Rendang Lokan - Yurmawita's Blog Rendang Lokan | Yurmawita's Blog
Friday, September 23, 2016

Rendang Lokan

Rendang Lokan
Kalau Padang populer dengan rendang Padang, Bengkulu juga memiliki rendang yang tak kalah enaknya yaitu Rendang Lokan.

Aslinya rendang Lokan ini asalnya dari Mukomuko. Mukomuko merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sebelah Utara Bengkulu berbatasan dengan Kota Padang Sumatera Barat dan Jambi.
Kondisi geografis Muko-muko memang berbatasan langsung  dengan Samudera Hindia jadi potensi kekayaan laut yang berlimpah. Termasuk kerang-kerangan sejenis Lokan, remis dan kerang. Lokan adalah sejenis kerang yang hidup di muara, kulit kerang berupa lapisan kapur yang amat keras. Ukuran kerang Lokan termasuk kerang yang paling besar dibandingkan jenis lainnya.
Masyarakat Mukomuko telah lama mengolah Lokan menjadi pangan yang lezat salah satunya adalah rendang Lokan. Cara memasaknya sama seperti rendang daging sapi yang kaya akan. Bumbu-bumbu dapur seperti kelapa goreng, bawang merah putih, lengkuas, kunyit jahe, ketumbar, daun salam, daun jeruk, dan daun sereh.

Rendang Lokan biasa dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong yang datang ke Mukomuko.

Beberapa hari yang lalu suami juga kebetulan baru pulang dari Mukomuko untuk dinas luar pas pulang dibawakan rendang Lokan.

Rendang Lokan
Rasanya enak banget, gurih dan lezat. Rasa pedas nya pas untuk ukuran lidahku, tidak terlalu pedas atau terlalu manis. Apalagi dicampur dengan nasi putih hangat, dijamin kamu pasti nambah hehe. 

Kalau mau mencicipi rendang lokan Asli Bengkulu yuk, melancong ke Bengkulu persisnya di Kabupaten MukoMuko. Sebenarnya jarak antara Bengkulu dan Mukomuko jauh banget sekitar 7 jam-an menggunakan kendaraan darat. Namun kalau melewati jalur udara bisa juga sih, soalnya sekarang kan sudah ada penerbangan menuju Muko-muko. Pesawat perintis Susi Air juga telah membuka penerbangan menuju Mukomuko dengan jadwal penerbangan 2 kali dalam satu minggu. 

13 comments:

  1. Unik ya nama kabupaten yang ada di Bengkulu namanya Mukomuko :-) Jadi untuk merasakan enaknya rendang ini harus ke Muko-muko dulu yh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Muko-muko itu salah satu kabupaten di prov Bengkulu

      Delete
  2. namanya unik ya, jadi pengen coba. sayang jauuuhh :s

    Ray - www.rayditaa.com

    ReplyDelete
  3. Bener nih Mak.. Pake nasi panas + teh hangat..... aduh... nikmaaaat

    ReplyDelete
  4. Duiy foto rendangnya bikin laperrršŸ˜€

    ReplyDelete
  5. Cuma ada di bengkulu ya rendang lokan? jauh bener padahal ngiler liat foto rendangnya :(

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  6. bedanya dengan rendang padang apa ya? penasaran

    ReplyDelete
  7. haduh mauuuu, enak banget kayanya nih, secara aku penyuka rendang mbak

    ReplyDelete
  8. Saya pecinta rendang kayaknya harus coba nih...

    ReplyDelete
  9. belom pernah nyobain rendang lokan ini, taunya juma rendang yang dari padang, kalo diluar bengkulu bisa nemuin dimana ya? :(

    ReplyDelete
  10. NIce info mbak, nanti kalau ke Bengkulu pasti saya coba rendang Lokan,hehm... jadi lapar

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.