Pelatihan Gratis untuk Guru dari SEAMOLEC - Yurmawita's Blog Pelatihan Gratis untuk Guru dari SEAMOLEC | Yurmawita's Blog
Monday, February 6, 2017

Pelatihan Gratis untuk Guru dari SEAMOLEC

Udah lama gak update blog nih... udah Februari aja, terakhir update blognya bulan lalu, maklum bu guru lagi sibuk nie.. sibuk sendiri haha.. Nah, ceritanya aku kemarin itu ikut pelatihan. Pelatihannya online sih, namun manfaatnya luar biasa banyak banget yang bisa didapatkan. Nah, kali ini aku mau sharing tentang manfaat pelatihan online, khususnya bagi bapak/ibu guru yang sedang menghadapi peraturan tentang kenaikan pangkat yaitu Pelatihan Gratis untuk Guru dari SEAMOLEC.


seamolec, pelatihan gratis bagi guru


Apa itu SEAMOLEC

Seamolec atau Southeast Asean Minister of Education Organization itu adalah lembaga dibawah ASEAN yang concern ke Pelatihan untuk guru dan siswa. Tujuannya membantu menjadi fasilitator bagi guru agar mendapatkan wawasan yang luas tentang segala yang berhubungan education. 

Seperti yang telah diketahui oleh bapak/ibu guru bahwa kenaikan pangkat bagi guru harus memenuhi beberapa ketentuan  yakni, mengikuti Pengembangan Diri berupa pelatihan, menerbitkan karya dalam bentuk jurnal ilmiah, membuat modul/diktat. 

Nah masalahnya ada di pengembangan diri berupa pelatihan. Dalam ketentuannya setiap tahun mesti ada pelatihan yang harus diikuti oleh rekan-rekan guru. riilnya kan tidak mungkin semua guru bisa mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak instansi resmi seperti pemerintah dalam hal ini bidang pendidikan dan mutu guru. 

Bisa dibayangkan berapa dana yang akan dikeluarkan oleh pemerintah apabila harus memanggil semua guru-guru untuk diikutkan dalam pelatihan. Apabila satu orang guru membutuhkan biaya untuk sekali pelatihan adalah 3 juta rupiah, apabila dikalikan dengan 1000 guru saja berarti dana yang dibutuhkan adalah sekitar 3 M. WOW kaan. 

Nah, karena keterbatasan biaya pelatihan tersebut, maka sebaiknya rekan-rekan guru tidak melulu menggantungkn diri dengan panggilan pelatihan bagi guru. Maklumi sajalah apabila sudah bertahun-tahun menjadi guru tapi tidak pernah sekali saja dipanggil untuk mengikuti pelatihan peningkatan kualitas bagi guru. Setidaknya kan bisa mengurangi beban anggaran pemerintah apabila melulu menambah kuota pelatihan bagi guru. Apalagi saat ini semua didukung oleh teknologi jadi pelatihan juga bisa dilakukan secara online. 

Seamolec adalah sebuah lembaga yang concern dalam meningkatkan mutu pendidikan. Seamolec ini dibawah ASEAN, sehingga betul-betul dapat dipercaya. Seamolec rutin mengadakan pelatihan secara online yang ditujukan kepada guru-guru maupun umum. Tujuannya memberikan edukasi secara gratis dan tentang berbagai hal yang tentunya berkaitan dengan dunia pendidikan. Misalnya pelatihan tentang membuat Blog sebagai Media Pembelajaran, Animasi visual, Pembuatan e-book, dll. 

Pelatihan gratis

Seamolec memfasilitasi semua tenaga pendidik maupun umum untuk mendapatkan ilmu secara online, dan gratis. Bahkan pelatihannya tidak mengganggu jam kerja bagi guru atau pegawai lho. Kita bisa mengakses materi secara online kapanpun dan dimanapun sepanjang tersedia koneksi internet. Materi diberikan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah diberikan oleh penyelenggara. Semua materi tersaji secara  gratis bagi peserta yang telah terdaftar.

Materi mudah dipahami

Secara berkala penyelenggara akan memberikan materi pelatihan yang mudah dipahami. Materi yang diberikan juga tersedia dalam bentuk video sehingga sangat memudahkan bagi peserta untuk  mempelajari setiap materi. Kita bisa mendownload materi dan video yang disediakan. pengalamanku memahami materi cukup mudah, apabila ada materi yang tidak jelas di teks kita bisa lihat tutorial nya di video. 

Apabila masih kurang jelas juga di website Seamolec disediakan laman diskusi yang memungkinkan peserta untuk bertanya kepada host. Selain itu juga disediakan WA kelompok untuk peserta dalam satu kelas. Nah, biasanya peserta- peserta yang  trdaftar tidak pelit berbagi ilmu, sehingga kita bisa bertanya tentang materi kapan saja, apabila host berhalangan hadir atau slow respon tenang saja nanti juga akan menemukan jawabnnya karena ada banyak peserta lainnya yang sama-sama membantu. 

Sertifikat Pelatihan yang berguna untuk Guru

Di akhir pelatihan peserta akan diberikan sertifikat bagi yang dinyatakan lulus. Bagi guru sertifikat ini kelak akan bisa digunakan dalam kenaikan pangkat. Anda juga bisa menghitung jumlah jam tatap muka yang menjadi salah satu angka kredit karena dalam pelatihan Seamolec mengganti jam tatap muka dengan video confrence (Vicon). 

Video Confrence yang dapat diakses mobile

Dalam satu kali pelatihan Seamolec mewajibkan peserta pelatihan untuk hadir dalam vicon sebanyak 4 kali. Waktu vicon dilakukan pada malam hari sehingga tidak mengganggu jam kerja. Pengalamanku mengikuti vicon  seru juga, kan waktu viconnya panjang, dari pukul 18.00 hingga 22.00 WIB, bersamaan dengan jadwal icon ternyata ada acara takziah, nah berhubung pakai kerudung jadi aku pake headset untuk mengikutti vicon lewat smartphone haha.. semoga gak ketahuan sama host nya ya. Kita tetap bisa mengikuti vicon kok, asalkan tidak keluar masuk aja, saranku, tetep aja masuk ke kelas vicon tidak usah left sampai viconnya selesai. 

Kita bisa mengikuti vicon secara mobile juga lho. Pengalamanku ketika mengikuti vicon ke-3 bersamaan dengan acara tabligh musibah kerabat jauh. Yang namanya kerabat ya mesti menghadiri acara tersebut, namun karena viconnya tetap harus hadir akhirnya tetap menghadiri kedua-duanya. Tetap bisa mengikuti vicon di acara tabligh musibah deh, caranya pakai headset, yup benar, jadi sambilmenyelam minum air itu namanya. 

Hasil pelatihan

Nah, apa yang didapatkan setelah mengikutipelatihan? jangan ditanya banyak banget ilmu yang aku dapatkan setelah mengikuti vicon, karena aku ikut yang kelas Blog sebagai Media Pembelajaran ternyata setelahnya jadi bisa membuat media pembelajaran menggunakan blog, bisa membuat video hingga menambah wawasan yang cukup luas tentang blogging. Wuah..pokoknya gak nyesel deh ikut pelatihan online.

Jadi tidak usah ragu lagi untuk mengiuti pelatihan online ya..Nah untuk mengikuti pelatihan online silahkan buka www.seamolec.org. 

Selamat berburu ilmu!!!!

11 comments:

  1. Keren nih, tidak semua orang bisa langsung paham dengan apa yang dibaca. Tapi ini bisa bertanya langsung dengan cara diskusi ya mba..

    Bermanfaat sekali buat guru-guru. Berbayar atau gratis, tetap semuanya bisa mendapatkan ilmu :)

    ReplyDelete
  2. berguna banget nih untuk para guru2.. guru2 harus mengikuti pelatihan ini.. eman soalnya klo di lewatkan,,

    ReplyDelete
  3. Wuaaa mb wita dapet ilmu anyar maning deh tentang platihan ini, berarti kurleb sesuai ilmu yang diampu kayak yang mb wita kuasai, matematika apa ga mb?
    Bapakku juga guru stm, kayaknya jarang dipanggil pelatihan gini deh...ini kayak semacam buat tambahan point sertifikasikah?

    ReplyDelete
  4. wah ini berguna banget mbak. kebetulan ibu saya seorang guru jadi pasti akan dicoba nih. thanks mbak

    ReplyDelete
  5. Waahh, ternyata bisa diikuti oleh umum ya Mbak. Makasih infonya Mbak. Oya, cara daftarnya gimana, Mbak, ada link nya kah? :)

    ReplyDelete
  6. Thanks Infonya, semoga bisa berpartisipasi ..

    ReplyDelete
  7. Hai mbk, saya sedang melakukan penelitian tentang pelatihan guru online. klo saya pengen tanya2 lebih lanjut, bisakah lewat email atau medsos yg lain?

    ReplyDelete
  8. Wah..makasih banyak mb. Bisa minta email kah? Atau email saya tatik.hasan.basyori@gmail.com

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.