Mau Jadi Blogger Apa?

Jadi Blogger Apa

Sebenarnya jika ditanya begitu aku pun bingung (haha). Kata mba Shinta kita mesti mendalami bidang keilmuan kita, agar kedepannya apa yang kita tulis dapat bermanfaat untuk orang banyak. 
Lah sekarang gimana? Aku mau jadi blogger apa?



Nah galau deh, kalau ditanya begitu soalnya dari awal aku membangun blog (ciee bahasanya udah membangun  kerenan dikit lah) ini untuk mengabadikan kisah perjalanan ku dan keluarga. Nah, ternyata kedepannya aku malah lebih tertarik untuk menulis tentang aktivitas mengajarku yang sebagai guru.

Muncullah label education

Label education di blog ini sebenarnya lebih kepada aktivitas aku sebagai guru, mengajar, menerapkan apa yang aku miliki, segala rangkuman tentang perangkat guru, opini tentang isu masa kini terkait tentang dunia pendidikan dan segala edebre gebrenya. Bahkan pernah ada tulisan tentang mata kuliah matematika yang sedang ku pelajari saat masih kuliah lanjutan dulu. Eh, tak disangka tak dinyana (bahasa opo seh) ternyata tawaran menulis tema education ini laris juga diemail meminta artikel tentang education. Nah, lo

Tentang Fashion

Ehh kesininya malah lebih banyak bergaul dengan lifestyle blogger yang banyak keahliannya haha. Ditawari nulis tentang fashion hayuk, Nah ini ada ceritanya karena  selain jadi blogger juga nyambi jualan gamis (lihat di hamidah Sopee ya ihirr iklan) jadi kalau untuk materi fashion adalah wawasan sedikit-sedikit. 

Kapan ada produk baru launching jadi deh sebuah post di blog dan itu rutin, Ahaay itung-itung sambil isi blog sekalian jualan. Yah, emak-emak multitasking emang musti peran ganda deh. Sekalinya jadi blogger, sekalinya jadi olshoper, bakul gamis atau jilbab. Yah apapun itu yang penting halal dan tidak merusak reputasi orang lain (lhoo?)

Eh ternyata oh ternyata, tawaran job tentang fashion termasuk yang paling tinggi di blog ini. Kapan hari tetiba ada tawaran menulis tentang fashion, lalu ada yang minta menulis tentang online shop yang landing pagenya ke fashion juga. 

Ada tawaran menulis tentang kesehatan, nah kita juga  nulis itu, eh kesininya malah banyak banget tawaran menulis tentang tema-tema random. Dan aku semakin galau menentukan aku mau jadi blogger apa? haha.

Tentang Traveling 

Nah, sekarang aku kasih tau ya, sebenarnya dulu itu aku kepengen serius ngeblog dan menulis tentang Traveling loh. Kenapa oh kenapa karena oh karena traveling itu melegakan. Iya dong kita enggak kemana-mana lihat lihat gambar yang kece badai melambai itu rasanya seperti terbang langsung mendarat ke tempat impian. 

Blog-bog traveling itu selalu kece-kece sih ya. Apalagi isinya pamer tempat-tempat indah yang bikin hati panas berharap suatu saat ada travel nyasar ke alamat kita ngasih tiket gratis buat pergi ke tempat impian. (haha...mimpi ketinggian)

Nah, sebenarnya tahun lalu label traveling mendominasi di blog ini. Karena memang aku fokus nulis traveling. Mesti perjalanan masih bisa diitung dengan jari tapi aku beranikan diri nulis tentang traveling berdasarkan pengalaman aku sendiri. Asyik banget pokoknya apalagi foto-foto murni jepretan dan dokumentasi pribadi, huahh serasa bahagia tiada tara. 

Traveling bertahan sebagai label yang paling banyak di blog hingga satu tahun lamanya. Dan itu asyik banget, aku senang dan bahagia dokumentasi pribadi bisa dibagikan ke khalayak umum. Perlahan tapi pasti beberapa tawaran menulis tentang traveling sempat mampir ke blog baik itu bentuknya job review, sponsored post maupun conten placement yang menambah perbendaharaan post traveling di blog ini. 

Lalu seiring dengan waktu karena sudah random dan tidak bisa terbendung dan kelian tau gak? Ternyata post popular di blog ini apa? 

Ternyata post popularnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan fashion yang notabene memegang rekor post terbanyak di blog ini, atau tentang lifestyle yang juga mencapai angka tertinggi, atau traveling seperti keinginanku. Bukaan sodara-sodara. Post popularnya adalah tentang TUTORIAL.

Whaat??

Post popularnya adalah tentang TUTORIAL.


Hahaha, aku tertipu. Ternyata yang paling banyak menyumbang pemirsa/pengunjung  ke blog ini adalah tutorial. Tuh lihat deh di post popular yaitu Cara Memunculkan Judul Postingan tanpa Judul Blog itu adalah post pertama yang menyumbang view terbanyak berasal dari organik istilahnya jarang di share. Yah mungkin yang berkunjung ke sana adalah orang-orang yang butuh banget tentang post tersebut kali ya?

Yang kedua adalah post tentang Cara Mengikuti Pelatihan Gratis untuk Guru. Post itu juga merupakan tutorial bagaimana caranya mengikuti pelatihan gratis untuk guru. Ahh aku terharu dan tertegun?

Jadi kembali ke masalah awal? Aku jadi blogger apa?

Haha. Yang jelas aku mau jadi blogger dan menebar manfaat untuk siapapun yang membutuhkan . yo wes lah jika dikemudian hari tiba-tiba blog ini tiba-tiba berpindah haluan ke traveling lagi okehh, atau ke education lagi hayuk, dan sepanjang aku masih mau menulis aku tetap kan menulis.

Eh ada bocoran ya, sekaligus iklan lagi sebenarnya aku juga punya blog yang lain kok, yang kubangun seperti yang diimpikan yakni blog yang membahas bidang keilmuanku. Ahhh semoga saja aku bisa konsisten yaa

#ODOPOKT25

17 comments

  1. Sampai sekarang saya juga belum tau mau jadi blogger apa mbak. Nulis juga belum konsisten :D

    Salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. yang penting fokus menulis saja mbak, daripada mempertanyakan mau jadi blogger apa hehe

    ReplyDelete
  3. Saya juga blognya masih gado-gado banget, mbak. Kalau sekarang sih pengennya tulisan saya bisa memberi manfaat buat yang membacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kita emak-emak yang semua pengen di curhatin haha

      Delete
  4. aku masih random alias gado2 yg penting aku bisa nulis dan berbagi mba hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku pun git...Awalnya pengen konsisten ya mba tapi kesininya wis apa aja lah ditulis yg penting manfaat heee..

    ReplyDelete
  6. Blogku juga masih gado-gado. Belum bisa fokus dan konsisten menulis satu topik saja. Buatku, yang penting disiplin menulis dan menebar manfaat bagi orang lain ^^

    ReplyDelete
  7. wah tertingginya malah tutorial to. Saya tertinggi postingan kesehatan, dan parenting, padahal skrg lagi merambah ke travelling juuga. hehe. blog khusus kesehatan malah lumutan=(

    ReplyDelete
  8. Tsahhh.. yg penting itu bisa nebar manfaat ya..
    Kece mba yurmawita punya blog khusus bidang ilmunya.. sukses ya semua blognya

    ReplyDelete
  9. Saya sih masih jadi blogger suka-suka, Mbak. Yang jelas ingin terus menuliskan apa yang terlintas di pikiran dan berlatih setiap hari

    ReplyDelete
  10. Kalau aku semua kutulis Mbak..yang ada di pikiran..mbuh masuk kategori apa , pokoknya nulis aja..hahaha:D

    ReplyDelete
  11. Trus... aku blogger apaan? Nulisnya gado-gado. Pengennya tetep rajin nulis. Tapi di blogku yang banyak dicari adalah traveling.
    Sukses untuk semua blognya.

    ReplyDelete
  12. Aamiin... Saya juga masih gado-gado ini, Mbak *tutupmuka

    ReplyDelete
  13. Mau jadi blogger baik-baik saja yang tidak lupa menulis dan update blog-nya, hehe...

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.