Cara Naik Pangkat bagi Guru di Simpeg5

Konten [Tampil]
Siapa yang sudah bertahun tahun tidak naik pangkat? Sudah berapa lama kah? 4 tahun, 8 tahun, 12 tahun atau bahkan ada yang 20 tahun tidak naik pangkat? Wah bener benar amazing deh betah banget ya untuk tidak naik pangkat sampai 20 tahun lebih. Tapi hal ini wajar saja sih karena mereka yang tidak memikirkan mau naik pangkat biasanya karena tidak mau ribet atau tidak punya waktu untuk mengurus administrasi yang njelimet atau bahkan sudah nyaman dengan penghasilan yang ada saat ini toh tiap dua tahun sekali gaji pasti naik kan ya karena kenaikan berkala. 

Eh, tapi itu pemikiran kuno sih ya, kalau bagi ku naik pangkat itu adalah hak kita sebagai ASN yang tidak boleh ada yang menghalangi siapapun itu kalau tidak terlibat pelanggaran berat tentunya. 


Cara Naik Pangkat di Simpeg5



Nah, bagi guru nih khususnya di kementerian Agama saat ini ada fasilitas yang bisa untuk di update oleh pegawai dalam rangka memudahkan untuk kenaikan pangkat yakni dengan cara mendaftarkan kenaikan pangkat  pada website Simpeg5. 

Cara naik pangkat di Simpeg5 Kemenag


Naik pangkat pada instansi kementerian agama saat ini ada dua cara yakni dengan nmengikuti kenaikan pangkat reguler dan melalui Simpeg5. Kenaikan pangkat secara reguler dengan sistem Bundel Dupag adalah cara lama yang masih diterapkan saat ini khususnya untuk jenjang kenaikan pangkat dibawah golongan IV. Cara ini dilakukan yakni dengan mendaftarkan pengajuan Dupag ke bidang Kepegawaian Kanwil Kemenag dengan membawa serta bundel bukti fisik dari setiap unsur-unsur yang diajukan pada ajuan Dupag. Selanjutnya pihak staf kepegawaian akan memberikan berkas ajuan kenaikan pangkat kepada tim penilaian angka kredit untuk di analisis dan dinilai berkasa ajuan tersebut dan selanjutnya dinyatakan besaraan angka kredit yang disetujui. Setelah melalui proses penilaian akan diterbitkan Surat Penetapan Angka Kredit (PAK) sebagai syarat kenaikan pangkat reguler yang dimenyatakan kecukupan/layak/tidak layak diperhitungkan pada kenaikan pangkat.

Cara naik pangkat lewat simpeg5

Cara kedua yaitu dengan mendaftarkan kenaikan pangkat di aplikasi Simpeg5 Kemenag. Cara ini terbilang cukup mudah karena pegawai hanya diminta mengupload surat-surat yang diminta pada aplikasi Simpeg5 beserta bukti fisik yang diminta. 

Menyiapkan berkas Dupag dan bukti fisiknya

Langkah pertama yakni menyiapkan berkas dupag beserta bukti fisiknya. Kita harus memiliki arsip-arsip kenaikan pangkat serta bukti fisik kelengkapan setiap unsur. Unsur-unsur ini meliputi unsur utama dan unsur penunjang. 
  • Mengisi form Dupag dari tahun pangkat terakhir hingga tahun pengajuan. Misalnya kita memiliki PAK terakhir tahun 2018, maka kita mesti menyiapkan berkas dari tahun 2018 hingga tahun 2023.
  • Mengisi Unsur Utama dan bukti fisiknya. Unsur utama meliputi kegiatan pembelajaran yang dibuktikan dengan, ijazah, PKG, PKB, Publikasi, dan Karya Inovatif.
  • Mengisi unsur pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yaitu semua kegiatan pengembangan diri guru seperti Diklat, Workshop, Kegiatan MGMP, beserta bukti fisiknya yang meliputi: Surat tugas, sertifikat, Laporan hasil kegiatan yang disahkan oleh Kepala/koordinator PKB.
  • Mengisi Unsur Publikasi/Karya Inovatif Penunjang Pembelajaran yang berupa Jurnal yang memiliki ISSN, Artikel Ilmiah, Karya Tulis bisa berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Modul/Diktat pembelajaran. Bukti fisik yang wajib dilampirkan adalah Surat Pernyataan Keaslian Jurnal/Artikel/PTK, Surat Publikasi yang diterbitkan oleh Perpustakaan, Surat pengesahan pembuatan karya ilmiah/penelitan serta cover jurnal, artikel asli, Laporan PTK asli. Laporan Publikasi Karya Inovatif asli, foto-foto penunjang seperti seminar PTK, daftar hadir peserta seminar, notulensi hasil seminar. 
  • Mengisi Unsur Penunjang dan bukti fisiknya. Unsur penunjang berupa kegiatan yang dilakukan di luar pembelajaran seperti Kegiatan PGRI, Penerima Satya lencana, menjadi anggota Koperasi, serta kegiatan penunjang lainnya. Bukti fisik dapat berupa SK atau surat tugas. 
Semua berkas diatas wajib diberikan tanda tangan atasan dan stempel sekolah. Selanjutnya kita scan PDF dan dibuat judul file sesuai dengan unsur yang diminta. Misalnya pada unsur PKB Diklat maka file yang wajib di Scan adalah Surat Tugas, Setifikat, Laporan PKB, Surat Pengesahan PKB. Buat semua dokumen tersebut menjadi satu file dan di beri nama misalnya Bukti Fisik Diklat Kurikulum Merdeka.

Mendaftarkan dirinya ke sekolah dengan meminta surat rekomendasi dari kepala sekolah 

Langkah kedua yaitu meminta surat rekomendasi pengajuan kenaikan pangkat kepada sekolah untuk menjadi landasan pihak kepegawaian kanwil kemenag membuka pendaftaran kenaikan pangkat pada akun simpeg5 kita.

Menunggu Admin Kanwil melakukan Approved Pendaftaran pada Akun Simpeg5

Setelah kita mengajukan diri pada pendaftaran kenaikan pangkat selanjutnya pihak admin Simpeg5 akan membuka pengajuan tersebut di akun Simpeg5 kita masing-masing.

Mengupload Dupak dan Surat Pengantar

Setelah admin menerima proses pendaftaran kenaikan pangkat  maka akan muncul pada akun Simpeg5 link tempat kita mengupload berkas DUPAG. Lakukan proses upload file Dupag yang telah ditandatangani dan di stempel sekolah dengan melampirkan PAK terakhir pada file tersebut. Merger dan simpan dalam bentuk PDF kurang dari 2 MB. 

Mengupload bukti fisik yang sesuai dengan unsur utama dan unsur penunjang yang sudah kita masukkan di Dupak. 

Setelah bukti fisik masing-masing unsur (utama dan penunjang) sudah dilengkapi langkah selanjutnya adalah mengupload semua bukti fisik ke masing-masing menu pada Simpeg 5. Caranya buka profil lalu cari menu yang akan kita upload dengan cara klik tambah, isikan tahun, jenis unsur, upload, Simpan.

Cara Usul Angka Kredit di Simpeg5

  • Upload semua PKG sesuai dengan tahunnya pada menu PKG. 
  • Upload Ijazah terakhir (jika menyelesaikan pendidikan lanjutan pada masa penilaian).
  • Upload bukti fisik Diklat pada menu Diklat
  • Upload bukti fisik seminar/workshop pada menu pelatihan
  • Upload bukti fisik publikasi pada menu Karya Tulis
  • Upload bukti fisik unsur penunjang pada menu Pendukung
Inilah cara naik pangkat bagi guru di Simpeg5 yang dapat Anda lakukan jika megajukan kenaikan pangkat. Apabila telah dilakukan penilaian selanjutnya penilai akan memberikan surat rekomendasi akhir yang berisi layak/tidak untuk diberikan angka kredit untuk dapat diusulkan pada kenaikan pangkat. Selamat mencoba!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.