Guru Wajib tau Software ini jika tidak mau Ketinggalan

Guru Wajib tau Software ini jika tidak mau Ketinggalan



Berada di zaman digital memang harus melek teknologi. Arus informasi yang kian deras  membuat guru harus benar-benar harus bergerak cepat berada dalam putaran digital.

Guru bukan lagi orang yang pintar menulis di papan tulis namun sekarang guru harus bisa mengaplikasikan ilmunya dalam wujud tulisan dengan berbagai versi. Versi yang dimaksud adalah tulisan dalam bentuk buku, jurnal maupun buku digital.

Untuk menunjang semua aktivitas guru tersebut maka guru harus mengenal software apa saja yang dapat mendukung karya dan dedikasinya tersebut. Software ini fungsinya antara lain mengolah tulisan, memasukkan gambar-gamabar, membuat gambar tiga dimensi, membuat komik bergambar, dll. Software tersebut dapat diakses secara offline maupun online. Berikut software-software yang dapat menunjang aktivitas guru dalam mengambangkan diri, antara lain:

Aplikasi MS Word


Aplikasi yang paling sederhana dibutuhkan olehh guru adalah aplikasi MS Word. MS Word merupakan aplikasi offline yang merupakan aplikasi pengolah kata yang dapat digunakan dalam menyusun sebuat tulisan. Fungsinya sama seperti mesin ketik manual zaman dahulu, guru mesti akrab dengan aplikasi MS Word serta berbagai fungsi tool yang ada di dalamnya. Untuk membuat tulisan berkualitas guru bisa menggunakan Aplikasi MS Word berbagai versi. Keuntungannya adalah tulisan dapat di simpan, di edit serta di cetak sesuai kebutuhan, Kita juga bisa memasukkan gambar, mempercantik tulisan, memberi warna dan sebagainya. Pada kebutuhan tertentu aplikasi MS word bisa juga untuk menuliskan simbol-simbol yang tidak biasa seperti simbol pada materi pelajaran matematika, fisika dll.

Apikasi MS Excel

Aplikasi MS Excel adalah aplikasi pengolah data yang dapat digunakan untuk mengolah data-data yang dibutuhkan. Misalnya untuk mencari Nilai rata-rata suatu ulangan harian, Mencari dan mengolah data menjadi grafik, tabel atau diagram, serta untuk menganalisis data seperti mencari normalitas data, validitas, serta reliabilitas data untuk keutuhan penelitian. Amplikasi MS Excel digunakan secera Offline yang memiliki berbagai kelebihan l juga dapat mempermudah dalam tabulasi data, seperti mengolah nilai untuk raport, data keuangan, dll. Guru wajib mengerti cara mengunakan aplikasi MS Excel serta memanfaatkannya untuk kebutuhan pengembangan dirinya.

Aplikasi MS Power Point

Aplikasi ini berfungsi untuk membantu menampilkan slide atau presentasi. Aplikasi ini dapat diakses secara Offline Kebutuhan Slide dapat menunjang kegiatan belajar mengajar agar waktu belajar bisa efektif dan efisien. MS Power Point dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran kelebihannya antara lain dapat menampilkan berbagai bentuk slide dalam huruf huruf yang besar sehingga bisa dijangkau oleh semua siswa, dapat menampilkan video sehingga memudahkan menyampaikan materi dan dapat dipahami siswa dengan baik. Selain itu MS Power Point dapat menampilkan berbagai gambar, ilustrasi dalam bentuk yang menarik sehingga membuat anak tidak jenuh.

Aplikasi SOM

contoh hasil video dari SOM : Cara membuat artikel di blogspot

Aplikasi SOM atau screen O Matic merupakan aplikasi yang dapat merekam aktivitas layar monitor, aplikasi ini sangat cocok untuk guru mata pelajaran TIK yang dapat dijadikan video tutorial untuk pengerjaan di komputer. Dengan aplikasi SOM guru dapat merekam aktivitas di monitor lalu dijadikan mp4, video mp4 yang dihasilkan dari SOM dapat di sebarluaskan baik melalui file maupun dari link secara online. 

Aplikasi Sigil

Sigil adalah aplikasi pengolah data yang fungsinya hampir sama dengan MS Word. Sigil merupakan Aplikasi Offline yang fungsinya  sama-sama mengolah kata, namun Sigil dibutuhkan untuk menampilkan tulisan dalam bentuk digital. Seperti penerbitan buku digital. Keuntungan nya Tulisan dapat diubah ke dalam bentuk buku digital yang dapat diakses dimana saja dengan perangkat seperti komputer, laptop maupun smartphone.

Reader

Aplikasi ini digunakan untuk membaca format buku digital. Misalnya jika bahan ajar berupa buku digital. Maka Readium digunakan untuk membaca buku digital tersebut. Readium adalah aplikasi offline yang terlebih dahulu bisa Anda Download untuk bisa menggunakannya.

Video 3 Dimensi

Dalam membuat tulisan seperti materi bahan ajar, tentu dibutuhkan data-data pendukung tulisan seperti bentuk 3 dimensi. Misalnya dalam pelajaran matematika dibutuhkan bentuk kubus yang bisa diputar, bentuk bola dll maka aplikasi yang dibutuhkan untuk mendukung guru menyampaikan materi tersebut berupa Video 3 Dimensi.

Aplikasi Komik Digital

Pada materi tertentu seperti percakapan serta dialog tentu dibutuhkan gambar pendukung yang dapat diakses oleh siswa misalnya pelajaran Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, Guru dapat menggunakan aplikasi Komik Digital untuk membuat percakapan tersebut. Komik digital dapat pula disertakan suara maupun gambar-gambar pendukung lainnya.

Google Drive

Untuk dapat mengakses dan mempergunakan berbagai tulisan dan karya yang telah dibuat oleh guru maka kebutuhan lainnya adalah tempat penyimpanan yang dapat di akses di manapun juga. Seperti fungsi Hardisc pada sebuah pc atau laptop sebaiknya guru menyimpan data-data tulisan untuk kebutuhan pengajaran ke dalam sebah tempat yang bisa diakses dari manapun, namanya Google Drive. Keuntungan menggunakan google drive ini antara lain sebagai tempat penyimpanan data-data yang bisa digunakan sewaktu-waktu apabila diperlukan, syaratnya harus terkoneksi dengan internet. Jadi apabila Anda bepergian ke suatu tempat tidak membawa serta laptop, maupun data-data dalam hardisc tinggal cari koneksi internet saja lalu buka google drive maka tulisan kita bisa langsung kita akses.

Aplikasi ProProfs

Contoh aplikasi Proprofs dapat dilihat di sini : Soal Ulangan Harian 

Merupakan Aplikasi Online yang dapat digunakan untuk membuat soal quis, latihan, ulangan harian, maupun soal tes secara digital. Anda dapat membuat soal-soal yang akan digunakan dalam tes lalu dapat diakses oleh siswa dari berbagai perangkat yang terhubung dengan internet. Kelebihan mengunakan aplikasi ini adalah Siswa dapat mengerjakan soal secara online dan langsung dapat diketahui score yang diperoleh siswa. Guru juga dapat langsung memperoleh gambaran hasil secara keseluruhan dan dapat dianalisis saat itu juga. Siswa juga dapat mengerjakan soal dari berbagai perangkat yang mereka miliki seperti pc, laptop maupun smartphone yang terkoneksi internet.

Inilah Aplikasi yang wajib guru-guru ketahui agar dapat mengembangkan diri. Semoga guru-guru dapat memanfaatkannya dengan baik guna mencerdaskan anak bangsa.

12 comments

  1. Wah banyak juga ya yang harus guru pelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... pusiiing tapi mesti pelan-pelan agar bisamengikutinya hehe..santai

      Delete
  2. Setuju, aku rasa itu memang penting diketahui oleh guru. Teringat tahun kemarin, ketika KKL. Ngajar pelatihan guru-guru MTs, dan materinya ya semacam itu, word, excel dan power point.. :)

    Semoga guru-guru bisa lebih bisa mengembangkan, dan menularkan ilmunya kepada muridnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga guru-guru bisa berdedikasi ya, tapi minimal tunjangan tidak terhambat haha..

      Delete
  3. aplikasi profos keren Bu. coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren banget aku pake untuk ulangan harian online deh

      Delete
  4. kudu melek teknologi memang ya mbk,
    tengkiu sharenyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kalo gak gurunya ntar diajarin muridnya hehe

      Delete
  5. Betul sekali. Guru harus tidak ketinggalan teknologi daripada muridnya. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pelan pelan belajar meski harus berjuang sekuat tenaga secara otodidak ya mba..

      Delete
  6. Wah, banyak rupanya aplikasi yang harus kuasai. Betewei, itu komik digital bisa diperoleh dimana ya mbak?

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.