Traveling Hemat, Murah dan Cerdas ke Yogyakarta


Setiap kali suami pulang dari luar kota, aku selalu antusias dengan berbagai foto-foto yang beliau ambil ketika di tempat tujuan. Aku dan anak-anak selalu berkumpul di ruang keluarga dan melihat foto-foto tersebut. Salah satu kota yang sangat menarik  di hati adalah Yogyakarta.

Pesona Yogya di mata Pelajar

Entah kenapa Yogyakarta memiliki cerita tersendiri yang sangat ingin aku kunjungi. Dari zaman SMA hingga saat ini Yogya adalah kota impian dan idamanku. Aku ingat, ketika berdialog dengan teman-teman SMA menjelang kelulusan mereka berlomba-lomba menceritakan impiannya untuk sekolah ke Yogya. Katanya Yogya itu kota pelajar dengan biaya sekolah yang terjangkau.

Mungkin benar adanya jika sekolah atau kuliahnya dibawah tahun 2010 kali ya. Namun kalau kuliah saat ini apakah Yogya masih memberikan harapan dengan kuliah murah? Semoga. Seingatku meskipun harus jauh dari orang tuanya, teman-teman ngebelain mau kuliah di Yogya menjadi anak rantau.

Yogya adalah impian, Yogya adalah harapanYogya adalah masa depan

Tak heran jika siswa sekolah-sekolah favorit di kotaku, harus izin ketika acara kelulusan karena langsung terbang ke Yogya mengikuti berbagai bimbingan belajar persiapan masuk Perguruan Tinggi impiannya.

Pesona Yogya di mata pemburu kuliner

Kuliner Yogya punya tempat di hati penggemarnya. Berbagai panganan khas daerah keraton tersebut justru booming di daerah-daerah. Seperti di daerahku yang berada di seberang pulau jauh dari Yogya berada. Kuliner Yogya sangat diminati oleh warga daerahku. Nasi uduk, Gudeg adalah beberapa kuliner yang sangat diburu oleh warga luar Yogya. Mungkin lantaran eks pelajar dari Yogya bertaburan di daerahku kali ya (hehe)

Pesona Yogya di mata sejarawan



A post shared by BankBeny (@bankbeny) on

foto : by @bankbeny instagram

Yogya menyimpan sejuta pesona di mata Sejarawan. Ada situs bersejarah warisan dunia yang sangat terkenal. Negeri sejuta candi lebih mempesona kala mengingat Yogya. Candi Borobudur, Candi Prambanan adalah warisan sejarah sekaligus budaya bangsa yang tidak ternilai harganya.

Pesona Yogya dimata seniman

Yogya juga menyimpan sejuta pesona seni yang sangat apik untuk dilestarikan. Kesenian Yogya yang fenomenal hingga ke mancanegara bahkan mampu mengantarkan menjadi salah satu warisan budaya. Pertunjukan kesenian Yogya bahkan sampai ke mancanegara dengan penonton yang membludak saat pertunjukan.


  • Seni wayang. Wewayangan Jawa sangat terkenal hingga ke mancanegara. Seni wayang adalah cerita sejarah yang diambil dari tokoh pewayangan yang diwujudkan dalam bentuk pertunjukan dengan bantuan kulit lembu. 
  • Kethoprak. Kethoprak adalah salah satu kesenian yang sangat terkenal seantero negeri. Dipentaskan oleh tokoh-tokoh bercerita tentang sejarah, humor yang didahului dengan tembang Jawa. Keunikan dari seni Kethoprak adalah ceritanya yang menyesuaikan dengan apa yang ada dalam keseharian, bertema politik, maupun humor-humor. 
  • Karawitan. Karawitan merupakan musik gamelan tradisional Jawa yang diiringi dengan nyanyian. 


Pesona Yogya di mata Traveler

Dimata traveler Yogya menyimpan pesona yang seakan menjadi magnet untuk dikunjungi. Kekayaan alam Yogya yang dipadu dengan kekayaan seni, budaya maupun kearifan lokal masyarakatnya adalah ciri khas dari kota Yogyakarya.

Bagi traveler tidak lengkap rasanya kalau belum mengeksplor keindahan alam Yogyakarta. Ada Puncak Suroloyo yang sangat viral dengan pemandangan alamnya, Bukit Parang Endog yang memukau, Sensasi mendaki Merapi yang menguji nyali, Cave tubing di Kalisuci yag eksotik, Melihat Curug indah di Tegal rejo, dan bermandikan sinar matahari di goa Jomblang. Indahnya hutan pinus Mangunan. Semua pesona alam itu sangat menarik untuk dikunjungi.

Magnet itulah yang membuat para traveler merindukan Yogya sebagai tempat untuk berwisata dan mendalami kekayaan budaya masyarakatnya.

Termasuk saya yang begitu merindukan bisa ke Yogya bersama keluarga.

Hunting tiket Pesawat dan Hotel

Kekhawatiranku ketika mau hunting tiket pesawat biasanya harus memesan dengan terpisah antara tiket pesawat dengan hotel. Artinya kita harus booking tiket pesawat terlebih dahulu. Setelah sampai ke tempat tujuan biasanya kami akan memesan hotel yang terdekat dengan tempat wisata.

Oh My god, ternyata cara ini sangat tidak efektif. Pengalamanku ketika sampai ke tempat tujuan lalu bermaksud mencari hotel terdekat dengan lokasi tempat wisata pada hari yang sama akan menemukan beberapa kendala antara lain ternyata hotel yang dituju telah penuh, biaya booking hotel yang melonjak drastis hingga 100%. Apalagi jika travelingnya saat liburan panjang. Akibatnya perjalanan menjadi sangat melelahkan.

Benar-benar sangat tidak nyaman. Liburan yang seharusnya ajang menenangkan diri, mencari kenyamanan  menjadi berantakan gara-gara hal sepele ini. Solusinya kami sudah mencoba mencari alternatif memesan hotel dari kelas hotel berbintang hingga kelas hotel biasa semacam penginapan kelas melati. Namun tidak juga menemukan solusinya.

Peristiwa ini terjadi saat Liburan ke Padang tahun lalu. Apalagi waktu sudah semakin sore sebentar lagi malam tiba namun belum juga tanda-tanda berjodoh dengan hotel yang diinginkan.

Seharian penuh mencari-cari hotel akibat keteledoran kami yang memesan hotel saat telah sampai di tempat tujuan. Alhasil waktu sehari sia-sia saja tidak mendapatkan apa-apa selain letih. Apalagi saat itu kami berlibur bersama keluarga, ada anak yang kecil-kecil. Mana anak-anak sudah mulai rewel, beneran sangat merepotkan.

Wah, untung saja ada Traveloka yang bisa mengatasi permasalahan para traveler. Ternyata di traveloka kita bisa memesan tiket dan hotel dalam satu paket. Jadi dijamin tidak akan terlantar lagi setelah sampai di tempat tujuan. Waktu juga akan lebih efisien saat diperjalanan.

Memesan tiket dan hotel dalam satu waktu itu juga bisa menghindari kita dari pembayaran hotel yang meningkat. Apalagi ketika musim liburan tiba yang biaya tiket saja sudah mahal belum ditambah dengan biaya hotel. Wadaw bisa –bisa jebol deh kantong.




Nah, di traveloka kendala dan kekhawatiran itubisa teratasi dengan  tiket dan hotel dalam satu paket. Kita juga bisa memesan jauh-jauh hari menyesuaikan dengan waktu liburan. Jadi tidak ada salahnya jika ingin berlibur beberapa bulan lagi namun tiket dan hotel sudah kita persiapkan dari sekarang bukan?


artikel terkait : Wisata keren Batusangkar

Saving Time

Waw, ternyata di Traveloka kita bisa menghemat perjalanan menjadi lebih efektif dan efisien. Saving time, artinya kita bisa memanfaatkan waktu liburan tanpa harus memikirkan mencari hotel yang banyak menghabiskan waktu dan dana.

Lebih murah

Jika dihitung-hitung apabila kita memesan tiket pesawat dengan hotel dalam paket terpisah ternyata lebih membutuhkan biaya yang besar karena waktu yang kita habis kan di jalan. Pada saat ingin mencari hotel mungkin saja kita memakai jasa travel untuk mengantarkan kita ke hotel yang dituju atau paling tidak dengan pulsa telpon. Tentu akan menghabiskan biaya lebih besar bukan?

Nah, berbeda dengan konsep keterpaduan atara tiket dan hotel seperti  paket wisata traveloka. Perjalanan akan lebih efisien dan yang paling penting adalah biaya tiket yang lebih murah.

Metode pembayaran mudah

Satu lagi yang sangat memudahkan ketika traveling adalah metode pembayaran yang banyak pilihannya. Ada beberapa yang bisa kita pilih antara lain, transaksi debit, kredit, saldo Tokocash atau transfer antar bank.

Nah, Bagimana sangat memudahkan bukan? Ayo traveling hemat, mudah dan cerdas dengan traveloka agar kita dapat menikmati perjalanan tanpa dipusingkan dengan berbagai hal yang tidak penting dan menggangu kenyamanan liburan kita.

#ODOPOKT17

16 comments

  1. sudah lama saya tidak berkunjung ke Yogya, terakhir awal tahun ini

    ReplyDelete
  2. Jogjakarta buatku adalah kenangan. Semoga aku bisa ke Yogyakarta juga menikmati banyaknya tempat wisata dan kerajinan tangan di sana,

    ReplyDelete
  3. Kethoprak beda ya dengan makanan ketoprak ya. Kunbal Ya

    ReplyDelete
  4. Sukanya ke Jogja soalnya apa2 serba murah. Hehehehe :D

    ReplyDelete
  5. Yogyakarta emang selalu ngangenin
    Betah dan gak bosen pokoknya :)

    ReplyDelete
  6. Yogya emang kece mba, apalagi skrg banyak tempat wisata yang instagrammable banget hehe. Aku yg orang jogja asli malah belum sempat cobain wisata2 kekinian di jogja.
    Aku kalo pesan tiket kereta/pesawat juga selalu di traveloka mba
    Tapi kalo pesan hotel belum pernah hehe

    ReplyDelete
  7. Haia mbak... Jadi mupeng pengen ke jogja. Ngajak suami blom jadi2. Nunggu telpon dari mom ambasador sgm ga berdering2 😂😂😂Semoga tahun depan ada rezeki ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..semoga tahun depan ya mba bisa ke sana

      Delete
  8. Saya belum pernah nih ke Jogja. Semoga suatu saat nanti bisa ke sana. Iseng-iseng keker harga dulu ah dari sekarang :)

    ReplyDelete
  9. Aku kangenn Jogja mbak huhu. Terakhir ke Jogja tahun lalu soalnya.. >.<

    ReplyDelete
  10. Nah iya, Jogja ini komplettt bener deh, Mba, beragam tujuan wisata yang sifatnya beda-beda bisa didapatkan di sana.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.