Merencanakan Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan


Yeayy sudah mau akhir tahun lagi. Akhir tahun paling pas merencanakan liburan. Karena momen yang tepat. Kantor, sekolah libur dan perusahaan biasanya memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk mengajukan cuti.


Mengingat bulan Desember tinggal menghitung hari, saatnya menyusun agenda untuk kegiatan liburan bersama orang-orang tercinta.

Untuk merencanakan liburan yang berkualitas beberapa hal yang harus dipersiapkan agar dapat merencanakan Liburan akhir tahun yang menyenangkan adalah sebagai berikut:

Survey Lokasi

Sebelum merencanakan liburan akhir tahun sebaiknya kita survey lokasi yang akan dituju. Hal ini penting untuk menghindari beberapa resiko yang tidak diinginkan di perjalanan misalnya terkait dengan kendala transportasi, kemacetan, keramaian dan kondisi alam. Survey lokasi dapat dilakukan dengan membaca review dari sumber yang jelas, maupun berdasarkan informasi akurat yang didapat dari situs penyedia lokasi wisata. Tentunya informasi terbaru yang kita butuhkan. Misalnya akses masuk lokasi, jalur terdekat menuju lokasi maupun harga tiket masuk dan informasi penting lainnya.

Itinerary

Itinerary penting sekali di buat agar perjalanan menjadi efektif dan efisien. Apalagi jika setiap anggota keluarga memiliki kesibukan masing-masing. Fungsi dari itinarary dapat menjadikan perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Cara menyusun Itinerary ini dapat berpanduan pada beberapa hal antara lain:

  • lama waktu yang dibutuhkan ketika liburan
  • lokasi yang dituju
  • dana yang tersedia
  • pertimbangan transportasi

Berkaitan dengan lama waktu yang dibutuhkan kita perlu mempertimbangkan berapa lama waktu yang diberikan cuti. Cuti yang diizinkan ini harus diperhitungkan mulai dari persiapan keberangkatan, lama perjalanan pulang dan pergi, lokasi mana saja yang ingin dituju. Sebaiknya disisakan waktu 2 atau 3 hari untuk mengatasi kemungkinan tidak tepatnya waktu keberangkatan maupun saat pulang, misalnya pertimbangan macet, dsb.

Persiapan fisik anggota keluarga

Keluarga haruslah prioritas dalam mempertimbangan masalah liburan, terutama anak-anak. Jika memiliki anggota keluarga yang masih balita, atau kondisi istri yang sedang hamil sebaiknya perlu dipersiapkan sematang mungkin apabila ingin merencanakan liburan keluarga. Pertimbangan keselamatan dan kesehatan mereka adalah nomor satu yang harus diprioritaskan.

Terkait dengan kesiapan fisik ini, anak-anak maupun anggota keluarga yang akan ikut serta sebaiknya harus di kondisikan jauh-jauh hari misalnya, ikut membicarakan perihal liburan agar mereka dapat merasakan aura yang sama.

Menjaga kesehatan sebelum liburan itu sangat penting agar ketika liburan tidak ada kendala. Misalnya anak sakit saat liburan, kondisi tidak fit dan sebagainya. Menjaga kesehatan keluarga misalnya mengatur menu harian, konsumsi suplemen dan makan yang bergizi tinggi agar tubuh tetap fit dan prima.

artikel terkait : Objek wisata populer di Bengkulu 

Memilih transportasi

Transportasi atau kendaraan saat liburan penting sekali diperhatikan. Apabila kita merencanakan berlibur ke beberapa lokasi dalam jarak yang cukup dekat, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi lebih efektif apalagi jumlah anggota keluarga cukup banyak. Namun apabila Anggota keluarga yang ikut serta sedikit dengan pertimbangan lokasi yang jauh, maka lebih efisien jika menggunakan jasa transportasi udara. Tentu pilihan-pilihan transportasi ini sangat penting apalagi dikaitkan dengan anggaran dana yang tersedia.

Kendaraan pribadi dapat dipilih menjadi transportasi saat liburan apabila jarak yang ditempuh ke lokasi berlibur dapat ditempuh paling lama 2 hari. Namun jika lebih dari itu maka berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi perlu dipertimbangkan apalagi jika di kendaraai sendiri. Resiko perjalanan sangat besar apabila nekad melanjutkan perjalanan. Kecuali jika ada supir cadangan atau menyewa travel.

Pengalaman traveling keluargaku, Perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi memiliki resiko cukup besar apabila dikendarai sendiri. Apalagi lokasi yang ditempuh sampai 15 jam perjalanan antar provinsi benar-benar melelahkan.

Namun kita bisa siasati dengan merencanakan untuk menginap/mampir ke beberapa tempat saat mulai terasa letih. Misalnya dengan mencari hotel atau penginapan terdekat apabila jalur tempuh cukup panjang.

Memesan Tiket dan Booking hotel

Apabila waktu liburan udah fix sebaiknya mulai mencari-cari tiket pesawat. Kenuntungan mencari tiket pesawat jauh-jauh hari adalah untuk menghindari melonjaknya harga tiket ketika mendekati hari-H. Terlebih jika liburan akhir tahun yang banyak dimanfaatkan orang untuk berlibur dan pulang ke kampung halaman.

Begitu juga dengan hotel atau penginapan yang berada di lokasi liburan, biasanya jika kita memesan hotel jauh-jauh hari dapat menghindari hotel penuh. Sayang bukan jika kita sudah berada di lokasi liburan tidak mendapatkan hotel/penginapan yang berada dekat dengan lokasi yang dituju.

artikel terkait : Green Wisata kebun Teh Kabawetan Kepahiang Bengkulu

Dana cadangan 

Apabila kita merencanakan liburan mestilah memiliki dana cadangan dalam jumlah yang cukup. Hal ini untuk menghindari berbagai kemungkinan yang terjadi saat liburan misalnya harga tiket yang melambung tinggi, hotel yang melonjak serta biaya perjalanan yang tidak terduga. Untuk itu perlu dipersiapkan dana cadangan di luar dana liburan yang telah dianggarkan.

Persiapan Barang Bawaan

Barang bawaan perlu diperhatikan. Terutama jika perjalanan menggunakan transportasi udara. Hindari membawa barang bawaan terlalu banyak ketika berlibur, karena akan menyulitkan diri sendiri. Apabila membawa serta anggota keluarga lebih disarankan menggunakan koper besar untuk mengkover seluruh barang bawaan keluarga. Namun bisa juga dengan cara memberikan tanggung jawab kepada setiap anggota keluarga terkait dengan apa yang akan dibawanya. Misalnya anak-anak diberikan tanggung jawab membawa sendiri tas yang berisi perlengkapan pribadi mereka.

Jika perjalanan menggunakan kendaraan pribadi bukan berarti kita bebas membawa barang bawaan, harus dipilih-pilah juga barang-barang apa saja yang akan dibawa. Karena biasanya ketika berlibur kita tergiur untuk memborong oleh-oleh dan barang-barang di lokasi wisata.

Pengalaman ku ketika berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi biasanya barang-barang yang dibawa ketika pulang liburan sangat banyak dan hampir menyesaki kendaraan. Akibatnya beberapa barang terpaksa rusak karena dipaksakan untuk muat dalam kendaraan. Sangat disayangkan bukan?

Untuk kenyamanan perjalanan yang paling penting adalah menggunakan pakaian dan perlengkaan yang nyaman dan hangat. Di perjalanan, kita akan akrab dengan angin, cuaca yang tidak menentu. Akibatnya fisik berusaha ekstra dalam menyesuaikan dengan kondisi cuaca di sekitar kita.

Persiapan Perlengkapan Obat-obatan

Ketika di perjalanan kita tidak tau apa yang akan ditemukan selama perjalanan. Untuk mengantisipasinya sebaiknya mempersiapkan perlengkapan obat-obatan atau P3K. Obat-obatan yang penting seperti obat luka, perban, alkohol, minyak angin, obat penurun panas, dan semua yang berhubungan dengn emergency.

Inilah beberapa cara merencanakan liburan akhir tahun yang menyenangkan bagi keluarga yang dapat menjadi alternatif untuk liburan Anda. Semoga liburan akhir tahun Anda sesuai dengan harapan tanpa aral dan rintangan.

Selamat berlibur.

#ODOPKT08 

3 comments

  1. Persiapan fisik penting banget, karena bakal bersenang senang kan sepanjang liburan

    ReplyDelete
  2. Liburan memang menyenangkan, apalagi jika dilakukan dengan keluarga tercinta. Semua memang harus dipersiapkan dengan sebaik baiknya

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.