11 Resep Kue Tanpa Oven


kue kering

Sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan dan Syawal, kedua bulan mulia yang penuh dengan barokah dan silaturahmi. Di bulan Ramadhan biasanya akan sangat identik dengan ibadah dan jamuan berbuka sedangkan di bulan Syawal sangat lekat dengan silaturahmi dan kue-kue khas lebaran.

Kali ini tema kuliner di blog kesayangan kita ini akan mengulik tentang resep kue yang tidak perlu menggunakan oven dalam proses pembuatan nya.


1. Kembang Goyang

Kue kering ini terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan santan serta rasa yang menyesuaikan dengan selera. Ada yang menyukai rasa manis ada pula yang suka dengan rasa gurih. Cara pembuatannya gampang gampang susah. Kita hanya mencampurkan tepung beras, santan, garam, penyedap dan daun jeruk yang telah diiris tipis. Untuk mendapatkan hasil kue yang renyah bisaembuat adonan sedikit encer tapi jika mau membuat kue yang tidak rapuh bisa mengentalkan adonan dengan mengurangi takaran santan. Setelah adonan tercampur, selanjutnya tinggal proses menggoreng dengan terlebih dahulu memanaskan cetakan besi kembang goyang ke dalam minyak panas. Apabila sudah dicelupkan ke dalam adonan maka kita tinggal menggoyang goyangkan adonan ke dalam minyak panas tersebut untuk melepaskan adonan dari cetakan.


2. Telur gabus

Telur gabus termasuk kue kering yang banyak peminatnya, rasa nyaman yang gurih sangat enak di lidah . Kue kering ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan terigu, telur serta garam. Cara pembuatannya dengan mencampurkan adonan lalu di pilin menggunakan telapak tangan dan dimasukkan ke dalam minyak dingin. Setelah itu baru di goreng di atas minyak panas.

3. Kue tusuk gigi

Dari namanya terbayang bentuk kue yang menyerupai tusuk gigi ya, bentuknya memang panjang panjang kecil menyerupai tusuk gigi. Kue ini terbuat dari campuran terigu, tapioka dan telur serta garam dan penyedap rasa. Prosesnya antara lain : menguleni semua bahan hingga dapat dibentuk dan dicetak dengan menggunakan mesin giling mie. Setelah dicetak selanjutnya tinggal.menggoreng adonan hingga garing.

4. Kacang telur

Kacang telur banyak disukai dan termasuk kue favorit ketika lebaran tiba, bahkan kue kering ini tetap banyak peminatnya meskipun di hari-hari biasa. Kue kacang telur terbuat dari kacang tanah yang dibaluri dengan telur dan terigu lalu di goreng hingga kecoklatan.
Mudah sekali bukan pembuatannya? Yuk di coba.

artikel terkait : Bumbu Rendang Daging Sapi

5. Kacang tujin atau kacang bawang

Kacang bawang atau kacang tujin adalah kacang tanah yang digoreng dan dibumbui bawang serta penyedap. Proses pembuatannya cukup mudah hanya dengan merendam kacang dengan bumbu  halus seperti bawang merah dan bawang putih, garam serta penyedap. Boleh juga ditambahkan seledri supaya lebih wangi.

6. Kare-kare

Kare-kare adalah kue kering yang berbahan dasar ubi jalar yang diberi gula karamel. Dalam pembuatannya cukup mudah antara lain dengan cara mengiris kecil kecil ubi jalar atau bisa dengan alat khusus memotong ubi jalar berbentuk halus. Lalu ubi di goreng kering. Setelah semua ubi di goreng kita tinggal membuat karamel dengan cara memanaskan gula pasir hingga mencair dan menjadi karamel. Setelah itu barulah ubi yang telah di goreng diaduk bersama karamel dan dicetak dengan cetakan kare-kare.

7. Kue semprong

Kue semprong termasuk kue kering yang bikin ketagihan. Kue ini terbuat dari tepung beras yang diberi santan lalu di masukkan ke dalam cetakan kue semprong, saat masih panas kue semprong langsung di gulung-gulung, bila dingin kue akan mengeras dan menghasilkan kue yang renyah dan enak.

8. Kue keras

Kue keras di daerahku Bengkulu sangat familiar, kue ini selalu menjadi favorit saat lebaran tiba. Jangan dikira tekstur kue ini sangat keras seperti namanya, kue ini sangat renyah dan bikin ketagihan karena rasanya yang gurih. Bahan utama pembuatan kue keras adalah tepung beras, santan dan garam. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan hingga menyatu dan dicetak cara membuatnya tipis-tipis selanjutnya digoreng kering.

9. Kelanting

Kelanting terbuat dari ubi singkong yang telah diparut. Selanjutnya parutan ubi dicampurkan dengan tepung tapioka lalu dicetak memanjang dan dikreasikan sesuai selera. Pada umumnya kelanting dikenal dengan cetakan berbentuk angka 8. Setelah dicetak selanjutnya adonan di goreng kering.

10. Rengginang

Rengginang pada awalnya adalah ketan yang di beri garam di jemur kering, lalu di goreng.
Namun saat ini sudah banyak variasi rengginang yang dapat di temui di toko toko kue, seperti rengginang ubi, rengginang ketan, dan rengginang beras. Rasanya juga bervariasi sesuai dengan selera.


11. Kue siput

Kue siput berbahan dasar kacang tanah yang dibalut adonan tepung dibentuk seperti siput. Pembuatannya dengan cara membentuk adonan kulit terlebih dahulu yang terbuat dari tepung terigu dan air, setelah itu di cetak tipis-tipis. Selanjutnya kue siput di goreng hingga garing, sambil diberi gula pasir hingga membentuk karamel dan menempel di siput.

Demikianlah Resep kue tanpa perlu oven yang dapat Bunda buat saat menyambut lebaran tiba. Selamat mencoba ya!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.