Bahan Bumbu Rendang Daging Sapi - Yurmawita's Blog Bahan Bumbu Rendang Daging Sapi | Yurmawita's Blog
Monday, June 19, 2017

Bahan Bumbu Rendang Daging Sapi



Rendang adalah masakan khas dari daerah Minangkabau. Cita rasa Rendang yang khas kaya akan bumbu membuat masakan ini bisa diterima oleh lidah di belahan dunia manapun bahkan rendang juga bisa dikreasikan dengan berbagai masakan khas dari luar negeri seperti pizza dan spageti.

Saat ini Rendang sudah menjadi masakan khas di seluruh daerah Nusantara. Hampir semua orang Indonesia mengenal rendang dan tentu menyukai rasa rendang yang lezat. Hampir bisa dikatakan bahwa rendang telah menyesuaikan dengan lidah para penikmatnya, 

Bahan bumbu rendang banyak terdapat di sekitar kita, bahkan di beberapa toko bumbu selalu menyiapkan bahan bumbu rendang praktis. Sehingga apabila ibu-ibu ingin memasak rendang tinggal ditambah santan dan daging saja sudah bisa menghasilkan rendang yang memiliki rasa yang enak.

Sebelumnya blog ini juga pernah berbagi cerita tentang rendang lokan yang sangat nikmat itu lho. Nah, bumbu rendang yang digunakan untuk rendang daging sapi ini juga sama seperti bumbu rendang lainnya. 

Namun sebagai ibu-ibu sebaiknya kita juga harus tau dong bumbu rendang itu seperti apa sih, karena meskipun sudah ada bumbu instan siap pakai di pasaran tetap saja yang namanya olahan tangan sendiri dari bumbu-bumbu segar tidak bisa dibohongi, rendang yang dimasak dengan tangan sendiri dan dari bumbu-bumbu segar akan menghasilkan masakan yang luar biasa enaknya. 

Nah, aku akan berbagi tentang bumbu rendang resep mertua ku ya, rasanya enak maknyos top markotop deh. Menurut  keluarga besarku hehe…

Simak ya bahan-bahan Bumbu Rendang Daging Sapi berikut :

Daging sapi segar 1/2 kg (perhatikan cara memotong dagingnya karena jika salah memotong hasil masakan tidak empuk alias alot. Cara memotong yang benar adalah lebar kira-kira 5 x 8 cm dengan ketebalan ½ cm. Ketebalan potongan sangat mempengaruhi keempukan dagingnya ya, jadi jangan terlalu tebal, potongan kubus sangat tidak dianjurkan karena menyebabkan rendang keras dan lama empuknya.

Santan 1 kg (santan kental ya)

Bumbu halus

Cabe 1 ons (mau lebih boleh kalau suka pedas)
Kelapa sangrai (lebih baik sangrai sendiri dari kelapa tua kira-kira setengah kelapa setelah kuning kecoklatan lalu giling hingga keluar minyak)
Laos ½ ruas jari
Kunyit ¼ ruas jari
Ketumbar 1 sdt
Merica ½ sdt
Bawang merah 8 siung
Bawang putih 3 siung
Jahe ½ ruas jari
Buah pala seujung jari
Kapulaga 
Cengkeh 5 biji
Daun salam 3 lbr
Daun jeruk 2 lbr
Sereh 1 batang besar memarkan
Gula merah sedikit (jika suka)

Artikel terkait : Rendang lokan

Cara memasak 

Blender semua bumbu halus. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum masukkan bumbu daun lalu masukkan santan aduk aduk hingga mengental. Apabila santan sudah mengental dan mendidih masukkan daging sapi terus aduk hingga masak. Apabila santan sudah menyusut cicipi daging sapi jika sudah bisa dipotong menggunakan sendok maka daging sudah empuk. Apabila sudah empuk tinggal menunggu santan  saja agar tidak berair. Setelah agak mengering segera angkat dan siap dihidangkan. 

Beberapa tips memasak rendang yang empuk

Cara mengiris daging harus diperhatikan, perhatikan seratnya jangan mengiris dengan cara memotong serat, tapi irislah mengikuti seratnya. 

  • Tidak mengiris daging dengan bentuk dadu karena hal itu akan menambah lama memasaknya, permukaan daging tidak seluruhnya terkena panas sehingga semakin lama daging empuk. Irislah dengan melebar.
  • Gunakan santan kelapa dari kelapa tua karena akan mendapatkan santan kental dan enak
  • Pilih santan segar jangan yang sudah dibekukan dilemari es karena akan mengurangi kelezatan rendang
  • Gunakan selalu bumbu segar bukan bumbu yang lama
  • Hindari memasukkan unsur logam seperti sendok, paramex dan sebagainya yang tidak ada hubungannya dengan bumbu masakan, karena akan menyebabkan masakan terkontaminasi zat berbahaya.
  • Jangan lupa bagi akuh ya… kalau udah jadi (moduss  eh)
  • udah masak aja sok.

Selamat memasak!

6 comments:

  1. Kalau dari segi bahan sih mudah dicari, begitu juga dengan cara memasak, tapi aku belum tahu bisa seenak ibuku gak ya kalau masak. Perlu belajar dulu..hehe

    ReplyDelete
  2. mantap tipsnya, aku juga suka masak rendang

    ReplyDelete
  3. belum pernah bikin rendang pakai kelapa sangrai (malas bikinnya, hehe). mau coba ah :)

    ReplyDelete
  4. Wah justru sebaiknya lebar2 ya?
    AKu mesti potong dadu kecil2 hehehe
    oke2 TFS tipsnya ya mbak

    ReplyDelete
  5. Aku bikon rendang kalo lebaran aja hihi lgs 4kg misalnya. Hari2 biasa kl mau rendang sih tinggal jln kaki ke warung masi padang hihihi...

    ReplyDelete
  6. Buat lebaran tips yg berguna ,informatif

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.