Berbagai Macam Penyakit Rambut Yang Dapat Ditularkan Melalui Sisir




Rambut adalah mahkota, pepatah ini memang benar adanya, rambut yang indah dan sehat adalah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya, bukan?

Tidak hanya tubuh saja yang dapat sakit, namun rambut juga dapat sakit. Penyakit rambut ini dapat ditularkan melalui sisir, oleh sebab itu Anda harus waspada. Sebab menggunakan sisir orang lain merupakan salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini, bahkan hingga saat ini masih banyak masyarakat yang jarang membersihkan sisirnya.


Padahal wajib bagi kita untuk membersihkan sisir, mengingat banyak sekali kotoran di rambut yang akan menempel pada benda ini. Apalagi jika Anda malas untuk menjaga kebersihan rambut, tentunya menjaga kebersihan rambut sangatlah penting. Rambut yang kotor tentunya akan menimbulkan bau dan terasa gatal akibat munculnya ketombe, sebab kotoran yang menumpuk seperti debu dan keringat akan bercampur sehingga membuat rambut gatal-gatal dan menimbulkan bau tidak sedap.

Oleh sebab itu minimal 1 minggu sekali Anda harus keramas, sebab mencuci rambut merupakan salah satu perawatan yang paling sederhana bagi rambut. Tentunya rambut yang indah dan lebat merupakan keinginan setiap perempuan.

1. Impetigo    

Penyakit rambut yang satu ini merupakan penyakit yang menular dan terjadi pada anak-anak, oleh sebab itu Anda wajib waspada jika tidak ingin anak Anda terkena juga. Selain menular, penyakit ini juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Hal ini dikarenakan munculnya luka lecet yang akan membesar dan bersifat basah, luka ini lama kelamaan akan menjadi kerak yang berwarna kuning.

Penyebab munculnya penyakit ini adalah terdapatnya mikroorganiesme yang masuk melalui luka yang terdapat di kulit kepala. Tentunya anak-anak yang memiliki kebiasaan menggaruk kulit kepala hingga menjadi luka sangat besar potensinya terkena penyakit ini. Oleh sebab itu hindarilah menggunakan sisir yang telah digunakan oleh penderita penyakit ini.


2. Kudis

Jika yang Anda ketahui kudis dapat muncul di kulit tangan atau kaki, maka Anda salah. Sebab kudis juga dapat muncul di kulit kepala, tentunya kehadiran kudis ini akan membuat Anda tidak nyaman. Sebab menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan disertai dengan darah apabila digaruk. Munculnya kudis di kulit kepala bisa jadi akibat kulit kepala yang kering.


Kudis sendiri adalah penyakit infeksi kulit ektoparasit yang diakibatkan oleh tungau kecil yang hidup dan berkembang biak di kulit kepala. Kehadiran kudis sendiri ditandai dengan bintik-bintik merah yang gatal, untuk mengurangi rasa gatal ini ada baiknya jika Anda mencuci rambut dengan sering. Hal ini bertujuan agar rambut menjadi bersih sehingga tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri.

3. Kutil

Umumnya kutil dapat tumbuh di tangan atau kaki, namun tidak jarang kutil muncul di kulit kepala. Kutil merupakan tumor jinak, dimana munculnya penyakit ini diakibatkan oleh virus huma papilloma. Kutil sendiri dapat tersebar melalui kontak langsung dari penderita, tentunya kehadiran kutil ini sangat mengganggu walaupun hanya di kulit kepala.



Oleh sebab itu untuk menghilangkannya tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter, karena kutil dapat dihilangkan menggunakan obat-obatan atau melalui operasi kecil. Penyebaran kutil juga sangat mudah apabila daya tahan tubuh menurun, oleh sebab itu ada baiknya menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

4. Folikulitis

Penyakit ini merupakan peradangan yang terdapat pada folikel rambut yang merupakan lubang kecil tempat rambut tumbuh di kulit. Penyakit ini sangat mudah muncul di bagian telapak kaki atau tangan, jenis penyakit ini juga terdapat beberapa macam.


Munculnya penyakit ini ditandai dengan peradangan yang muncul dalam bentuk benjolan kecil yang di dalamnya berisi nanah disertai dengan titik kuning pada tengahnya. Apabila benjolan tersebut pecah maka akan menjadi koreng jika telah mengering. Disekitar benjolan tersebut juga akan bewarna merah dan sakit jika ditekan, benjolan tersebut juga menghasilkan rasa gatal dan terbakar. Namun penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya tetapi jika bertambah parah maka segeralah ke dokter.

artikel lainnya : 7 mitos Perawatan bayi baru lahir

Oleh sebab itu hindarilah menggunakan sisir atau handuk bekas orang lain agar terhindar dari penyakit rambut ini atau tidak ada salahnya jika Anda menggunakan Dermagift yang merupakan produk penumbuh rambut no.1 di Indonesia.

Cara Mengobatinya

Dengan menggunakan Dermagift hair serum yang memiliki  manfaat antara lain:

  • 1. mengurangi kerontokan 
  • 2. mempercepat pertumbuhan
  • 3. menebalkan rambut


Komposisi bisa diliat di web:

komposisi yg ditonjolkan sebagai nilai jual: 

1. Redensyl

Redensyl ini ditemukan oleh perusahaan swiss: induchem yang memenangkan award tingkat dunia best ingredient silver award tahun 2014 karena uji cobanya bisa menumbuhkan rata-rata 10 ribu helai rambut setelah 3 bulan pemakaian. (untuk kebotakan NorWood scale 3 dan 4)




2. emortal pep hair

Berfungsi untuk menumbuhkan rambut baru dan mengembalikan kondisi seperti semula. 

Nah, bagaimana sudah tau kan bagaimana berharganya setiap helai rambut? oleh karena itu merawat rambut dan memberikan nutrisi yang sehat adalah tanggung jawab kita sebagai pemiliknya. 




39 comments

  1. Duh, saya pernah ketularan kutu waktu balita dari khadimat di rumah. langsung diberhentikan oleh ibu saya mbaknya.

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak penyakit yang bisa menular dari sisir ya, serem juga nih.

    ReplyDelete
  3. Sekarang mesti ekstra hati-hati nih kalau pakai sisir, jangan bolehin dipakai orang lain ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, mesti kantongi sisir kalau mau pergi-pergi

      Delete
  4. Wah ternyata banyak juga ya penyakit rambut yang ditularkan, aku taunya cuma kutu dan ketombe doang. Thanks info nya mbak.

    ReplyDelete
  5. Iya ya, aku kok enggak pernah kepikiran kalau penyakit rambut bisa tertular dari sisi. Mesti berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan sisir ya.
    Thanks infonya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Anak saya sekarang rambutnya gundul Mbak Yurma hehehe, waktu di TPA pakai sisirnya rame-rame kadang suka gatal-gatal, kalau kutu belum lernah sich

    ReplyDelete
  7. Masalah rambut yang sering sih ketombe mba, bisa gak ya pake dermagift hair serum?

    ReplyDelete
  8. OMG, ngeri yah, terlihat sepele bgt minjemin sisir, tapi dampaknya ngeri.
    Ini juga alasan aku selalu bawa sisir, ga suka minjem dan minjemin sisir ke orang lain juga hahahah

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  9. Saya pernah mengalami yang nomer satu dan empat, cuma belum tahu nama penyakitnya. Makasih sharingnya mbak, salam kenal :)

    ReplyDelete
  10. Di rumah saya yang nyisir cuma suami dan anak saya yang laki-laki. Tapi biasanya mereka punya sisir masing-masing

    ReplyDelete
  11. Berarti musti aware yah,kudu punya sisir masing2 meskipun masih keluarga

    ReplyDelete
  12. Iya juga ya mbak, sisir itu rentan jadi saran penularan penyakit, baru sadar lho ini

    ReplyDelete
  13. Wah, harus hati-hati nih ternyata bukan hanya kutu saja yang bisa ditularkan karena tuker-tukeran sisir.

    ReplyDelete
  14. Ih ngeri juga ya, hanya karena pinjem sisir jadi menularkan penyakit. Makasih Mbaa infonya yaa

    ReplyDelete
  15. Wah ilmu bgt nih, jadi sisir kita gak boleh dipakai sembarangan orang ya mbak. Btw trnyata penyakit rambut bnyak ya, aku taunya ketobe doang loh hehe

    ReplyDelete
  16. Walaah serem juga ya jadinya kalo mau pinjem2an sisir. :/

    ReplyDelete
  17. Ya envelopeeee. Perkara sepele tapi bisa serem juga akibatnya ya Mba..

    ReplyDelete
  18. Waah...serius yaa...karena pinjem-pinjeman sisir?
    Karena saya paling menganggap remeh masalah ini....ternyata, subhanallah...banyak juga yaa...penyakit di kulit kepala.

    Saya kira, kutil ini penyebabnya sering makan telur.
    Dan beneerr...nyembuhinnya ((kalau uda parah, dioperasi...tapi kalau abai, bakalan makin besaarr dan menyebar alias beranak. Sereeem banget))

    ReplyDelete
  19. Waktu kecil aku sering punya kutu hingga SMP jadi sering gatal - gatal akibat ketularan oleh keluargaku untuk mengatasi kutu aku dipakein kapur barus supaya kutunya cepat hilang

    ReplyDelete
  20. MIra baru tau loh mbk Yurma, klo dari sisirpun bisa menularkan penyakit. mkash infonya mbk...

    ReplyDelete
  21. wah.. bahya juga kalo pake sisir rame2, mestilah setiap orang punya sisir masing2 ya mBak biar gak kena penyakit menular... nice info nih ^^

    ReplyDelete
  22. Ketombe dan kutu gampang nular lewat sisir. Hiii, hati-hati ya, jangan gantian pakai sisir

    ReplyDelete
  23. Ketombe, kutu jg kyknya ya mbak. Duh makanya ini kalau sisir punya sendiri2 aja deh huhuhu
    TFS infonya

    ReplyDelete
  24. kita sering ga ngeh mbak kalo sisir ternyata bisa menularkan penyakit juga ya.. apa perlu satu anggota keluarga pake satu sisir ya

    ReplyDelete
  25. Wah, baru tahu saya kalo sebanyak ini penyakitnya

    ReplyDelete
  26. Anak2 Pati lebih rentan juga Ken penyakit ini

    ReplyDelete
  27. Waaa baru tau lo mbk aku..
    Kalo ubay pernah kutuan ketularan temennya
    Langsung aku gundul dan sampoin bersih2

    ReplyDelete
  28. Wah...makasih sharingnya...memang harus jaga kebersihan kulit kepala

    ReplyDelete
  29. duh ngeri banget tapi emang aku dan anakku aja beda sisirnya mmm bayanginnya langsung ga enak :/

    ReplyDelete
  30. Waaah aku baru tau banyak penyakit dari pakai sisir barengan, ku kira cuma nularin kutu aja

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.