Indahnya Wisata Bengkulu

Beberapa hari yang lalu, sebuah foto sepertinya tidak asing lagi bagiku melintas di Timeline Instagram ku. Lama kuperhatikan foto cantik nan memukau itu. Rasa-rasanya foto itu sangat familiar, tempat di foto itu sangat akrab dengan ku. Dan dugaanku benar, foto itu adalah foto salah satu Pantai di Kota Bengkulu, Pantai Panjang. Tapi..mengapa kok Pantai Panjang menjadi sangat indah di foto itu? airnya jernih, bening, langitnya biru, dedaunan di sekitarnya berwarna hijau. Sungguh sebuah foto yang menawan dengan selera fotografi yang sangat tinggi. Rasa penasaranku semakin memuncak ketika wajah yang ada di foto tersebut (meskipun mengambil jarak jauh) serasa juga sangat familiar dimataku. Dan ouhhh..wajah itu semakin akrab di fikiranku. 

Ya, wajah gadis manis, tinggi semampai di foto tersebut adalah siswi ku ketika beliau masih berstatus pelajar di MA tempat ku mengabdi. Betul sekali dia adalah muridku dulu. Aku sangat spechleas dengan 'penemuan ini'. Jadi begini sepanjang interaksiku dengan dunia media sosial dan segala yang berurusan dengan share, post dengan misi tertentu (bukan dengan tujuan selpih) sekitar 4 tahunan ini pasti dari kalangan blogger, atau teman-teman di media online. Yah, kalau orang-orang kebanyakan pasti fotonya adalah selpih atau paling tidak selera fotografinya kurang menariklah.. hehe Nah, ternyata si gadis manis muridku ini memiliki selera fotografi yang sangat tinggi.

Pantai Panjang (sumber ig novitri.lestari)

Kekagumanku tidak berhenti sampai di sana, tanganku yang sudah mulai gatal ini menyusuri akun IG Novitri, dan OMG, dari 90-an kiriman di Instagramnya semuanya eye catching, menarik, persis besutan fotografi profesional, setidaknya aku tidak berlebihan mengatakan hal ini. Dan setiap foto selalu diberikan hastag yang pas dan berhubungan dengan topik yang ditampilkan di foto tersebut. Dan yang semakin membuatku terpukau adalah followernya Novitri sudah menyamakan folower dari seleb-seleb yang biasa nampil di tv-tv itu lho..sudah mencapai puluhan K. Hingga post ini di buat folowernya sudah mencapai 20.4K. WOW banget gak sih?

Mengapa aku tertarik dengan topik ini? setidaknya ada beberapa hal yang membuatku bangga dengan Novitri, ceile.. Sebagai mantan gurunya, aku bangga memiliki mantan murid yang bermanfaat oleh banyak orang, setidaknya Novitri adalah salah satu yang bisa aku banga-banggakan di depan adik-adik kelasnya bahwa mereka memiliki mantan kakak kelas yang keren bisa membanggakan dan bermanfaat oleh orang banyak. Dengan cara mengupload wisata Bengkulu setidaknya Novitri sudah mampu memperkenalkan daerah kami di mata dunia akan keberadaan Wisata Bengkulu.

baca juga : Objek wisata terpopuler di Kota Bengkulu

Indahnya Pantai Panjang 

sumber ig novitri.lestari

Masih di IG Novitri, ternyata Pantai Panjang bisa seindah itu ya? Aku beberapa kali memotret Pantai Panjang tidak secantik itu, namun di tangan Novitri Pantai Panjang kian Indah dan berwarna. Mau tau gak berapa banyak yang nge-like postingan pantai Panjang yang diupload oleh Novitri ada 23.000 warbiasaah! Poin ini yang setidaknya menjadi kebanggaan saya sebagai warga Bengkulu. Setidaknya folower Novitri pasti melihat postingan ini atau kalau dia bukan folower Novitri masih banyak juga masyarakat Instagram sana yang mencari dengan kata kunci hastag yang digunakan Novitri akan kesasar ke foto ini. Nah, kan jadi terkenal dong daerahku. 


hutan pinus di Pantai Panjang (sumber ig novitri.lestari)

Pantai Panjang dalam lima tahun terakhir selalu berbenah diri. Sejak dibangunnya ruas jalan menuju lokasi wisata pantai panjang di tahun 2005 pembangunan di sepanjang pantai panjang tidak pernah habis-habisnya. Pembenahan dari segi infrastruktur jalan, fasilitas umum, ruang publik hingga usaha rakyat menjadi unsur penunjang lokasi wisata Pantai Panjang. Apalagi beberapa even-even besar kerap kali menjadikan pantai Panjang sebagai lokasi acara.

Pantai Padang Betuah yang Memukau



Hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bengkulu, Novitri mengajak kita untuk melihat Pantai Padang Betuah nan indah menawan. Pantai Padang Betuah letaknya di Kabupaten Bengkulu Utara, akses lokasi bisa ditempuh denan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun sayangnya untuk angkutan umum rada susah untuk menjangkau lokasi, kita bisa saja menyewa travel atau angkutan desa namun sudah sangat sedikit angkutan desa yang menuju ke lokasi wisata Pantai Padang Betuah. 

Curug Embun

Selanjutnya kita menuju Curug Embun yang berlokasi di Kabupaten Bengkulu Tengah, Ternyata Bengkulu menyimpan potensi alam yang indah dan mempesona, Kembali Novitri mengajak kita menikmati panorama alam air terjun Curug Embun. Lokasi air terjun yang bersahabat, tidak terlalu curam menjadikan tempat ini sangat ramah untuk wisata alam keluarga. Jaraknya juga tidak terlelu jauh daai kota Bengkulu, sekitar 1 jam perjalanan. 

Taman Wisata Family Sungai Suci



Lokasi wisata Taman Wisata Family Sungai suci menawarkan keindahan hutan Bakau, Anda bisa menjelajah Hutan Bakau melalui jalan setapak yang terbuat dari potongan-potongan kayu terhubung antara pepohonan bakau. Ada beberapa spot cantik yang dapat Anda jadikan objek berfoto seperti ikon love, maupun latar hutan bakau yang sejuk. Akses ke Objek wisata ini melewati jalan lintas barat pesisir Bengkulu-Sumbar, hanya berjarak 4 km dari Pusat Kota.

PLTA Musi

Dari Kabupaten Rejang Lebong kita akan dimanjakan dengan  wisata alam nan elok yaitu PLTA Musi. Di sini Anda bisa mengunjungi bendungan air Musi sebagai bahan baku pembangkit listrik tenaga air (PLTA). PLTA Musi merupakan pemasok utama sumber listrik wilayah Sumatera Bagian Selatan yang menangani wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya, Bengkulu dan Sekitarnya. Novitri kembali mengajak kita melihat keelokan PLTA Musi dari ketinggian. Subhanallah, kuasa Ilahi akan anugerah alam yang tidak terhingga ini. Kecil sekali manusia jika dibandingkan dengan betapa luasnya jagad raya.

Air Terjun Tangsi Duren Kepahiang

sumber IG @novitri.lestari

Wisata alam selanjutnya adalah Air Terjun yang terletak di Kabupaten Kepahiang. Lokasi berjarak sekitar 83 km atau 2 jam perjalanan dari Kota Bengkulu. Panorama alam berupa air terjun mengajak pengunjung untuk mentadaburi alam yang indah luar biasa ini. Pengunjung dapat menjangkau lokasi air terjun dengan kendaraan roda empat maupun roda dua lalu berjalan kaki sekitar 1 km menuju lokasi air terjun. Anda dapat mandi di curahan air terjun atau sekedar melepas kepenatan di bebatuan yang berada tak jauh dari curahan air terjun. 

Sungai Suci

sumber ig novitri.lestari

Berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Bengkulu, Wisata Sungai Suci menawarkan keindahan alam berupa Pantai. Namanya memang Sungai Suci namun wisata ini adalah wisata Pantai. Jadi kalau ke sini jangan dicari air tawar seperti sebuah sungai ya.. namun yang ada adalah Pantai. hehe. Di sini banyak sekali spot berfoto yang biasa dikunjungi, ada sebuah pulau yang sangat mirip dengan view yang ditawarkan Bedugul di Bali lho.. karena pulau ini tadinya berupa daratan yang tergerus oleh abrasi pantai sehingga menyisakan sedikit daratan yang tidak terendam air laut. Namun jika ke sini harus berhati-hati ya karena bisa saja sewaktu-waktu ombak naik ke daratan dan menarik semua benda yang ada di tepi pantai.

Baca juga : Traveling sepanjang 2016

Danau Mas Curup

Danau Mas Curup (sumber IG novitri.lestari)

Danau Mas terletak di Kabupaten Rejang Lebong, wisata ini menawarkan keindahan alam berupa danau. Akses lokasi dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Bengkulu. Anda dapat merasakan udara yang segar karena lokasi berada di dataran tinggi. Kota Curup merupakan kota dengan wisata alam yang indah, berbagai potensi hasil bumi dihasilkan dari daerah ini seperti sayuran segar, buah pisang, pepaya, alpukat, dll. 

29 comments

  1. Keren jadi baper pengen wisata ke Bengkulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ih...ke Bengkulu banyak wisata pantainya

      Delete
  2. Waah mba ternyata tempat wisata di Bengkulu bagus2 ya.. Kurang promosi atau aku yg kuper yah mba jadi baru banget nih liat tempat wisata di sana.. hihi.. Itu Pantai Panjang keren bgt, bersih lagi yaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah, kalau masalah bersih apa enggak kemungkinan fotonya pas sedang bersihnya, ayok ke Bengkulu

      Delete
  3. banyak ya wisata di bengkulu, pengen maen ke bengkulu jadinya, sekalian mampir ke rumah temen

    ReplyDelete
  4. indahnya bengkul, indahnya indonesiaku

    ReplyDelete
  5. Bagus banget pantai panjangnya. Bengkulu sedang bagus2nya ya mbak promosi wisatanya. Senang lihat blogger mempromosikannya dengan cara seperti ini. Kita yang di luar jadi dapat berita.

    ReplyDelete
  6. Duh kapan saya bisa ke Bengkulu yaa....ternyata masih banyak tempat keren selain di daerah2 yanh audah terkenal duluan..hihi

    ReplyDelete
  7. Keren tempatnya. Pengen selfie di sana. :D

    ReplyDelete
  8. Indahnya Indonesia. Belum pernah ke Bengkulu. :D

    ReplyDelete
  9. Sungai suci itu yang paling saya suka. Kapan yah bisa kesana. Umm...

    ReplyDelete
  10. Wisata di indonesia sangat menarik betapa indahnya alam indonesia. Mari kita kunjunggi keindahan wisata yang ada di indonesia kalian juga bisa mengakses http://pariwisata.gunadarma.ac.id/ untuk mengetahui berbagai informasi tentang pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih kunjungannya lain kali tidak usah pake link ya mas

      Delete
  11. Pemandangannya bagus2. Bengkulu! Cam Ko Ha

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. trimakasih sama Novitri yang bersedia di ulas IG nya..

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.