11 Resep Kue Tanpa Oven


kue kering

Sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan dan Syawal, kedua bulan mulia yang penuh dengan barokah dan silaturahmi. Di bulan Ramadhan biasanya akan sangat identik dengan ibadah dan jamuan berbuka sedangkan di bulan Syawal sangat lekat dengan silaturahmi dan kue-kue khas lebaran.

Kali ini tema kuliner di blog kesayangan kita ini akan mengulik tentang resep kue yang tidak perlu menggunakan oven dalam proses pembuatan nya.


1. Kembang Goyang

Kue kering ini terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan santan serta rasa yang menyesuaikan dengan selera. Ada yang menyukai rasa manis ada pula yang suka dengan rasa gurih. Cara pembuatannya gampang gampang susah. Kita hanya mencampurkan tepung beras, santan, garam, penyedap dan daun jeruk yang telah diiris tipis. Untuk mendapatkan hasil kue yang renyah bisaembuat adonan sedikit encer tapi jika mau membuat kue yang tidak rapuh bisa mengentalkan adonan dengan mengurangi takaran santan. Setelah adonan tercampur, selanjutnya tinggal proses menggoreng dengan terlebih dahulu memanaskan cetakan besi kembang goyang ke dalam minyak panas. Apabila sudah dicelupkan ke dalam adonan maka kita tinggal menggoyang goyangkan adonan ke dalam minyak panas tersebut untuk melepaskan adonan dari cetakan.


2. Telur gabus

Telur gabus termasuk kue kering yang banyak peminatnya, rasa nyaman yang gurih sangat enak di lidah . Kue kering ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan terigu, telur serta garam. Cara pembuatannya dengan mencampurkan adonan lalu di pilin menggunakan telapak tangan dan dimasukkan ke dalam minyak dingin. Setelah itu baru di goreng di atas minyak panas.

3. Kue tusuk gigi

Dari namanya terbayang bentuk kue yang menyerupai tusuk gigi ya, bentuknya memang panjang panjang kecil menyerupai tusuk gigi. Kue ini terbuat dari campuran terigu, tapioka dan telur serta garam dan penyedap rasa. Prosesnya antara lain : menguleni semua bahan hingga dapat dibentuk dan dicetak dengan menggunakan mesin giling mie. Setelah dicetak selanjutnya tinggal.menggoreng adonan hingga garing.

4. Kacang telur

Kacang telur banyak disukai dan termasuk kue favorit ketika lebaran tiba, bahkan kue kering ini tetap banyak peminatnya meskipun di hari-hari biasa. Kue kacang telur terbuat dari kacang tanah yang dibaluri dengan telur dan terigu lalu di goreng hingga kecoklatan.
Mudah sekali bukan pembuatannya? Yuk di coba.

artikel terkait : Bumbu Rendang Daging Sapi

5. Kacang tujin atau kacang bawang

Kacang bawang atau kacang tujin adalah kacang tanah yang digoreng dan dibumbui bawang serta penyedap. Proses pembuatannya cukup mudah hanya dengan merendam kacang dengan bumbu  halus seperti bawang merah dan bawang putih, garam serta penyedap. Boleh juga ditambahkan seledri supaya lebih wangi.

6. Kare-kare

Kare-kare adalah kue kering yang berbahan dasar ubi jalar yang diberi gula karamel. Dalam pembuatannya cukup mudah antara lain dengan cara mengiris kecil kecil ubi jalar atau bisa dengan alat khusus memotong ubi jalar berbentuk halus. Lalu ubi di goreng kering. Setelah semua ubi di goreng kita tinggal membuat karamel dengan cara memanaskan gula pasir hingga mencair dan menjadi karamel. Setelah itu barulah ubi yang telah di goreng diaduk bersama karamel dan dicetak dengan cetakan kare-kare.

7. Kue semprong

Kue semprong termasuk kue kering yang bikin ketagihan. Kue ini terbuat dari tepung beras yang diberi santan lalu di masukkan ke dalam cetakan kue semprong, saat masih panas kue semprong langsung di gulung-gulung, bila dingin kue akan mengeras dan menghasilkan kue yang renyah dan enak.

8. Kue keras

Kue keras di daerahku Bengkulu sangat familiar, kue ini selalu menjadi favorit saat lebaran tiba. Jangan dikira tekstur kue ini sangat keras seperti namanya, kue ini sangat renyah dan bikin ketagihan karena rasanya yang gurih. Bahan utama pembuatan kue keras adalah tepung beras, santan dan garam. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan hingga menyatu dan dicetak cara membuatnya tipis-tipis selanjutnya digoreng kering.

9. Kelanting

Kelanting terbuat dari ubi singkong yang telah diparut. Selanjutnya parutan ubi dicampurkan dengan tepung tapioka lalu dicetak memanjang dan dikreasikan sesuai selera. Pada umumnya kelanting dikenal dengan cetakan berbentuk angka 8. Setelah dicetak selanjutnya adonan di goreng kering.

10. Rengginang

Rengginang pada awalnya adalah ketan yang di beri garam di jemur kering, lalu di goreng.
Namun saat ini sudah banyak variasi rengginang yang dapat di temui di toko toko kue, seperti rengginang ubi, rengginang ketan, dan rengginang beras. Rasanya juga bervariasi sesuai dengan selera.


11. Kue siput

Kue siput berbahan dasar kacang tanah yang dibalut adonan tepung dibentuk seperti siput. Pembuatannya dengan cara membentuk adonan kulit terlebih dahulu yang terbuat dari tepung terigu dan air, setelah itu di cetak tipis-tipis. Selanjutnya kue siput di goreng hingga garing, sambil diberi gula pasir hingga membentuk karamel dan menempel di siput.

Demikianlah Resep kue tanpa perlu oven yang dapat Bunda buat saat menyambut lebaran tiba. Selamat mencoba ya!

37 comments

  1. Saya nggak tau nih kuenya semua, yang tau: kembang goyang, kacang telur, kacang tujin, dan rengginang. Lainnya nggak tau, apalagi kue tusuk gigi

    ReplyDelete
  2. Aku paling suka sama kacang telur Mba. Kalau pas lebaran, di rumah pasti ada camilan satu ini :D.

    ReplyDelete
  3. Baru tau ada yang namanya kue tusuk gigi hehehe.
    Aku suka rengginang :)

    ReplyDelete
  4. wah, buat aku yang baru belajar masak, bermanfaat banget ini bun. ditunggu resep masing-masingnya :D

    ReplyDelete
  5. Kembang goyang favorit aku nih. Kriuk kriuk. Sering banget dapet kiriman kalu pas lebaran.

    ReplyDelete
  6. Yg no. 5 itu simple banget yaak mbak, tinggal digoreng hehe... menu kue wajib itu tiap lebaran tiba 😄 kue-kuenya yg lainnya juga.. so simple tanpa oven

    ReplyDelete
  7. Kue favoritku semuaaaa.

    Gampang ya ternyata bikinnya ga perlu pake oven segala.

    ReplyDelete
  8. dari dulu pengen bikin kue telur gabus nggak pernah kesampaian. kalau menurut saya nih makanan yang non oven ini malah yang paling cepat habis kalau lebaran. heu

    ReplyDelete
  9. Wah kalo ada gambarnya jadi makin jelas informasinya. Saya belum tahu kue kare-kare dan kelanting. Mm, mungkin di daerah saya beda nama atau mungkin enggak ada. Tapi, makasi udah berbagi mba. Mencerahkan juga. Hehe

    ReplyDelete
  10. Telur gabus itu favorit banget! Dari kecil kalo dibikinin yang satu ini girang sekali

    ReplyDelete
  11. Itu kue kesukaan saya semua...hihihi

    ReplyDelete
  12. Baca tulisan ini jadi tercium aroma kue lebaran. Sebentar lagi, ya.. Kue tanpa oven ini aku banget, nggak punya oven, dan memang nggak passionnya untuk baking..hehhee

    ReplyDelete
  13. wuuaa...ini yang saya cariii... seccara ya, oven sedang ngambek. terima kasih referensinyaa.

    ReplyDelete
  14. Yang pernah bikin cuma kacang bawang diantara semua itu :D
    Yang lain pernah makan dan mantaaap!

    ReplyDelete
  15. Terima kasih mba, cukup jadi referensi yang baik nih untuk persiapan lebaran.

    ReplyDelete
  16. Cuman tau rengginang dan kacang telur hehe. Andaikan semua ada gambarnya mba,

    ReplyDelete
  17. Saya kebagian makan aja deh Mbak. Orang lain kalau stress masuk dapur, masak. Saya kalau masuk dapur stress.

    ReplyDelete
  18. Coba ada gambarnya mba. Bisa ngeces seember. Hihi. Aku suka kue gabus. Kalo kare kare apa sama dengan kue sagon ya

    ReplyDelete
  19. Kue tusuk gigi itu yg kaya apa ya? Hehehe...bayangan saya mie terigu yg dipotong seukuran panjang tusuk gigi terus digoreng

    Hehehe ngasal...

    ReplyDelete
  20. Belum pernah bikin kue siput sama semprong. Kie siput juga belum pernah makan.

    ReplyDelete
  21. izin simpen mbakk wkwk di rumah kebetulan belum ada oven tapi kami berdua suka banget penganan manis.

    ReplyDelete
  22. Saya suka kembang goyang sama renginang tapi lom pernah bikin. Makasih udah share resepnya

    ReplyDelete
  23. Suka banget sama kembang goyang tapi lom pernah bikinnya

    ReplyDelete
  24. ada beberapa kue yang baru aku denger namanya.. kalau ada fotonya pasti bisa ngebayangin juga deh,,, hmmm...

    ReplyDelete
  25. aaahhhhh... boleh nih buat dicoba dirumah, terima kasih ya mbak untuk sharenya

    ReplyDelete
  26. Wah kapan-kapa saya mau coba mba resepnya.
    Selama ini pengen banget belajar buat kue tapi ya kayaknya malas banget udah gitu dirumah kan gak punya oven hehe
    Tapi setelah baca tulisannya kayaknya aku wajib coba kalau ada waktu luang hehe

    ReplyDelete
  27. Kalau saya paling suka kue gabus mba. Soalnya enak banget. Nah, karena saya bagian yang mengunjungi jadi ga banyak stok makanan di rumah klo ramadhan atau lebaran hihihi

    ReplyDelete
  28. Aku blum pernah coba semuanya, padahal sdh sering aku makan next mesti googling ini cara buatnya biar lengkap n gk ggal

    ReplyDelete
  29. Ada beberapa kue yang bingung ngebayanginnya. Tapi memang kalau gak punya oven, kue-kue ini bisa jadi pilihan ya mba

    ReplyDelete
  30. Sayang tidak ada gambarnya mbak. Dari 11 jenis kue ini hanya beberapa yg saya tau mbak seperti kembang loyang, kacang telur, kacang tujin, semprong dan kelanting

    ReplyDelete
  31. cocok nih untuk persiapan lebaran hehe

    ReplyDelete
  32. Kalo ak kue semprong mbak. Gak tau kenapa kue semprong itu emang paling favorit, apalagi pas mendekati lebaran begini

    ReplyDelete
  33. Kembang goyang, telur gabus, kacang tojin, kue bawang ini setiap lebaran selalu ada..jadi pengin cepat lebaraan :)

    ReplyDelete
  34. Lengkapin ma resepnya mbak hehe. Cocok nih buat aku yg gak punya oven :D

    ReplyDelete
  35. Aroma lebaran udah mulai terasa nih. Hmmm ... Aku pilih mana ya? Rengginang, kacang telur, kue gabus, kue semprong atau ... Ya ampun pingin semua hahaha

    ReplyDelete
  36. Ini bakal jauh lebih bagus kalau dikasih foto satu-satu hehe. Maklum, anak kayak saya nggak tau sama sekali bentuknya

    ReplyDelete
  37. kue-kue tradisional semua itu. Enak lho dan awet asalkan disimpan di toples tertutup rapat.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.