Review 1 Rumah Belajar ID Volume Tabung

Assalamualaikum wrwb sahabat semua, dimaafkeun yak sudah mau sebulan aja dibulan Agustus ini blog tersayang kita ini gak update. Jadi gini ceritanya. Bu guru sedang sibuk nih menikmati pelatihan online yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC. Berhubung pelatihan kali ini sangat intensif sampai memakan waktu dua minggu lebih dengan segala macam cerita di dalamnya. Ada effort yang keras untuk memahami pelatihan ini sampai berkali-kali menemukan kegagalan saat proses pengerjaan tugas mandiri. 


Baiklah nanti bu guru akan cerita tentang pengalaman mengikuti pelatihan VCT batch 5 ini dengan penuh perjuangan hingga berdarah-darah (haha kalau yang ini asli lebay). 

Nah Kali ini review rumah belajar id adalah salah satu tugas mandiri yang harus dilakukan oleh peserta dalam melengkapi pelatihan VCT Batch 5. Berhubung saya adalah guru matematika maka review konten yang saya lakukan adalah tentang mata pelajaran yang saya ampu yaitu matematika. 

Konten Matematika yang saya review adalah tentang Volume Tabung.

Review Konten Volume Tabung 

Untuk masuk ke website Rumah Belajar caranya adalah :

1. Ketik di kolom search : rumahbelajar.id
2. Ketik di kolom pencarian apa yang akan kita cari misalnya saya akan mencari  materi matematika maka ketik 'matematika' di kolom pencarian.
3. Setelah kita dapatkan materinya maka langkah selanjutnya adalah melihat materi tersebut 


review rumah belajar
halaman home rumah belajar


Pada beranda rumah belajar ada beberapa kolom pencarian antara lain :

What are you looking for?
All Category
All Conten Language

Silahkan bapak ibu mengklik konten apa yang ingin di cari di rumah belajar.

review rumah belajar id
halaman pencarian 'matematika'


Dalam kolom pencarian matematika ada beberapa pilihan antara lain volume tabung, matematika sma, matematika SD, dll.

Kebetulan saya memilih konten volume tabung.

Review 1 Konten Volume Tabung


review rumah belajar


Nah, pada layar akan tampil video tentang Volume tabung dengan materi yang dibawakan oleh salah satu guru yang tampil pada layar video.




Pada video Volume tabung Data Konten terdiri dari

Lembaga Penyedia : 

Televisi Edukasi https://tve.kemdikbud.go.id

Judul : 

Volume Tabung I Volume 1 Matematika 1 Kelas VI SD

Penulis : 

R. Ridwan Haris

Keunggulan : 

Video ini sangat jelas di awal ada gambar-gambar yang membangkitkan rasa ingin tahu siswa, diantaranya gambar gelas, tas serta berbagai benda yang ada di lingkungan siswa berada. Video juga dilengkapi dengan pemahaman konsep dengan memberikan penjelasan tentang tabel hubungan antara luas, tinggi dan volume. Di akhir penjelasan oleh pemateri ada soal HOTS yang dapat membantu siswa memahami Volume tabung dalam bentuk soal cerita.




Kekurangan :

Soal-soal yang ditampilkan masih sedikit sehingga jika siswa menemukan soal berbentuk yang berbeda mungkin agak kesulitan dalam memahami materi.

Saran : 

Saran saya agar diberikan soal soal latihan di akhir penjelasan untuk dikerjakan siswa di rumah agar siswa belajar memahami dengan benar materi volume tabung.

untuk lebih jelas silahkan lihat video berikut :




Review 2 : Video 1 KPK dan FPB




Pada video 1 KPK dan FPB ini kembali merupakan materi yang di tulis oleh pak Ridwan. Kali ini pak Ridwan tampil dengan memakai baju adat

Judul : 

Judul video adalah KPK dan FPB


Penulis :

Penulis adalah R.Ridwan Haris

Kelebihan :

Kelebihan dari video ini adalah Memiliki gambar animasi yang sangat menarik. gambar kodok yang akan melompat di daun teratai. Siswa akan tertarik dengan materi ini karena mereka seakan-akan melihat game animasi yang sangat menarik. Di akhir video juga dilengkapi dengan soal HOTS yang dapat membantu siswa memahami materi lebih menyeluruh. 



Kekurangan:

Video ini tidak ada kekurangannya karena sangat menarik

Saran : 

Untuk materi lainnya sangat disarankan jika membuat materi seperti ini. Karena membantu siswa memahami materi secara menyeluruh dan menarik.


14 comments

  1. Media belajar menarik banget ini, nggak kebayang jaman anakku sekolah nanti gimana. Mungkin makin banyak video2 tempat belajar mandiri yang fun begini :D

    ReplyDelete
  2. Wah kemdikbud sedang gencar ya mempromosikan rumah belajar, sampai-sampai salah satu tugas peserta VCT adalah mereview kontennya.
    Saya sulu ikut di batch III, belum ada tugas kayak gini

    ReplyDelete
  3. Waahh, rumah belajar jadi medium pembelajaran yg asyik dan menyenangkan banget ya Mak.
    Sip sip anak Indonesia jadi semangaaaattt!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Rumah Belajar membantu anak-anak generasi alfa supaya proses belajarnya lebih seru dan menyenangkan. Btw, ini bisa buat anak SD juga kan ya mba?

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau si Rumah Belajar ini, aku kasih tau ah sama teman-teman di grup dan siapa tau mereka perlu nih. Aku ijin kasih linkmu ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat banget nih mba, buat anak-anak belajar lebih dalam tentang volume tabung secara lebih detail

    ReplyDelete
  7. Menarik sekarang ya belajar dengan liat video seperti ini. Anakku ntar aku coba deh buat cari ilmu seperti ini. Biar lebih bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Makin banyak media belajar online saat ini. Terimakasih ya mbak sharingnya, jadi punya referensia ruang belajar baru sekarang.

    ReplyDelete
  9. Adanya video materi seperti ini menyebabkan anak enak kalau mau belajar mandiri. Apalagi kl videonya interaktif, sehingga membuat anak tertarik. Nanti kl ada yang tidak jelas, bisa tanya ke guru pengampu di sekolah..

    ReplyDelete
  10. Sekarang memang sudah eranya belajar dengan Audio visual, karena lebih mudah diterima dan ditangkap penjelasannya oleh kita ya

    ReplyDelete
  11. Sejak SD sampai sma kelas 2 aku paling males sama pelajaran matematika hihihi nah kelas 3 gurunya asik nerangin. Waktu kuliah juga dosennya cihuy. Kalau dulu metode belajar matematika udah interaktif kayak gini, mungkin aku bakal suka matematika ya

    ReplyDelete
  12. semakin keren ya mba buat belajar dengan adanya video begini mengikuti karekteristik anak-anak zaman now, btw itu KPK dan FPB ya ampun zaman kapan ya saya belajar ini jadi keingietan lagi

    ReplyDelete
  13. Belajar dengan audio visual memang lebih memudahkan ya. Karena lebih jelas

    ReplyDelete
  14. Media belajar zaman sekarang sangat kreatif, ya. Ini sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran. Sip! ^^

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.