Cara Verifikasi Rekening Bank Google Adsense

Konten [Tampil]

Halo sahabat semua kali ini aku akan berbagi cerita tentang pengalamanku berjuang untuk mendapatkan pembayaran di google Adsense. 

Blog ini sudah ada sejak 2012, kalau dihitung sudah 10 tahun. Namun aku serius nge-blog sekitar tahun 2016 karena dorongan dari kawan yang sesama blogger. Saat itu menjamur grup blogger yang ada di media sosial. Sehingga aku juga tertarik untuk menjadikan blog ini sebagai salah satu tempat ku memperjuangkan cuan dan skill menulis. 



Dalam perjalanannya, di awal 2017 aku mencoba mendaftarkan blog ini ke google adsense. Alhamdulillah di approve. Sehingga sejak itu blog ini setiap penayangannya mendapatkan receh dari Google Adsense. Jangan dipikir angka receh itu besar, sunggu aku juga terkejut karena nominalnya benarbenar receh, mulai dari Rp9,- Sembilan rupiah loh, bukan 900 rupiah apalagi 9000 Hahha, dari satu digit lalu ke dua digit, memang perjuangan sungguh sangat melelahkan. 

Dari- hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun akhirnya menginjak tahun ke-5 total receh yang berhasil dikumpulkan mencapai angka ambang batas pembayaran. Berbagai drama mulai ku temui, mulai dari pengajuan PIN Adsense, Menunggu PIN yang seperti menunggu sang kekasih berkunjung. Benar-benar membuat spot jantung deg-degan takut PIN nyasar ke alamat lain dan hilang Ahhh... bener-benar galau deh.  Pikiran buruk mulai merambah dan akhirnya melemahkan semangat nge-blog. Sampai akhirnya berita kedatangan PIN adsense itu datang melalui mantan siswa ku dulu yang mengabarkan lewat DM instagram bahwa beliau melihat PIN adsense atas nama ku di kantor pos.

artikel terkait : Cara Kerjasama Blog Agar Menghasilkan

Cara Verifikasi Rekening Bank Google Adsense

Betapa gembiranya mendengan kabar tersbut. Akhirnya Google menemukan alamat ku meskipun kita sendiri yang harus pergi ke kantor pos untuk mengambil PIN. 

Ambang Batas Pembayaran


Tiba saatnya saldo adsense mencapai ambang batas pembayaran dan rasa deg-degan kembali mendera Hahaaa drama banget deh karena saat memasukkan nama akun bank beberapa kali salah. Kesalahan sebetulnya dari diriku sendiri soalnya kemampuan Bahasa Inggrisku yang tidak memadai sok-sokan tidak mau mengubah bahasa di Google adsense. Tadinya tetap berbahasa Inggris dan ku terjemahkan secara manual. Ternyata setelah lihat di youtube tutorial memverifikasi akun bank memang kesalahan tersebut sangat fatal. 

Jika saldo adsense kita telah mencapai ambang batas pembayaran yaitu 1.300.000 maka kita sudah bisa merequest untuk pembayaran ke pihak Google. 

Verifikasi Rekening Bank


Saatnya kita mendaftarkan akun bank pribadi ke bagian Payment. Gambar diatas adalah tampilan untuk rekening bank yang telah didaftarkan namun belum terverifikasi. 

Pada saat langkah verifikasi ada uang senilai kurang dari 1000 rupiah yang dikirim oleh pihak google adsense ke buku rekening kita. Dan angka tersebut aku mengira adalah angka sembarang yang kita masukkan ke list tersebut. Sungguh betapa memalukan diriku. (Haaha...)

Jadi guys, Kalian mesti ingat baik-baik ya pada saat verifikasi buku rekening maka yang harus dilakukan adalah mengecek buku rekening, lalu mencetak buku rekening  sekitar 3-5 hari setelah kita mendaftarkan buku rekening tersebut ke payment google adesense. 

Pihak Google Adsense akan memverifikasi akun bank kita sehingga data yang dimasukkan harus benar dan tepat. Ingat! jangan sembarangan memasukkan angka pada payment kalau tidak mau terhapus dan berakibat kepada tidak bayar.

Cara Masukkan 3 Angka dari Transferan Google

Setelah selesai mendaftarkan rekening bank ke payment, pihak Google akan memverifikasi akun bank yang telah didaftarkan dengan mengirimkan saldo dengan angka unik dibawah 1000 yang dikirim oleh pihak Google. 

Biasanya Google akan mengirimkan tiga angka unik ke rekening 3 sampai 5 hari setelah mendaftarkan rekening bank di bagian payment. 


Masukkan tiga angka unik yang telah dikirim Google tersebut ke bagian payment info lalu cari angka yang sesuai dengan transferan google yang masuk ke rekening kita. Hati-hati saat memasukkan angka unik jangan sampai keliru karena jika sampai 3 kali salah akan gagal dalam verifikasinya. 

Akun Bank yang Berhasil Terverifikasi

Setelah akun bank berhasil terverifikasi maka Google adsense akan mengirimkan notifikasi ke email kita seperti tampilan berikut. 


Jika sudah berhasil terverifikasi maka akan ada notifikasi di email seperti gambar diatas. Selanjutnya kita tinggal menunggu Google akan mentrasfer pembayaran ke rekening yang telah terverifikasi tersebut. 

Transfer dari Google

Tidak lama setelah pemberitahuan bank verified selang 2-5 hari maka google akan memberitahukan bahwa payment telah dilakukan dan uang sejumlah saldo akan masuk ke rekening yang telah verified.


artikel terkait : 10 Pekerjaan di Internet untuk Anak Muda

Alhamdulillah uang senilai saldo yang ada di akun adsense sudah diterima di rekening dengan selamat.


Pembayaran biasanya akan dilakukan oleh Google tanggal 25 setiap bulannya. Apabila rekening kita sudah berhasil terverifikasi maka akan langsung masuk ke rekening yang telah didaftarkan. 

Nah, sudah jelas bukan? Semangat menulis konten agar semakin ramai kunjungan di blog sehingga bisa terkumpul saldo untuk pembayaran berikutnya. 

1 comment

  1. Wah mantep sudah verifikasi bank google adsense, lumayan nih cuannya. Bermanfaat banget untuk blogger yang berburu google adsense, tidak sulit juga, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.