Traveling sepanjang 2016

Awal tahun 2016 adalah tonggak sejarah dalam perjalanan saya nge-blog. (Cie...udeh kayak pelajaran sejarah aja ya, pake tonggak sejarah segala haha..). Bulan-bulan pertama setidaknya ada azzam dalam diri saat itu untuk serius ngeblog. Mulailah membenahi blog dengan membuat kecenderungan topik tertentu di blog ini. Namun ternyata, setelah cek dan ricek ternyata banyak sekali topik yang aku bahas di blog ini dan sangat sulit untuk ditarik benang merah menjadi satu niche tertentu. Ada Traveling, tentang parenting, tentang mata pelajaran, tentang cooking, kuliner, artikel ringan hingga tips nge-blog. 


Dalam kebingungan saya menentukan niche blog ini terdamparlah di blognya mba Shintaries yang mengatakan bahwa apabila banyak topik yang dibahas di suatu blog jadikanlah blog itu blog lifestyle. Maka setelah membaca potingan itu saya akhirnya menentukan niche blog ini yaitu Lifestyle. 

Lifestyle

Dalam blog yang memiliki niche lifestyle kata mba Shinta boleh saja memiliki postingan yang berbeda-beda topiknya. Nah, blog ini akhirnya masih bisa melanjutkan setiap topik yang telah ada sebelumnya tanpa perlu menghapus postingan yang tidak sesuai dengan nichenya. 

Selanjutnya di bulan April blog ini resmi memiliki domain pribadi. Setidaknya saya merasa sudah sama dengan teman-teman di beberapa grup blogger yang telah lebih dahulu berdomain pribadi. Sejak itu saya mulai serius nge-blog dan membenahi postingan-postingan di blog. 

Namun keinginan tersebut hanyalah angan semata, saya tidak memiliki energi lebih untuk mengisi label traveling lebih banyak lagi. Meskipun saya bisa saja sih menulis traveling dengan meminjam foto pendukung dari google namun entah mengapa selalu saja tidak puas jika postingan traveling tidak didukung foto-foto sendiri. 

Baiklah kita sekarang akan berpetualang bersama blog www.yurmawita.com sepanjang tahun 2016.

Traveling di awal tahun

Di awal tahun 2016 kita traveling ke Sumatera tepatnya di Sumatera Barat. Perjalanan mengunjungi Sumbar saat itu dalam rangka liburan keluarga. Ada beberapa postingan yang berhasil di publikasikan di blog ini yang dapat Anda nikmati. Mulai dari perjalanan ke Painan, Kota Padang, Bukittinggi, Sawahlunto, Batusangkar. Beberapa spot penting mampu diabadikan di blog ini. Misalnya ketika postingan di Painan, pengunjung diajak untuk mengunjuni Pantai Carocok yang indah memukau. Pemandangan dari Bukit yang indah sangat-sangat indah. 

Menikmati Pantai Carocok dari Bukit Langkisau


Pantai Carocok view dari Bukit Langkisau

Pantai Carocok memiliki air yang sangat jernih, dengan gugusan pulau-pulau memukau. Sayangnya kunjungan kami ke sana tidak sempat mengeksplor pulau-pulau cantik nan molek tersebut lantaran masih ingin mengunjungi daerah lainnya. Kunjungan sesaat namun sangat berkesan. Ramainya pengunjung Pantai Carocok tidak sedikitpun mengurangi keindahannya, gelimang manusia di pingggir pantai hanya seperti butiran pasir saja dibandingkan dengan limpahan lautan biru nan eksotik. Tak jemu-jemu rasanya menikmati pemandangan lautan yang biru, dikelilingi pengunungan hijau serta pulau-pulau kecil sekitarnya.

Pantai Carocok
Sayangnya kami tidak sempat mengeksplor lebih banyak legi tentang keindahan Pantai Carocok, padahal kalau ke sini banyak sekali spot yang indah-indah yang dapat menjadi tempat berkunjung.

sayangnya foto-fotonya selalu ada penghuninya haha..

Berburu Oleh-oleh di Jam Gadang



Berlanjut menuju Kota Padang, lahirlah postingan tentang wisata di Sumatera Barat yang menceritakan tentang wisata di Kota Padang. Dalam postingan tersebut saya menceritakan tentang pengalaman menginap di Kota Padang yang cukup padat, pengalaman mencari penginapan, sampai berkeliling di Kota Padang. Hingga perjalanan ke Bukittinggi dengan julukan Kota Berbudaya. Di Bukittinggi perjalanan kami sempat mengeksplor gua jepang, Jam Gadang, Ngarai Sianok dan Pasar Rakyat dengan berbagai kekhasannya.

Berkunjung ke rumah Gadang nan Elok di Istana Pagaruyung 



Postingan selanjutnya yaitu tentang wisata Batusangkar yang akan mengeksplor rumah adat Minangkabau dengan berbagai ciri khasnya. Wisata Batusangkar memiliki kelebihan tersendiri yaitu rumah adat Minangkabau yang indah dan eksotis. Rumah gadang dengan berbagai ornamen indah di dalamnya menjadikan post ini cukup laris trafiknya. 

Berwisata sejarah di Sawahlunto


museum keretaapi di Sawahlunto
Selanjutnya postingan tentang Wisata Sejarah Sawahlunto dengan keunikan yakni gua bekas peninggalan tambang batubara. Sisa-sisa peninggalan sejarah sangat banyak terdapat di Sawahlunto, ada mesjid Nurul Iman, Museum Ransum, Gudang, museum kereta api dan sebagainya.

Berkesempatan Mengunjungi Pabrik PT Semen Padang Sumatera Barat

Di bulan Maret, ternyata Allah memberikan kesempatan untuk menjadi salah satu bagian dari blogger yang diundang oleh Pabrik Semen Padang. Sekitar 30 orang blogger dari berbagai penjuru daerah di Indonesia menjadi tamu di pabrik semen legendaris di pulau Sumatera tersebut. Di post blog ini ada beberapa postingan yang meliput tentang kunjungan ke Pabrik Semen PT Semen Padang, Dari perjalanan tersebut banyak sekali pengalaman yang didapat dari berbagai kegiatan antara lain melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan semen yang dimulai dari proses pemblastingan bukit kapur.

Wah, ternyata disini aku ketemu dengan blogger ngehits Susindra, Desi Achierini, Muth Muthia, dll keren dan sangat berkesan. Nah, cerita selengkapnya ada di postingan berikut ya..

Baiklah ikuti terus postingan traveling blog kita sepanjang tahun 2016 ya..

15 comments

  1. Aku pengen mengunjungi Ranah Minang. :'D Kesempatannya belum ada nih. Huaaaa, banyak banget tempat yang pengen aku kunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ke Sumbar, banyak banget wisatanya mba Anisa

      Delete
  2. Wah, perjalanan yang sangat panjang. :D

    ReplyDelete
  3. salam kenal mbak, ceritanya hampir sama nech, tgl 26 des kemarin kami ke istana pagaruyung n carocok, duh alam sumbar emang ajib ya mbak

    ReplyDelete
  4. Serunya kalau travelling bersama keluarga ya mba Yurma :)

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah ke Sumatera. Yaampuuunnn... kacian banget ya aku. Walau sering jalan2 baru sekitar Jawa dan Bali aja.

    ReplyDelete
  6. aku slalu suka baca traveling blog temen2 :).. krn aku pecinta traveling dan selalu rutin jalan tiap thn kali yaa :D.. jd kdg suka cari inspirasi, mau kemana lg nih thn ini :D.. nyari inspirasinya ya dari blog temen2 yg nulisin pengalaman traveling mereka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka baca blog traveling berasa kita ikut ada disana ya mba..

      Delete
  7. sudah pernah ke padang tapi itu tuh tempat belum terjelajah, butuh balik lagi kayaknya ya yurma

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.