Objek Wisata Terpopuler di Kota Bengkulu

Traveling

Happy Weekend, Sudah liburan lagi. Yuk maree kita berlibur ke tempat-tempat terjangkau. Kali ini Aku mau memperkenalkan objek wisata Terpopuler di Kota Bengkulu. Kota Bengkulu merupakan Kota kecil yang bentuknya memanjang di bagian selatan Pulau Sumatera. Letaknya sendiri berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi kalau di lihat dari peta Provinsi Bengkulu terletak paling pinggir berbentuk seperti parit yang panjang. Nah, karena letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia maka tentu objek wisata pantai begitu mendominasi di Kota Bengkulu. 

Baiklah. Yuk, kita kunjungi tempat-tempat indah yang biasa menjadi tempat mangkalnya orang Bengkulu.

Pantai Panjang


pantai panjang dan ikan hasil tangkapan nelayan

akses jalan Pantai Panjang yang mulus

Siapa yang tak kenal Pantai Panjang. Pantai ini terletak di pusat kota Bengkulu, hanya berjarak 2 kilometer saja dari Gedung Daerah. Sesuai dengan namanya Pantai Panjang wisata disini menawarkan pantai yang memanjang mengikuti alur daratan Kota Bengkulu. Anda dapat menjangkau lokasi dengan kendaraan umum yaitu angkot kuning A1, A2, A3. Ongkos angkot untuk dewasa Rp 4000,00 sedangkan untuk anak-anak dan pelajar Rp 2000,00. Di Pantai Panjang Anda dapat mengunjungi beberapa spot menarik antara lain : Plang merek Pantai Panjang yang menarik dan berwarna-warni. Jika malam hari plang merek ini menyala lho.. karena dihiasi lampu-lampu yang menawan. Pengunjung bisa mengabadikan kenangan disini dengan berfoto bersama maupun selpih. di sekitar nya banyak terdapat tukang foto yang menawarkan jasa poto profesional langsung jadi. Anda cukup merogoh kocek Rp 25.000,00 untuk sekali foto dengan ukuran 10 R.

Mungkin Anda juga tertarik : Lauk Khas Bengkulu

Di sepanjang alur pantai panjang Anda bisa memarkirkan kendaraan dengan biaya parkir Rp 2000,00 biasanya pengunjung yang menggunakan mobil pribadi memilih tempat berteduh di bawah pohon-pohon cemara yang banyak terdapat di sepanjang pantai. Anda juga bisa beristirahat sambil menikmati aneka makanan yang banyak dijajakan di sepanjang pantai. Es kelapa muda dengan gula merah serta perasan jeruk nipis merupakan sajian yang cukup favorit bagi pengunjung. Selain itu makanan-makanan seperti bakso, mie ayam serta sate juga banyak bisa dijumpai disini. 

Apabila ingin menjelajah pantai lebih jauh lagi Anda dapat menyewa delman yang ada di sepanjang pantai. Delman yang biasa ditarik oleh kuda ini dibandrol dengan harga Rp30.000,- untuk sekali angkut bolak-balik. Keseruan yang bisa Anda dapatkan bersama keluarga bisa juga dengan bermain pasir pantai. Di sini pada hari Minggu pengunjung cukup ramai mandi bersama di pantai. Banyak juga keluarga yang memboyong serta anak, istri nenek dan kakek untuk bermain pasir di sini.


naik delman di Pantai Panjang

Spot penting yang ada di Pantai Panjang yaitu Sunset. Sunset di Pantai Panjang amat sangat indah, ketika matahari akan tenggelam seluruh air pantai akan berwarna orange kemerahan, hingga matahari tenggelam di air Anda akan menyaksikan pemandangan yang amat sangat indah. sebuah lukisan alam yang maha dasyat yang tidak bisa ditiru oleh pelukis mahir sekalipun. 

Sewa Sepeda 
Spot lainnya yang bisa Anda dapatkan di sini adalah penyewaan sepeda. Anda bisa menyewa  dengan biaya Rp 10.000/jam. Berkeliling Pantai Panjang tentu sangat mengasikkan, bersepeda membelah pepohonan cemara menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu apabila Anda ingin bersepeda sangat dianjurkan bersama teman karena bisa lebih seru.

penyewaan sepeda di Pantai Panjang

Pantai Jakat

Berjarak sekitar 2 kilometer dari lokasi pantai Panjang Anda bisa menjumpai objek wisata yang tak kalah menarik yaitu Pantai Jakat. Pantai Jakat adalah salah satu objek wisata Terpopuler di Kota Bengkulu dulunya merupakan pelabuhan kapal asing ketika menjajah Bengkulu. Jangan heran disini dapat Anda jumpai Jangkar berukuran raksasa bekas peninggalan kapal penjajah Inggris ketika di Bengkulu. Di Pantai Jakat pengunjung dapat mandi pantai karena ombak disini sangat bersahabat. Anda bisa menyewa ban dengan berbagai ukuran. Jika hendak beramai-ramai mengunjungi Pantai Jakat, datanglah ke sini pada hari Minggu sore, Anda akan melihat pengunjung tumpah ruah mandi air pantai. Apabila rasa lapar mendera Anda juga bisa memesan makanan yang banyak dijajakan di pinggir pantai jakat.

Pantai Jakat

Pantai Muaro Bangkahulu

Pantai Muaro terletak di Kecamaan Muaro Bangkahulu yang merupakan perbatasan alur sungai Muaro Bangkahulu dengan Samudera Hindia. Spot yang dapat Anda kunjungi di sini antara lain Hutan bakau, hutan cemara, Playing Fog, Jelajah alam pantai. Karena Pantai Muaro dikelolah oleh pihak swasta maka dikenakan biaya masuk yaitu Rp 15.000,-.

Pantai Pasir Putih

Anak-anak bermain di pasir putih

Pasir putih sebenarnya masih di area Pantai Panjang hanya letaknya berada di ujung pantai dengan spot cantik pasir putih maka tempat ini menjadi favorit pengunjung. Dahulu ada dua ekor gajah yang dapat Anda naiki namun beberapa tahun yang lalu terjadi insiden yang telah memakan korban jiwa maka gajah-gajah tersebut dikembalikan ke Taman Nasional. Akan tetapi ikon gajah putih masih terus ada di Pantai Pasir Putih yang masih bisa Anda jumpai hingga saat ini. Ikon Gajah yang berupa patung gajah putih masih dapat Anda jumpai di sini. 

Muaro Jenggalu


melihat kepiting di Pantai Muaro Jenggalu

Muaro Jenggalu pertamakali diperkenalkan kepada khalayak yakni ketika dibukanya rumah makan Muaro Jenggalu. Disini pengunjung bisa menikmati panorama alam hutan bakau serta habitat kepiting muara. Anda juga bisa menyewa perahu menyusuri muara Jenggalu. Selain tempat makan yang berbatasan langsung dengan pantai Muaro jenggalu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas Flying Fog yang disediakan bagi Pengunjung.

Flying Fog yang disediakan di Area Pantai Muaro Jenggalu

Fasilitas lainnya yang dapat Anda nikmati disini yakni penginapan yang cukup terjangkau, area permainan anak, area pemancingan dan sajian makanan khas Bengkulu. Akses ke Muaro Jenggalu dapat Anda tempuh dari Jalan Soeprapto menuju Tanah Patah, Padang Harapan, Lingkar Barat, menuju Lapangan Golf. Sampai di simpang menuju ke arah lapangan Golf Anda dapat memutar arah menuju Muaro Jenggalu yang berjarak tak jauh dari pertigaan. 

Benteng Marlborough


benteng Marlborough, view Pantai Jakat, Pantai Bengkulu
Objek wisata ini berada di pusat Kota Bengkulu yang berjarak hanya 100 meter dari gedung Daerah. Di Benteng Marlborouh Anda bisa berwisata sejarah dengan melihat-lihat bekas penjajah Inggris saat menjajah Provinsi Bengkulu. Tiket masuk hanya Rp 5000 / orang. Benteng yang sangat kokoh ini dibangun di atas lahan seluas  44.100 meter persegi. Ada penjara bawah tanah tempat pemerintah Inggris menawan penduduk pribumi kala itu. Makam Gubernur berserta ajudannya serta berbagai foto-foto lama yang dapat Anda lihat di dalam benteng ini. Spot menarik yang bisa Anda abadikan adalah keberadaan meriam besi yang terdapat di berbagai sudut benteng. dapat Anda saksikan pemandangan alam pantai bengkulu yang sangat cantik. Karena letaknya berada di ketinggian maka dari area benteng yang biasa dijadikan sebagai tempat pengintaian tentara Inggris dapat Anda saksikan alam Pantai Bengkulu yang sangat Indah.

Benteng Marlborough merupakan titik nol kilometer Provinsi Bengkulu. Dari lokasi ini pemerintah mulai mengukur jarak-jarak setiap daerah baik di Kota Bengkulu maupun Provinsi Bengkulu pada umumunya. Misalnya Kabupaten Benteng terdapat angka kilometer 20 artinya berjarak 20 kilometer diukur dari Benteng Marlborough. Benteng Marlboroug merupakan Objek Wisata terpopuler di Bengkulu bahkan setiap akhir pekan Anda dapat menjumpai pengunjung meningkat dibanding hari-hari biasa.

Lapangan Tugu

Lapangan tugu dan Tabot dua ikon Kota Bengkulu
Lapangan Tugu terletak di depan Gedung Daerah. Atau berjarak 3 km dari pusat kota. Lapangan tugu dalam tiga tahun terakhir telah dibuka untuk umum kembali setelah sebelumnya mengalami pemugaran. Di sini setiap tahunnya diadakan perhelatan akbar yaitu perayaan Tabot 1-10 Muharram. Anda dapat menyaksikan berbagai pertunjukan adat dan pawai pembangunan yang berbeda dengan daerah lainnya. Pada hari-hari biasa lapangan tugu dijadikan tempat bersantai ketika sore hari. Masyarakat Kota Bengkulu maupun wisatawan banyak berkunjung kesini untuk bersantai dan menghabiskan waktu sore bersama orang-orang tercinta.

Tugu Thomas Parr

Tugu Tomas Parr ketika malam hari

Berjarak sekitar 50 meter dari Benteng Marlborough Anda dapat menjumpai objek wisata Tugu Tomas Parr. Thomas Parr adalah Gubernur Inggris yang memerintah saat masih berkedudukan di Bengkulu. Monumen Tugu yang dibangun tepat berada di pusat kota ini tepat berada di depan  Pasar Barukoto. Dahulu di sini  merupakan pusat perekonomian Kota Bengkulu, namun seiring perkembangan zaman, pusat kota beralih ke Jalan Suprapto. Saat ini Tugu Thomas Parr telah mengalami renovasi dengan menambah area taman bermain di sekitar tugu. Ketika sore hari warga Kota Bengkulu biasanya berkumpul di sini bermain tamia maupun mobil-mobilan remote control. Lantai tugu Tomas Parr yang telah direnovasi saat ini cukup nyaman dijadikan area bermain anak, lantai keramik dengan ornamen tugu berada di tengahnya. Tugu Tomas Parr persis berada di tengah-tengah persimpangan jalan. Sebelah Utara menuju Benteng Marlborough, sebelah Selatan menuju Gedung Daerah, sebelah Barat ke Pasar Barukoto. Persis di samping Tugu tomas Parr terdapat Kantor Pos peningalan zaman Belanda yang merupakan kantor pos pertama di Provinsi Bengkulu.  

Gedung Daerah

Gedung daerah merupakan tempat kediaman Gubernur Bengkulu. Di taman gedung Daerah terdapat banyak sekali rusa. Rusa-rusa inilah yang menjadi daya tarik pengunjung. Ketika sore hari rusa-rusa ini berjejer di sepanjang pagar halaman Gedung Daerah menyapa pengunjung dengan menjulurkan moncong nya menanti makanan yang sengaja di berikan oleh pengunjung. Anda dapat membeli pepaya dan wortel yyang sengaja dipersiapkan oleh pedagang. Banyak sekali anak-anak yang menjadikan tempat ini sebagai sarana hiburan mereka karena bisa menyapa dan berinteraksi dengan rusa-rusa jinak ini. 

Rumah Soekarno


Rumah Kediaman Soekarno di  Kota Bengkulu


Rumah Soekarno terletak di Jalan Fatmawati, Kelurahan anggut Atas. merupakan rumah peninggalan Presiden pertama RI yaitu Ir Soekarno. Rumah Soekarno masih seperti dahulu ketika Soekarno di asingkan di bengkulu. tidak banyak perubahan arsitektur rumah ini. Hanya pada bagian tertentu seperti jenis kayu dan cat saja yang diperbaharui. Hal ini untuk melestarikan dan menjadikan rumah Soekarno seperti aslinya. Di dalam rumah Soekarno Anda dapat menjumpai bekas peninggalan Soekarno seperti tempat tidur, sepeda bahkan buku-buku yang masih terawat. Pengunjung dikenakan biaya Rp 5000 /orang untuk dapat melihat-lihat koleksi di dalam rumah. Ketika pengasingan di Bengkulu, Soekarno menemukan jodohnya dengan gadis Bengkulu yaitu Ibu Fatmawati Soekarno. Ibu Fatmawati adalah ibu negara yang menjahit bendera pusaka Bendera Merah Putih. 

Rumah Fatmawati

Hanya berjarak 50 meter saja dari Rumah Soekarno, terdapat rumah Ibu Fatmawati. Ibu Fatmawati adalah istri negara yang menjahit bendera pusaka bendera merah putih. Ketika Soekarno diasingkan ke Bengkulu, mereka bertemu dan menikah. dari pernikahannya lahirlah Megawati Soekarnoputri, beserta adik-adiknya. Di Bengkulu Ibu Fatmawati di besarkan oleh keluarganya. Anda bisa mengunjung rumah Fatmawati dan melihat-lihat koleksi yang ada di sana. Saat ini rumah Fatmawati di kelola oleh yayasan Fatmawati yang bertugas memelihara rumah Fatmawati. 

Mesjid Jamik


mesjid jamik peninggalan Ir Soekarno terletak di pusat Kota Bengkulu
Mesjid jamik merupakan mesjid tua peninggalan Ir. Soerkarno. Arsitek pertama dari mesjid Jamik adalah Ir. Soekarno. Peran Soekarno terlihat pada bangunan mesjid yang menyerupai mesjid-mesjid tua yang terdapat di pulu Jawa. Bangunan atap yang berasitektur menyerupai Joglo ini tetap dipertahankan hingga saat ini. Meskipun begitu Penambahan keramik dan ornamen-ornamen modern tetap dilakukan untuk memberikan kesan kebaruan terhadap mesjid ini. selain itu area tempat ibadah lebih diperluas untuk menampung jamaah yang kian membludak kala hari-hari besar. Apabila Anda mengunjungi mejid Jamik ketika bulan Ramadhan di sini Anda masih bisa menjumpai Jumlah 23 rakaat solat Tarawih. Para pengurus mesjid masih kental dengan tradisi dan prinsip yang diturunkan oleh Ir. Soekarno yang mayoritas pengikut Ormas NU. Mesjid Jamik terletak di tengah-tengan Kota Bengkulu persis berada di Jalan Soeprapto yang terkena sebagai pusat pertokoan. 

Jalan Soeprapto

Jalan soeprapto merupakan pusat Kota Bengkulu salah satu objek wisata Terpopuler di Kota Bengkulu.. Disini terdapat pertokoan yang merupakan pusat perekonomian masyarkat Kota Bengkulu. Toko yang juga dijadikan Ruko oleh pemiliknya berdiri sudah cukup lama. Masayarakat bengkulu setiap hari tumpah ruah mengunjungi Jalan soeprapto untuk berburu barang-barang keperluan sehari-hari seperti pakaian, peraatan elektronik, handphone hingga makanan. Kawasan ini juga mengalami perkembangan yang cukup pesat apalagi dengan dibangunnya Mall dan Pasar Tradisional Modern (PTM) akhir tahun 2010 lalu. Anda dapat berburu pakaian dan aksesoris laiinya di sini dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa toko-toko grosir banyak terdapat disini. Jadi apabila Anda berbelanja dengan harga yang miring di sinilah tempatnya. Namun harus hati-hati pandai-pandailah menawar apabila berbelanja. Karena Jalan Soeprapto adalah pusat kota maka Jalan Soeprapto  dilalui angkutan umum yaitu angkot hijau, angkot kuning yang dapat membawa Anda ke tempat-tempat tujuan. 

Pusat Oleh-oleh


Maskot Bunga Raflesia salah satu oleh-oleh dari Bengkulu

Berkunjung ke Kota Bengkulu tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi pusat oleh-oleh. Terletak di Jalan Soekarto Hatta kelurahan Anggut Atas banyak terdapat pusat oleh-oleh khas Bengkulu. Oleh-oleh khas Bengkulu yang dapat dijumpai disini antara lain : Lempuk durian, Manisan terong, keripik Jengkol, purut punai, kue tat dan Kopi. Untuk aksesoris Anda bisa membeli tas dan aksesoris yang terbuat dari kulit lantung. Kulit lantung adalah kulit pohon kayu. Oleh-oleh lainnya adalah Batik Besurek. Letak pusat oleh-oleh jika diakses dari Simpang Lima adalah sebelah Barat. Angkutan umum yaitu angkot kuning melewati tempat ini jadi Jika Anda tidak tahu jalan Anda bisa mencari angkot kuning dan meminta sopir menuju jalan Soekarno hatta. Saat ini banyak Usaha Kecil Mikro yang membangun pusat oleh-oleh baik skala kecil maupunbesar.

Mampir juga ke sini ya : Makanan Khas Bengkulu

Pusat kerajinan Batik Besurek


batik besurek Bengkulu
Di Bengkulu ada batik yang terkenal yaitu Batik Besurek. Batik yang memiliki ciri khas tulisan Arab ini banyak dijual di pusat oleh-oleh Jl. Soekarno Hatta. Anda dapat memperoleh Batik Besurek baik yang masih berwujud bahan setengah jadi maupun batik yang telah jadi seperti baju, gaun, kebaya, dll. Harga yang dibandrol bermacam-macam mulai dari RP 100.000- 1.000.000 rupiah tergantung jenis bahan dan kualitas dari batik tersebut. Batik Besurek sendiri telah lama dikembangkan sebagai salah satu kerajinan tangan khas Bengkulu. Ciri khas ini dapat Anda jumpai di beberapa persimpangan dengan motif batik pada bangunan kantor pemerintahan maupun swasta  di Kota Bengkulu. Untuk menuju ke lokasi akses yang dapat ditempuh ke Pusat kerajinan Batik Besurek dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja dari jalan Soeprapto Kota Bengkulu ke arah tenggara. Lebih lengkap tentang batik Besurek sudah saya ceritakan sebelumnya di post tentang Batik Besurek.

Museum 

Museum  terletak di Jalan Museum Kelurahan Padang Harapan Provinsi Bengkulu. Di sini Anda dapat melihat berbagai koleksi sejarah yang meliputi benda-benda bersejarah, pakaian adat, mesin percetakan yang berusia hampir 100 tahun hingga koleksi binatang yang telah diawetkan. Museum di buka setiap hari kerja maupun hari libur dengan tarif masuk Rp 5000/ orang. Akses ke jalan museum apaila ditempuh dengan kendaraan umum yaitu Jalan Soeprapto Anda dapat mencari ankot hijau jurusan termial panorama, lalu berhenti di Simpang Harapan. Dari sini Anda bisa berjalan kaki menuju Museum yang hanya berjarak sekitar 30 meter. Atau Anda juga bisa menaiki angkot kuning dari Jalan Soeprapto menuju Padang Harapan. Sampai di jalan pembangunan Anda bisa berjalan kaki yang hanya berjarak sekitar 30 meter.

Lapangan Golf


lapangan golf yang biasa dijadikan tempat pre wedding

Hanya berjarak sekitar 3 km dari Pantai Panjang Anda dapat menjumpai objek wisata populer lainnya yaitu Lapangan Golf. Dari lapangan golf yang dikelola oleh BUMD ini Anda dapat menikmati hutan bakau dan danau muara Jenggalu yang sangat indah. Tempat ini juga biasa dijadikan tempat pre wedding atau acara pemotretan untuk berbagai even. Anda juga bisa menyewa peralatan olahraga golf yang disediakan oleh pihak pengelola. jangan khawatir Anda akan kepanasan karena disini disediakan juga tempat berteduh yang cukup nyaman untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan lapangan golf.

Objek wisata Populer di Bengkulu ini jaraknya berdekatan, jadi jangan khawatir Anda kehabisan waktu di jalan apabila ke Kota Bengkulu. Dalam satu hari Anda dapat mengunjungi semua objek wisata populer di Kota Bengkulu. Apabila Anda membutuhka penginapan tak perlu khawatir karena di sekitar objek wisata tersebut banyak tersedia penginaan maupun hotel berbintang. Anda beberapa hotel yang dapat Anda jadikan tempat beristirahat antara lain Hotel Santika yang terletak di keluarahan Sawah Lebar, Hotel Amaris yang terletk di Kawasan Pantai Panjang, Grage Horizon Bengkulu yang terletak di kawasan Pantai Panjang, dll  penginapan juga terdisi dari berbagai kelas mulai dari kelas melati hingga berbintang. 

Akses kendaraan yang dapat mengantar jemput Anda ke lokasi wisata di Kota Bengkulu juga cukup baik. Saat ini banyak tersedia angkutan bandara, maupun travel yang dapat banyak di kawasan jalan pariwisata Kota Bengkulu. Apabila Anda bepergian dengan menggunakan kendaaraan umum tak perlu khawatir akan tersesat karena warga Bengkulu bisa diajak kerjasama dengan baik asal Anda juga bersikap kooperatif.

Ayo berkunjung ke Bengkulu!! Temukan Objek wisata Terpopuler di Kota Bengkulu

52 comments

  1. Aku belum pernah ke Bengkulu.. huhuhuhu
    Tapi tertarik tuh sama lapangan tugunya, sepertinya bagus utk foto-foto. Lengkap banget infonya mbaaa, di save ah, sapa tau ada rejeki ke Bengkulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke Bengkulu kontak aku ya mba, ntar kuajak keliling kota deh..ke tempat wisata terpopuler di kota Bengkulu..pas rame di 1 Muharram sampe sepuluh hari puncaknya,

      Delete
    2. Asiiik, bener ya Mba, nanti kalau ada rejeki ke Bengkulu aku kontak2 mba yaaa :D

      Delete
  2. Hiks foto yg naik delman itu sukses buatku kangen berat dengan suami. Cuma gak ketemu 5 hari lho.... #lebay banget. Hehe
    Aku suka dan pengen banget ke Bengkulu mbak. TFS ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuh..mba Susi ntar ku Jai guide khusus untukmu mba hehe..

      Delete
  3. Replies
    1. Hayukk kemari mba..nanti aku jadi guide nya ya..

      Delete
  4. Di antara ini plg pengen ke Benteng Marlborough

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentengnya menyerupai kura kura kalau dari atas

      Delete
  5. Bengkulu yang aku tahu Rumah Fatmawati dan kain Besurek yang indah, mba. Ini jadi tahu banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari mampir kalau lewat ke bengkulu ya mba

      Delete
    2. Indahnyaa...Bengkulu.
      Kaya akan wisata alam dan sejarah.

      Sukka jalan-jalan kalau dapat ilmu baru gini..
      Serasa manusia itu benar-benar keciiil...

      Subhanallah.

      Delete
  6. Batiknya bikin mupeng. Cantiiiik banget ^_^

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah ke Bengkulu mbaakkk. Di kota yg kecil ini begitu banyak wisata yang bisa dikunjungi. Kalau saya suka pantai mbak. Pantainya lumayanlah.. hehehe, secara saya suka pantai Aceh yg diatasi rata2 untuk lautnya yg biru dan pasirnya yg putih

    ReplyDelete
  8. Bengkulu banyak pantainya za..... Semoga suatu saat bisa berkunjung ke salah satunya

    ReplyDelete
  9. bengkuluuuu :3
    cakep cakep pantainyaa kapan bisa kesana :(

    ReplyDelete
  10. Maaf, mba..
    Tadi komennya masuk reply.

    Mencoba untuk menyuarakan hati seorang emak-emak yang ingin travelling.
    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emak emak butuh piknik ye..ngumpulin receh dulu

      Delete
  11. Indonesia memang indaaaaah...masya Allah..semoga suatu saat bisa ke Bengkulu...aamiin

    TFS mba

    ReplyDelete
  12. bengkulu..ternyata banyak tempat wisatanya ya.... asyik tu..santai-santai dipantai...
    ayyooo buta blogger yng suka traveling bengkulu memanggilmu..hahahah

    ReplyDelete
  13. Seruuu bayangin meluncur di flying fox. Pantainya banyak ya tapi tiket masuknya lumayan juga ada yang 15ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan juga sebanding dengan keseruannya mba

      Delete
  14. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Objek Wisata Terpopuler di Kota Bengkulu".
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    ReplyDelete
  15. Aku blm pernah ke bengkulu mbaaa.. Ih mau ke pantai naik delman dan batiknya cantik ya mba ^^ oh ya pernah diasingkan ke Bengkulu ya pak Karno

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bung Karno pernah diasingkan ke Bengkulu dan bertemu dengan Bu Fatmawati

      Delete
  16. ternyata bengkulu banyak juga tempat wisatanya ya..salam buat blogger bengkulu lainnya mba..mba milda juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba milda blogger nge hits di Bengkulu mba hehe..

      Delete
  17. Informatif sekali mbak. Mampir ke blog saya juga ya, saya punya artikel yang judulnya
    Indah itu Bernama Pulau Tikus
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woow..pulau tikus saya belum pernah ke sana..pengen banget banget ke sana

      Delete
  18. waahh bengkuluh ngiler mode on hehe mantap mbak.. seru yah bisa piknik bareng family...

    ReplyDelete
  19. mak, aku baru juga publish tentang bangunan peninggalan Inggris di Bengkulu
    aku ke Bengkulu beberapa bulan lalu

    ReplyDelete
  20. Ibukku yang pernah ke Bengkulu, karena ada sepupu disana... Semoga next bisa main ke Bengkulu biar bisa ketemuan sama mbak Yurma ... Amiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya..sepupu orang Bengkulu mba Retno? Wah asik dong artinya ada tujuan kan mau ke sini..

      Delete
  21. jadi pengen ke Pantai Bengkulu, lihat keindahan alamnya langsung bareng keluarga pastinya.

    ReplyDelete
  22. Asikk banget sepedaan sore-sore di Pantai Panjang ya Mbak. Adeem sepoi sepoi. Kalo udah capek tinggal leyeh-leyeh di pinggir pantai sambil nyeruput es kelapa muda sambil ngemil opak. Jadi kangen Bengkulu. :D

    ReplyDelete
  23. aku blm pernah ke bengkulu, pingi juga sekali-kali ke sana

    ReplyDelete
  24. Eh ternyata bengkulu punya batik juga, keren yaaa warna2 nya kayak tenun palembang

    ReplyDelete
  25. Wah bengkulu ternyata asik juga kelihatannya

    ReplyDelete
  26. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Objek Wisata Terpopuler di Kota Bengkulu
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  27. ternyata pesona Bengkulu indah juga ya .........

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.