Cara Berobat Menggunakan BPJS

Konten [Tampil]
Beberapa waktu yang lalu ayah saya sakit dan mesti menggunakan kartu BPJS untuk layanan berobat. Seingatku beliau belum pernah memiliki kartu BPJS sehingga aku berinisiatif mendaftarkannya  di kantor BPJS. 

Saat itu petugas BPJS dengan layanan ramah menanyakan maksud kedatangan ku, dengan runut kuceritakan maksud kedanganku, mba petugas BPJS dengan sangat ramah menjelaskan bahwa pasien atas nama ayah saya tidak bisa mendaftarkan BPJS karena sudah terdaftar sebagai tanggungan penderita yang artinya ayah saya mendapatkan layanan pengobatan gratis di layanan kesehatan yang ditunjuk pemerintah. 

Cara berobat pakai BPJS


Kabar baiknya saya tidak perlu mendaftar lagi BPJS yang baru, karena layanan anggota BPJS ayah saya masih aktif. 

Namun yang mengganjal adalah fasilitas kesehatan pertama yakni sebagai tempat pertama kami kunjungi saat pasien ingin berobat cukup jauh dari tempat tinggalku.  Aku bersyukur artinya kami tidak perlu lagi mendaftar dan bisa langsung berobat saat dibutuhkan.

Kami mendapatkan layanan yang cukup baik di tempat faskes pertama yaitu di puskesmas tak jauh dari tempat ayah tinggal. Ayah didiagnosis tekanan darah tinggi dan diminta minum obat rutin. 

Layanan JKN KIS atau istilah populernya  BPJS merupakan program pemerintah yang diperuntukkan untuk individu dalam rangka mendapatkan pelayanan kesehatan dirinya dan keluarga.

Cara Berobat Menggunakan Kartu BPJS yang pertama kalai dilakukan adalah pasien atau caln pasien maupun keluarga mengetahui jenis fasilitas kesehatan yang wajib dikunjungi. Fasilitas kesehatan itu adalah tempat berobat yang ditunjuk pemerintah sebagai tempat pasien menerima layanan kesehatan.

Faskes tingkat 1

Faskes tingkat 1 adalah layanan fasilitas kesehatan pertama yang ditunjuk oleh pemerintah sesuai dengan permintaan penerima layanan JKN KIS. Biasanya faskes tingkat 1 berlokasi tak jauh dari tempat domisili peserta seperti puskesmas, klinik, dokter keluarga.

Faskes lanjutan

Faskes lanjutan merupakan fasilitas kesehatan rujukan yang telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai tempat pusat kesehatan masyarakat dan penanganan  lebih lanjut. Faskes ini merupakan rumah sakit tipe D dan C. 

Cara Berobat menggunakan kartu JKN KIS atau BPJS

Mengunjungi Faskes Pertama

Peserta mengunjungi faskes pertama dan menyampaikan keluhan yang diderita. Oleh dokter atau petugas di faskes pertama akan mendiagnosa dan memberikan penanganan serta resep obat yang diperlukan sesuai dengan penyakit yang diderita. Pasien akan di minta mengkonsumsi obat yang diberikan untuk selanjutnya diberikan tenggang waktu 3-7 hari saat obat dikonsumsi. 

Jika pasien masih merasakan keluhan maka bisa datang dan menyampaikan keluhan kepada dokter untuk selanjutnya diberikan surat rujukan ke faskes lanjutan.

Pasien mendapatkan surat rujukan dari fasker pertama, selanjutnya pasien mendoaftarkan secara online melalui aplikasi JKN mobile untuk mendapatkan nomor antrian pada layanan kesehatan tingkat lanjut atau dikenal dengan faskes lanjutan.

Mengunjungi Faskes Lanjutan

cara berobat gratis


Setelah pasien terdaftar pada layanan kesehatan tingkat lanjutan selanjutnya pasien mengunjungi faskes lanjutan dan mendapatkan layanan kesehatan setelah memilih dokter yang dituju. Pada aplikasi sudah terdaftar beberapa nama dokter sesuai dengan poli yang dituju. 

Pasien mendatangi faskes lanjutan dengan mendata terlebih dahulu ke bagian pendataan pasien BPJS. Selanjutnya petugas akan memberitahukan pasien untuk selanjutnya mendapatkan nomor antrian ke bagian poli yang dituju pasien. 

Mengambil Obat di Bagian Resep

Setelah dokter memeriksa pasien dan mendiagnosa jenis penyakit yang diderita oleh pasien selanjutnya dokter akan memberikan resep obat yang akan dibawa pasien ke bagian peracikan obat. Pasien Sebaiknya membawa pendamping keluarga karena mobilitas nya juga sangat banyak apalagi di beberapa bagian faskes memiliki beberapa lantai yang akan membuat kesulitan si pasien jika dilakukan sendiri tanpa didampingi. 

Surat Kontrol

Dokter akan memberikan Surat kontrol kepada pasien untuk kontrol selanjutnya. Biasanya jarak waktu kontrol sekitar 1-2 minggu setelah jadwal pemeriksaan. 


1 comment

  1. Sangat bermanfaat sekali nih, Kak artikelnya mengenai langkah-langkah menggunakan bpjs. Terima kasih

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.