Cara memotong Video Agar tepat 15 Menit Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora

Membuat video dan mengupload di YouTube seringkali timbul kendala bagi sebagian orang yang belum mengetahuinya. Hal ini pernah saya alami saat meng-upload video yang panjang hingga 30 menit lebih. Saat upload di YouTube ternyata video saya terlalu panjang dan tidak bisa diupload. Pihak YouTube meminta video di potong sehingga durasi video tak lebih 15 menit saja.

Sebenarnya bisa saja kita memanfaatkan beberapa fitur di youtube antara lain upload dengan Beta atau memverifikasi akun YouTube dengan nomor hape namun hal ini ada yang berhasil ada juga yang masih gagal. Saya termasuk yang gagal upload video dengan verifikasi nomor hape.

Nah untuk yang amatiran seperti saya maka saat meng-upload video di YouTube yang saya lakukan adalah dengan mempersingkat video atau memotong video dengan durasi 15 menit saja.

Cara yang dilakukan saat memotong video menjadi 15 menit adalah :

Menggunakan aplikasi wondershare filmora

Saya menggunakan aplikasi wondershare filmora versi 7. Aplikasi ini cukup mudah digunakan apalagi jika kita sudah mencobanya berkali-kali pasti akan lebih mahir.

Buka wondershare filmora, lalu pilih fitur 16.0 klik start.




Pada tampilan aplikasi filmora akan ada 3 tampilan layar, pada layar sebelah kanan atas merupakan video yang akan kita edit, pada layar kiri atas adalah pilihan video, gambar, Text, dll yang akan kita masukkan ke dalam video pertama.



Silahkan ambil video yang akan di edit dengan cara klik import video lalu pilih video yang akan diedit, klik buka/open. Video akan muncul di beranda edit. Lalu klik tanda + (tambah) pada video yang muncul di beranda edit maka nanti akan muncul ke layar sebelah kanan dan layar di bawah.



Nah silahkan klik tombol putar pada layar sebelah kanan, sampai pada waktu yang akan kita gunakan misalnya kita hanya ingin mengoptimalkan batas waktu 30 menit, maka lihat menit saat kita memutar video, pas disaat menit ke 15 silahkan klik tombol stop/pause pada layar kiri.



Perhatikan Mistar/penggaris pada layar bagian bawah pada saat kita klik tadi penggaris akan membagi video menjadi dua bagian.



Klik pada bagian kanan mistar, maka akan muncul tanda garis merah pada video yang dibatasi penggaris lalu klik ikon gunting pada menu, klik sekali lagi lokasi video yang sebelah kanan penggaris lalu klik ikon sampah. Video yang kita potong tadi akan hilang.



Nah sudah jelas kan? Video akan berdurasi 15 menit setelah kita  edit dengan menggunakan aplikasi filmora.

Selamat mencoba.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.