabadikan lukisan alam yang amat mahal ini. Berada di tengah-tengah perkebunan teh yang indah seperti berada di hamparan  gurun hijau. Pucuk-pucuk teh yang berwarna hijau muda menjadi  daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk memetiknya.

wisata kebun teh kabawetan kepahiang
daun teh yang dipetik biasanya yang masih muda

wisata kebun teh kabawetan kepahiang
pucuk teh sehabis dipetik petani

Pihak pengelola perkebunan sendiri telah membangun pondok-pondok peristirahatan yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar beristirahat melepas lelah. Tempat peristirahatan ini juga dijadikan sebagai spot berfoto yang bagus karena view yang luas dari hamparan perkebunan teh. Dari kejauhan terlihat latar Bukit Kaba yang sangat indah. Kota Kepahiang sendiri yang tepat berada di kaki bukit terlihat seperti hamparan kotak-kotak kecil berwarna putih, benar-benar seperti lukisan alam yang maha dahsyat.

wisata kebun teh kabawetan kepahiang
Pohon sengon sebagai pembatas jalan dengan kebun teh

Potensi alam Kabupaten Kepahiang  sangat cocok sebagai tempat bercocok tanam, letak geografis Kabupaten Kepahiang yang berada di ketinggian 3560 meter dari permukaan laut serta dikelilingi perbukitan menjadikan daerah ini sangat potensial sebagai penghasil tanaman pangan dan holtikultura. Di beberapa tempat sekitar perkebunan teh Kabawetan banyak tersebar perkebunan sayur mayur serta buah-buahan. Perkebunan buah naga, stowberi, salak dan pepaya mudah di jumpai di setiap pekarangan warga. Kebun Pepaya menjadi pemandangan indah yang dapat Anda nikmati di pekarangan rumah warga.

artikel terkait : Indahnya Wisata Bengkulu

Wisata alam Kebun Teh Kabawetan ini juga sangat cocok untuk dijadikan area jelajah alam. Saat berkunjung ke sana akhir minggu lalu saya sempat menemukan beberapa rombongan pelajar, mahasiswa dan organisasi pemuda dengan agenda jelajah alam. Kondisi geografis sekitar kebun Teh Kabawetan sendiri memiliki keunikan dengan area perbukitan, perkampungan serta hutan dalam satu lokasi menjadikannya sangat bagus sekali untuk jelajah alam. 

wisata kebun teh kabawetan kepahiang
Kendaraan pengunjung yang selalu ramai 
wisata kebun teh kabawetan kepahiang
kalau gak narsis, ntar dikira hoax lagi..hehe..

Setelah puas menikmati indahnya alam Kebun Teh Kabawetan, kami beranjak pulang karena harus mengikuti agenda selanjutnya. Udara yang segar mampu memberikan ruang nafas yang lapang ketika berada di tengah-tengah kebun teh. Semoga di lain waktu kami bisa menjejakkan kaki kembali ke sini.

Berburu Oleh-oleh 

Sebelum pulang jangan lupa menyempatkan berburu oleh-oleh. Letaknya sangat strategis yakni di jalan poros Kepahiang-Kota Bengkulu. Jadi, selepas berwisata di Kebun Teh Kabawetan sekarang kita berburu oleh-oleh. Di sini Anda akan menjumpai berbagai macam hasil bumi Kepahiang beserta makanan olahan hasil bumi itu. Misalnya dodol pepaya, keripik ubi, stik ubi maupun berbagai macam olahan pisang.

Masyarakat  asli di Desa Tebat Monok memanfaatkan potensi alam dengan menjual berbagai olahan makanan yang dapat Anda temukan di sepanjang jalan menuju perbatasan Kabupaten Kepahiang. Olahan makanan tersebut diproduksi sendiri oleh masyarakat sekitar. Seperti kunjungan  kali ini kami mampir di kedai oleh-oleh 'Dua Saudara' yang kebetulan milik saudara salah satu rombongan. Di dalam kedai yang merangkap sebagai rumah diproduksi berbagai macam olahan pisang, pepaya maupun ubi jalar sebelum akhirnya di kemas cantik.

Usaha ini telah lama berdiri dan telah menjangkau luar daerah seperti Kota Bengkulu dan sekitarnya. Nah, kalau ke Kepahiang jangan lupa berburu oleh-oleh di sini ya (hehe..)

dodol pepaya
Jangan lupa beli oleh-oleh ya..ini namanya dodol Pepaya
Jika Anda ingin hasil alam yang bukan berwujud olahan juga bisa memburu oleh-oleh berupa hasil mentah seperti pisang. Kepahiang memang penghasil buah-buahan lokal dan sayur mayur yang sangat terkenal oleh karena itu apabila Anda kemari jangan lupa membawa pulang hasil bumi Kepahiang ya..

artikel terkait : Tempat Makan Nyaman di Kota Curup

pisang manis
Pisang Kepahiang yang terkenal karena rasanya yang manis 
Di sepanjang jalur Kepahiang - Bengkulu tepatnya di kaki perbukitan Anda dapat menjumpai pemandangan unik yaitu kios-kios penjual oleh-oleh berada di pinggir jalan, kios-kios tersebut tepat berada di kanan-kiri jalan sehingga Anda tak perlu meluangkan waktu khusus untuk sekedar memburu oleh-oleh sebab di sini sudah tersedia berbagai macam buah tangan sesuai selera Anda.


kepahiang
sebelum pulang mampir ke sini dulu beli oleh-oleh
Baiklah selamat berkunjung ke Green Wisata Kebun Teh Kabupaten Kepahiang dengan wisata alam yang indah nan mempesona.

Bila Anda pengunjung dari luar kota Bengkulu, untuk menjangkau lokasi dapat dilakukan dengan dua moda transportasi yaitu transportasi darat dan udara. Transportasi darat bisa di tempuh dengan mobil pribadi menuju Kabupaten Kepahiang dengan kondisi jalan yang baik. Sedangkan bila  menggunakan transportasi udara pengunjung bisa memesan tiket pesawat menuju Bandara Fatmawati Kota Bengkulu. Jangan khawatir biaya perjalanan yang mahal karena sekarang sudah ada cara cerdas untuk memesan tiket pesawat murah di berbagai situs online.

Keunggulannya kita bisa mendapatkan tiket dengan harga terjangkau serta dapat membandingkan harga tiket pesawat yang paling murah dari ratusan situs penjual tiket pesawat lainnya. Selain itu kita bisa pesan langsung di situs yang kita pilih tadi, serta tidak ada biaya administrasi lainnya atau biaya yang tersembunyi.

25 comments

  1. Wah, di Bengkulu juga ada kebun teh ya mbak. Aku sampai sekarang belum kesampaian satu kalipun ke kebun teh, pengeeeeeen banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba Riska..udah bosan di keramaian mari menuju Green Wisata..

      Delete
  2. Baru tahu ini ada dodol pepaya. :D Manis ya pasti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mba, enggak lengket tadinya kukiraa lengket-lengket gimana.. eh pa dicobaa enak banget gak lengket dan legit

      Delete
  3. Penasaran sama rasa dodol pepaya. :D Kayanya enak banget. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dodol.pepaya enyak banget, legit dan ga lengket

      Delete
  4. waah baru tahu klo ada kebun teh juga di bengkulu... aku tahunya klo dataran tingginya itu daerah curup itu bukan ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum kota Curup mba, jadi lokasi kebun teh Kabawetan ini di antara Kota Bengkulu dan Curup. Kira kira 1 jam lagi ke curup

      Delete
  5. Waah perjalanan 2 jam membuahkan hasil yaa, melihat pemandangan deretan kebun teh pastinya terobati lelahnya.

    Haduuh, jadi pengen ke kebun teh deh. Btw itu dodol pepaya ciri khas sana ya. Aku belom pernah nyoba tuh, secara pepaya buah paporit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dodol pepaya disini karena potensi pepaya melimpah mba. Jadi dibuatlah olahan pepaya agar lebih awet

      Delete
  6. kalo liat begini..pemandangan indah sejuk...cocok buat berlibur..merefresh pikiran ya mba....
    2 jam yang seru..asyik buat selfie2...

    ReplyDelete
  7. Adem banget liat kebun teh nya mbaa.. Btw aku baru denger dodol pepaya, enak yaaa pastii

    ReplyDelete
  8. Aku naksir pisangnyaaa hahahaha XD
    Dikebun teh ngga ada ular kan mba? hiihihi soalnya kalau di puncak aku parno ada ular gitu hihihi penakut anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak tau ya mba, ada ular apa enggak. semoga ga ada ya..pas ada pengunjung

      Delete
  9. Segar banget lihat koleksi fotonya, Sukak! Kebetulan aku demen banget sama warna hijau. Cucok!

    Sebagai penggemar pepaya, dodol pepaya kudu dicoba. Ayo lempar ke sini, mbak.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger dan cool mba, gak mau pulang kalau udah kesana, ademm

      Delete
  10. Baru saja kemarin ke kebun teh, seru banget... adem plus berasa damai aja diantara hamparan dedaunan teh yang berwarna hijau ini.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.