Cara membuat Majalah di Canva

Konten [Tampil]

Bagi editor handal membuat desain majalah bukan sesuatu yang sulit. Para editor maupun bagian layout biasanya memanfaatkan aplikasi photoshop untuk membuat lay out sebuah majalah sesuai ukuran yang diinginkan. Namun aplikasi photoshop sering sulit dipahami oleh sebagian orang. Hal ini karena aplikasi potoshop memiliki fitur premium yang berbayar. Oleh karena itu banyak orang yang memilih tidak melanjutkan untuk memperdalam aplikasi ini. 


Saat ini aplikasi yang dapat digunakan membuat template majalah adalah dengan menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi Canva dapat membantu para pemula mendesain majalah sesuai dengan yang diinginkan.

Keuntungan mendesain majalah menggunakan Canva

Keuntungan mendesain majalahh menggunakan Canva antara lain:

Mudah digunakan 

Bagi para pemula menggunakan Canva tidak begitu sulit karena telah tersedia template untuk mendesain majalah. Banyak ukuran template yang dapat digunakan dan menyesuaikan dengan kebutuhan materi majalah yang diinginkan.



Memiliki Banyak Template

Template yang disediakan oleh Canva untuk mendesain majalah sangat banyak dan beragam. Anda dapat memilih salah satunya dan mengaplikasikan dengan model majalah yang diinginkan. Kita bisa juga mendesain template sendiri lalu di upload di canva. Apabila template yang kita desain digunakan orang lain maka kita bisa mendapatkan kredit dari setiap transaksi tersebut. 

artikel terkait: Manfaat mediakomen untuk konten kreator 

Dapat di Eksport dengan Berbagai Bentuk File

Setelah mendesain/menggunakan template di Canva Anda dapat langsung menyimpan maupun mengeksport file sesuai dengan yang diinginkan baik dalam bentuk JPG, PNG, PDF, dll. Hasil eksport file tersebut dapat juga digunakan saat kita menginginkan untuk mencetak file tersebut. 

Cara Membuat Majalah Menggunakan Canva

Untuk membuat majalah menggunakan Canva langkah yang dapat dilakukan antara lain:

Membuat Akun

  • Membuka situs Canva.com
  • Mendaftar akun di Canva dengan mendaftarkan alamat email
  • Aktivasi pemberitahuan Canva di Email
  • Buka lagi aplikasi Canva lalu Login dengan menggunakan alamat email yang telah di daftarkan tadi
  • Akun siap untuk digunakan

Mulai Membuat Desain

  • Apabila akun siap digunakan maka kita bisa memilih fitur home dan template yang diinginkan
  • Pilih salah satu template yang akan digunakan 
  • klik template yang dipilih
  • edit tulisan, gambar, maupun properti yang ada di template tersebut sesuaikan dengna kebutuhan yang diinginkan. 
  • Apabila telah selesai satu halaman kita bisa melanjutkan halaman berikutnya dengan meng-klik tanda tambah di bagian bawah desain. 

Mengeksport Hasil Desain

  • Apabila sudah selesai klik simpan
  • Pilih bentuk file yang akan di download lalu klik unduh/download
  • Perhatikan lembar yang akan di download, lihat halaman yang di download apabila kita hanya ingin menyimpan satu halaman saja maka silahkan tuliskan halaman yang akan di download. Jika kita langsung download tanpa menuliskan halaman maka akan langsung terdownload seluruh halaman. 
  • Setelah di download halaman bisa langsung digunakan. 

Siap untuk Dicetak

Majalah dapat dicetak langsung setelah berhasil di download. Cetak majalah bisa dalam bentuk file PDF maupun JPG sesuai yang diinginkan. Kita juga bisa mempublikasikan  hasil layout majalah dalam bentuk file untuk di sebarluaskan sehingga majalah juga bisa langsung diakses pembaca lewat smartphone. 

Majalah sudah siap digunakan untuk kepentingan cetak/print. Selain itu desain yang telah kita buat akan tetap tersimpan dan bisa diedit kembali apabila diinginkan. 


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.