Cara Mengikuti Training Online Gratis untuk Guru di SEAMOLEC

[education]



Kali ini aku akan membahas tentang cara mengikuti pelatihan Online Gratis untuk Guru di SEAMOLEC. Pelatihan ini diadakan secara gratis dan bisa diikuti oleh semua guru baik yang berstatus PNS maupun guru honorer, calon guru ataupun yang mengabdi di yayasan.

Apa itu SEAMOLEC

SEAMOLEC adalah SEAMO Region Open Learning Centre adalah salah satu pusat pendidikan di bawah  naungan The Shouthest Asian Ministers of Education Organization (SEAMO). SEAMOLEC berorientasi pada dunia pendidikan serta training untuk guru dan tenaga kependidikan serta dedikasinya pada riset dan teknologi di bidang ilmu pengetahuan dan dunia pendidikan. 

Di SEAMOLEC guru-guru bisa mengikuti berbagai pelatihan secara gratis dan akan diberikan sertifikat tanda kelulusan. Sertifikat ini akan didistribusikan lewat email dan bisa dicetak oleh guru serta dapat dipergunakan untuk keperluan kedinasan dan kepangkatan.

Cara Mendaftar training di SEAMOLEC

  1. Silahkan kunjungi website SEAMOLEC di mooc.seamolec.org 
  2. langkah pertama yang harus dilakukan adalah registrasi. Silahkan isi data diri Anda, alamat email, nama instansi, nomor Whatshap, dll
  3. setelah melakukan registrasi dan berhasil submit. Silahkan buka email untuk aktivasi akun SEAMOLEC, lalu klik aktivasi
  4. Sampai di sini Anda sudah memiliki akun SEAMOLEC yang dapat dipergunakan untuk mengakses berbagai informasi penting terkait banyak hal tentang dunia pendidikan dan training.
  5. untuk mendaftar training Anda dapat melihat informasi training apa saja yang sedang dibuka di label 'View Course'. Apabila ada training yang di buka maka Anda dapat meng-klik training yang Anda minati serta melakukan pendaftaran di sana. 


SEAMOLEC menyediakan berbagai training yang dibutuhkan oleh guru. Training atau pelatihan ini dilakukan dalam jaringan secara online. Karena bentuknya training online maka semua hal yang berkaitan dengan prasyarat training sudah sesuai dengan prosedurnya.

artikel terkait : Pelatihan Gratis untuk Guru di SEAMOLEC

Prasyarat ini seperti kewajiban tatap muka, penugasan, quisioner dilakukan pada saat pelatihan berlangsung hingga berakhirnya pelatihan. Oleh karena itu semua peserta yang telah terdaftar wajib mengikuti aturan agar dapat dinyatakan lulus da mendapatkan sertifikat training. 

Jenis Pelatihan

SEAMOLEC menyediakan berbagai pelatihan antara lain:

Pelatihan Buku Digital : Merupakan pelatihan tentang cara membuat buku digital. Pelatihan ini cocok sekali untuk guru karena dapat menerbitkan buku digital serta dapat diikutsertakan dalam pengajuan ISBN. 

Pelatihan 3D Visualization : Merupakan pelatihan untuk membuat objek tiga dimensi yang dapat Anda gunakan untuk melengkapi bahan ajar atau presentasi materi pelajaran. Training 3D sangatbermanfaat juga untuk pelaku UKM, pebisnis untuk melengkapi profile bisnis mereka, karyawan yang akan melakkan presentasi dan laporan kegiatan.

Pelatihan Komik Digital : Merupakan pelatihan pembuatan komik digital yang dapat Anda gunakan untuk melengkapi bahan ajar, presentasi bahkan membuat animasi, video, storyboard.  

Pelatihan Blog Sebagai Media Pembelajaran : Merupakan pelatihan untuk membuat blog yang dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Pelatihan ini akan membimbing Anda mengenal blog, serta bagaimana menyajikan konten yang menarik sesuai dengan kebutuhan dunia penddidikan.

artikel lainnya : Guru Wajib Tau Software ini jika tidak mau ketinggalan

Tatap Muka

Training ini juga mewajibkan peserta untuk tatap muka dengan instruktur yang sedang mengajar. Karena namanya pelatihan Online maka tatap mukanya juga dilakukan secara online. pengalaman ku ketika melakukan tatap muka online, kita dapat belajar bersama instruktur dan sesama peserta dari berbagai daerah meskipun jaraknya berjauhan. Proses nya melalui meeting room pada aplikasi Cisco Webex Meeting. Anda dapat mengakses Aplikasi Cisco Webex Meeting baik melalui pc atau smartphone. 

Penugasan

Setiap peserta harus mengerjakan tugas yang telah diberikan sebagai bukti terampainya materi yang telah diberikan pada saat pelatihan. Tugas akan diberikan kepada setiap peserta dengan kompetensi yang telah disampaikan pada aturan di awal pelatihan. Anda dapat mengakses informasi terkait tugas-tugas tersebut pada laman web setiap saat hingga pelatihan usai. 

Inilah cara mengikuti Training Online Gratis untuk guru di SEAMOLEC. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. 

22 comments

  1. Khusus guru aja Mbak? Kalo bukan apa bisa?

    ReplyDelete
  2. Beragam juga jenis pelatihannya. Guru semakin maju. Eh ada pelatihan blog juga ya :)

    ReplyDelete
  3. Wah, pas bgt, mau coba daftar... Thansk infonya mba :)

    ReplyDelete
  4. Semakin canggih teknologi semakin dipermudah saja para guru dalam mencari ilmu dan wawasan ya. Semangat pahlawan tanpa tanda jasa...

    ReplyDelete
  5. Keren nih ada SEAMOLEC, guru-guru harus manfaatin utk upgrade ilmu :)

    ReplyDelete
  6. kereen bangeet, cocok ni untuk para guru yg ingin upgrade kompetensi

    ReplyDelete
  7. waw pelatihannya keren-keren banget ya mbak, dapat sertifikat pula, enak ya jaman sekarang semakin banyak fasilitas mudah, semoga banyak guru yang bisa memanfaatkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga guru semakin pintar dan murid juga pintar

      Delete
  8. Wah terima kaish infonya, nanti saya share ke saudara dan teman yg guru TFS

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.