Berburu Tiket Murah ke Belitung

[traveling]

wisata belitung
gambar by traveloka








Akhir tahun tinggal menghitung hari saatnya siap-siap merencanakan liburan. Yeeay. Destinasi impianku adalah Belitung. Wisata Belitung yang sangat memukau apalagi setelah booming laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang sempat menyita perhatian masyarakat. Belitung yang memukau mampu membius wisatawan untuk mengunjungi negeri Laskar Pelangi ini.

Berikut destinasi wisata impian Belitung yang tidak boleh Anda lewatkan:

Batu Belayar


foto : FB Bunga Candra Lini

Birunya air laut  disekitar batu-batu besar adalah sebuah penanda destinasi impian pertama kita yaitu batu berlayar. Batu-batu besar berukuran raksasa menjadi ciri khas yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Bebatuan alam berwarna putih seakan menjadi tiang-tiang di pantai Batu Belayar. Batu berjenis granit ini sangat khas mencolok dan kian kokoh menancap di tengah-tengah pasir laut.

Perairan Belitung nan indah memukau, Lebih mencolok dengan keberadaan bebatuan raksasa persis seperti layar yang terkembang di tengah lautan. Itulah sebabnya mengapa tempat ini dinamakan Pantai batu Berlayar. Dari kejauhan bebatuan itu menancap lebar dan kokoh persis layar yang terbentang di tengah lautan.

Untuk menikmati keindahan Pantai batu Berlayar  pengunjung dapat menyewa perahu berkeliling di sekitar pulau. Keindahan bawah laut juga dapat Anda nikmati

artikel lainnya : Merencanakan Liburan yang Menyenangkan di Akhir Tahun

Museum Andrea Hirata

Sejak diluncurkannya film Laskar Pelangi yang settingnya berlokasi di kampung halamannya si penulis, nama Belitung kian melejit seiring dengan kepopuleran film tersebut. Kepiawaian sutradara dan penulis cerita dalam menggambarkan lokasi dibuatnya film yang sangat menakjubkan tersebut membuat kekayaan alam belitung kian menjadi primadona. Untuk menghapus rasa penasaran pengunjung maka dibuatlah museum Andrea Hirata.

Wisata Belitung kian menunjukkan geliatnya dengan hadirnya Museum Kata Andrea Hirata. Di sini pengunjung dapat melihat tahapan pembuatan film Laskar Pelangi, lembaran novel hingga perjalanan film laskar Pelangi yang sangat fenomenal tersebut.

Ruangan di dalam museum Andrea Hirata menggambarkan tokoh-tokoh utama film Laskar Pelangi seperti Ikal, Lintang. Pengunjung seakan-akan melihat langsung latar pembuatan film Laskar Pelangi dengan berbagai properti yang ada di dalam museum.

Tradisional House Belitung

Wisata ini adalah Rumah tradisonal Belitung yang merupakan rumah asli masyarakat Belitung sejak dahulu. Lokasinya berada di sebelah rumah bupati Belitung. Arsitektur bangunan rumah trasional Belitung sangat unik, terbuat dari kayu dengan konstruksi rumah kayu panggung. 

Di Rumah Tradisional Belitung ini pengunjung dapat melihat beberapa artefak  seni dan budaya Belitung. terdiri dari dua ruangan yaitu ruang utama dan dapur. Di ruang utama terdapat diaroma pernikahan, Pengunjung dapat melihat tata cara penikahan adat Belitung lengkap dengan pengantin pria dan wanita. 

Di ruang dapur pengunjung dapat melihat berbagai peralatan memasak, pertukangan dan pertanian khas Belitung. Berada di sana Anda dapat melihat gambaran masyarakat asli Belitung dan berbagai pekerjaannya. 

Pengunjung dapat ke lokasi wisata setiap hari dari pukul 8.00-12.00 serta 14.00-16.00 WIB. serta hari Minggu dan hari libur dari pukul 8.00-12.00 WIB. 

Pantai Nyiur Melambai

Berkunjung ke Belitung harus tau wisata ini. Pantai nyiur melambai atau lebih dikenal dengan Pantai Lalang terletak di Belitung Timur dengan akses ke lokasi yang cukup dekat. Pengunjung dapat menikmati suasana alam pantai yang indah memukau. Pasir putih dan bersih serta cemara laut menjadi ciri khas pantai ini. 

Ombak di Pantai Nyiur Melambai sangat bersahabat dengan topografi alam pantai yang landai. Wisata Pantai Nyiur melambai sangat cocok untuk wisata keluarga. Anda dapat memboyong keluarga dengan bermain di pantai dan ombak laut yang bersahabat. 

Danau Kaolin Belitung

Belitung memiliki destinasi andalan lainnya yaitu Danau Kaolin. Danau ini terbentuk dari bekas penambangan kaolin. Bekas penambangan ini akan meninggalkan sisa lubang besar seperti kawah dan akan teirsi oleh air hujan. Warna danau yang sangat indah biru mudah dengan dinding daratan berwarna putih bersih. 

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan zat-zat berbahaya dari danau ini seperti kebanyakan danau yang terbentuk dari belerang. Kaolin tidak meninggalkan sisa polusi yang berbahaya bagi kesehatan sehingga pengunjung dapat menikmati wisata danau Kaolin tanpa rasa khawatir terhirup zat berbahaya. 

Untuk menuju lokasi pengunjung dapat ke Tanjung Pandan menuju Danau Kaolin yang berjarak sekitar 10 menit. Apabila mengunjungi obek wisata ini sebaiknya membawa bekal seperti makanan ringan dan air minum secukupnya.

artikel lainnya : Traveling Hemat, Mudah dan Cerdas ke Yogyakarta

Museum Zoo Tanjung Pandan

Selanjutnya wisata ke Museum Zoo Tanjung Pandan Belitung. Di sini pengunjung dapat melihat-lihat koleksi museum seperti patung-patung hewan berukuran raksasa. Wisata museum sangat bagus sekali untuk ajang mengenalkan hewan dengan anak-anak. Di sini Anda dapat mengenalkan aneka hewan yang di lindungi, hewan liar dan hewan langka kepada anak-anak. 

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang adalah pesona Belitung yang indah mempesona. Ciri khas Pantai Tanjung kelayang adalah adanya batu-batu granit berukuran raksasa di sekitar pantai. Air laut yang berwarna biru di hiasi bebatuan granit raksasa  menjadi pesona yang tak terlupakan oleh pengunjung. 

Untuk menuju lokasi Anda dapat menggunakan transportasi darat dari Kota Belitung sekitar 27 kilometer. Lokasi ini memiliki banyak keunikan lainnya yaitu habitat burung Kelayang yang terbang di sekitar pantai 

Pantai Tanjung Tinggi

Pesona Belitung selanjutnya adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini juga merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini memiliki pesona yang indah dengan hiasan batu granit yang bertebaran di sepanjang pantai. Pengunjung dapat menikmati air laut yang jernih serta pemandangan alam yang indah di sekitar pantai. 

Untuk menuju lokasi pengunjung dapat berangkat menggunakan kendaraan darat menuju Pantai Tanjung Tinggi yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan.

Selain wisata yang telah disebutkan di atas, masih banyak sekali destinasi wisata Belitung yang sangat apik dan sayang jika dilewatkan. Memang Belitung memiliki pesona alam luar biasa. Ada banyak agen perjalanan yang dapat membawa Anda ke Belitung diantaranya paket perjalanan dengan biaya terjangkau.

Merencanakan perjalanan Hemat

Paling bahagia rasanya jika perjalanan juga mengikutsertakan keluarga. Tapi kendalanya kalau perjalanan wisata bersama keluarga aku tidak mau repot ngurus tiket pesawat maupun hotel. Biasanya kan tiket hotel dan tikelt pesawat di beli pada saat yang terpisah, kebayang gak sih bagaimana repotnya jika perjalanan kita mesti dikejar-kejar sama urusan tiket.

Maunya jika ketika liburan  ada sebuah paket perjalanan wisata yang lengkap tanpa perlu repot-repot urusan tiket.

Nah, kebetulan ada paket perjalanan hemat yang telah disediakan oleh traveloka jadi aman deh bila ingin melakukan perjalanan wisata. Paket perjalanan ini mengakomodir semua kebutuhan wisata antara lain tiket pesawat dan hotel. Sehingga saat melakukan perjalanan ke suatu tempat wisata tidak perlu harus boking hotel lagi setelah tiba di suatu tempat. Paket wisata traveloka menjamin perjalanan menjadi lebih nyaman dan hemat.




Keuntungan yang bisa didapatkan dengan paket hemat perjalanan wisata traveloka adalah :
  • Hemat dana. Siapa yang tidak menginginkan satu perjalanan dapat dihemat sekian persen. Coba bayangkan jika kita memesan tiket perjalanan yang terdiri dari perjalanan udara dengan tiket tersendiri, lalu sampai ke tempat tujuan masih harus sibuk mencari hotel untuk menginap, alhasil hotel yang diinginkan naik harga apalagi jika kita bepergian di musim liburan kaan?
  • Hemat waktu. Perjalanan dalam satu waktu memang harus direncanakan sematang mungkin. Apalagi jika kita dibatasi oleh jumlah hari cuti tentu saja harus efektif dalam perjalanan. jika memesan paket perjalanan mesti lengkap dengan hotel agar tidak mengulur waktu. 
  • Hemat tenaga. Ini pastinya, karena kita bisa langsung memesan dari rumah, kantor atau dimanapun kita berada. Sehingga tidak harus pergi ke tempat-tempat yang berbda jika ingin memesan pekat perjalanan wisata.
  • Mudah dan Saving Time. Jika urusan tiket pesawat dan hotel bisa semudah ini terus uangnya untuk apa? Ya ditabung dong, jika mau ya beliin oleh-oleh hehe. 
  • Mudah dan Banyak pilihan paket pembayaran. Mau traveling sementara waktu nya tidak banyak. Tenang deh soalnya paket perjalanan traveloka menyediakan pilihan pembayaran yang beragam. Bisa menggunakan credit card, atm, transfer non tunai, atau ke pembayaran lewat gerai-gerai supermarket yang telah bekerjasama dengan traveloka. 

Nah sudah yakin tidak mau berlibur jika mendapatkan paket perjalanan sehemat ini? Yuk ah nikmati kemudahan yang telah ditawarkan oleh traveloka dalam menemani perjalanan Anda. 

Sampai jumpa ke Belitung!

18 comments

  1. Noted! Semoga someday bisa ke Belitung. Selama ini sebatas ke Bangka doang hehe. Padahal pengin banget eksplor pantai di belitung yg cakep2 😍

    ReplyDelete
  2. Traveling murah memang impian semua orang supaya lebih hemat biaya dan bisa jalan - jalan sepuasnya

    ReplyDelete
  3. belitung sekarang jadi tempat tujuan wisata yang diserbu ya mbak sejak ada novel laskar pelangi ^_^
    aku juga pengen banget ni ke belitung

    ReplyDelete
  4. Ih jadi mupeng, pengen ke Museum Andrea Hirata nih mbak. Fansnya Laskar Pelangi pasti semangat ya ke Belitung.. ^^

    ReplyDelete
  5. Belitung adalah salah satu destinasi wisata impianku selama ini kak... kapan ya aku bisa ke sana ^^

    ReplyDelete
  6. belum pernah ada kesempatan ke Belitung mbak, hiks. bolehlah nanti aku coba ke sana pesan pake traveloka, iyes

    ReplyDelete
  7. Duh, jadi mupeng nih pengin ke Belitung...

    ReplyDelete
  8. Aku dah lama banget ke Belitung mbk. Tp itu dia, kadang kesempatan ada properti nya gk ada. Kdang properti nya ada, eh malah kesempatannya yang belum ada.

    Semoga suatu saat bs ke tempat laskar pelangi ini.

    ReplyDelete
  9. Gambarnya mna kak, bikin penasaran

    ReplyDelete
  10. Belitung oh belitung, kapann kaki ini menginjak tanah belitung. Kaya banget emang Indonesia sama pulau-pulau Indahnya.

    ReplyDelete
  11. Enak juga ya mba pake traveloka, jadi lebih hemat dan gampang banget. Ga ngabisin waktu lagi

    ReplyDelete
  12. Aaaa belitung ini jdi salah satu destinasi impian aku bgt. Nice info mbak hehe

    ReplyDelete
  13. Ah pengen banget ke Belitung terutama ke museumnya Andrea Hirata

    ReplyDelete
  14. Kumpulin duit,atur jadual cuti,cuss ke Belitung.

    ReplyDelete
  15. Destinasinya banyak nih di Belitung. Pingin juga kesana. Sayang, kurang gambar-gambarnya. Jadi tambah penasaran nih hehe.

    ReplyDelete
  16. Dari dulu pengen banget ke belitung. Mudah mudahan kesampean kesana kalau uang tabungan udah cukup

    ReplyDelete
  17. Saya suka paket liburan yg hemat2 hehe, budget pas2an soalnya.
    Belitung itu jg salah satu destinasi wisata impian mbak, moga bisa ke sana suatu saat nanti aamiin :D

    ReplyDelete
  18. pengen ke belitung dari dulu, tapi blm kesampean.
    semoga taun depan bisa kesana, amiinn..

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.